Keuntungan Memanfaatkan Long Tail Keywords untuk Membidik Main Keyword

6
1340
Long Tail Keywords vs Main Keyword
Long Tail Keywords vs Main Keyword

Ada bermacam cara dilakukan oleh pengelola website ataupun weblog agar situsnya dikunjungi oleh banyak orang. Cara atau metode menaikkan traffic pengunjung dikenal dengan sebutan SEO (Search Engine Optimization). SEO itu diterapkan bertujuan untuk meningkatkan SERP (Search Engine Results Page). SERP merupakan daftar halaman website yang ditampilkan sebagai hasil respon dari keyword yang kita tuliskan pada mesin pencari (search engine).

Berbicara tentang “keyword” dan “mesin pencari,” banyak pengelola situs internet berusaha memunculkan artikelnya agar mencapai nomor atas pada halaman pertama hasil pencarian, dengan tujuan agar website yang dikelola menjadi rujukan utama pengguna mesin pencari. Istilahnya umum yang digunakan dikenal dengan ‘page one”. Istilah tersebut oleh sebagian insan dunia maya disebut juga sebagai ‘pejwan.’ Hal ini sangat bisa dipahami, karena search engine alias mesin pencari merupakan sumber trafik yang melimpah dan bisa diandalkan daripada sumber -referal- lainnya.

Pencarian Pada Search Engine

Kebanyakan orang mengandalkan mesin pencari untuk menemukan artikel atau konten yang diinginkan di internet, baik melalui google, yahoo, bing dan lain sebagainya. Dari berbagai jenis dan mode pencarian, tentu ada banyak metode digunakan dalam menulis di mesin pencari tersebut, tujuannya satu, mendapatkan apa yang dikehendaki & dibutuhkannya.

Pada langkah pencarian di search engine tersebut, ada yang menulis kata kunci berujud kalimat panjang, namun ada pula yang mengetikkannya menggunakan kata pendek.  Langkah ini memberikan pemahaman kepada kita tentang kemauan orang yang tak selalu sama. Bahwa demi meraih apa yang diinginkannya, maka salah satu trik yang dilakukan sesorang adalah menuliskan kata pendek serta menerapkan kalimat panjang secara detil.

Dalam dunia SEO, trik penulisan “kata kunci yang panjang” acap disebut sebagai penerapan sistem “kata kunci berfrase,” atau istilah kerennya adalah “long tail keywords.” Hal ini bisa kita mengerti, ada tipe orang yang menghendaki agar kalimat yang ditulisnya pada mesin pencari bisa menghasilkan judul yang exact (sama persis atau mendekati) dengan yang tersaji & muncul dalam sebuah website.

Lalu sebenarnya apa definisi long tail keywords itu?

Apa itu Long Tail Keywords?

Tak banyak orang tahu dan familiar dengan istilah long tail keyword, karena jika hanya diditerjemahkan kedalam bahasa Indonesia, istilah berbahasa Inggris ini memang agak susah dimengerti.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa long tail keywords adalah kalimat panjang -dan multi frase yang- merupakan hasil pengembangan berfungsi untuk membidik kata kunci lebih pendek, sementara kata kunci yang pendek itu selain disebut sebagai “short keywords” juga lebih dikenal dengan istilah ‘main keyword‘ alias kata kunci utama.

  • Contoh Long Tail Keyword

Penerapan SEO dalam membuat artikel pada dunia maya, hal pertama yang tak bisa kita singkirkan tentu saja adalah tentang “kata kunci” yang hendak kita tembak. Kata kunci tersebut tak bisa lepas dari prioritas tema yang kita pilih sesuai artikel. Sehubungan dengan hal itu, untuk lebih mudah memahami keterkaitannya dengan ‘long tail keyword,’ berikut adalah beberapa contoh penerapannya;

    1. Arti anarkisme bukanlah tindak kekerasan dan perusakan
    2. Anarkisme disalah artikan, karena maknanya bukanlah tindak kekerasan
    3. Apa arti anarkisme itu? Dia bukan tindak perusakan lho
    1. Dagadu & kiwalan sebagai fenomena bahasa walikan Nusantara
    2. Dagadu di Jogja & kiwalan di Malang adalah bahasa sandi walikan
    3. Jogja punya dagadu, Malang juga memiliki kiwalan

Setelah menyimak beberapa contoh di atas semoga Anda bisa memahami tentang pengertian “apa itu long tail keywords,” sehingga bisa dengan mudah pula menerapkannya pada artikel pun jurnal. Akan lebih membantu apabila dalam menerapkan Long Tail Keyword Anda juga menggunakan Google Keyword Planner sebagai salah satu metodenya.

  • Fungsi & Keuntungan Penerapan Long Tail Keyword

Sesuai kegunaannya, Long Tail Keyword difungsikan guna membidik segmen turunan dari “Main Keywrod” atau dengan kata lain ‘long tail keyword’ merupakan sub-keyword (kata kunci turunan) dari Main Keyword (kata kunci utama). Sasarannya tentu tak jauh beda, kedua macam kata kunci ini difungsikan guna membidik segmen target yang sama. Dari penerapan long tail keywords ini akan ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh, antara lain adalah sebagai berikut;

  1. Menyuguhkan konversi yang lebih tinggi
    Artinya traffick lumayan bisa bertambah karena ada kecenderungan makin banyaknya pengunjung yang datang akibat menuliskan long tail keywords pada search engine.
  2. Tak begitu butuh waktu lebih lama untuk mendatangkan pengunjung
    Dari cara ini tentu saja kita hanya membutuhkan “mesin pencari” guna memperoleh pengunjung. Ini sangat berbeda jika kita mengandalkan pengunjung dengan cara menebar link url pada banyak situs, efek yang timbul tentu saja adalah refferal dan harus melalui situs yang kita tanam. Sebagai contoh tatkala kita menyebarkan link url di situs facebook maka tentunya kita hanya mengharapkan dari orang yang sempat mampir dan menyimak facebook yang ada link url kita tersebut.
  3. Keyword yang dibidik mudah terdeteksi di mesin pencari
    Sebagaimana penjelasan awal, bahwa long tail keywords memaparkan hal yang lebih detil.
  4. Tujuan lebih mudah digapai
    Dengan membludaknya pengunjung lewat mesin pencari tentu saja menjadi nilai tambah yang tak bisa disepelekan, karena dari sanalah banyak tujuan akan bisa lebih mudah kita lakukan, sebagai contoh adalah memanfaatkan peluang adsense ataupun iklan.

Demikian tentang “Long Tail Keywords,” harapannya banyak yang bisa mengambil keuntungan dari aktivitas di dunia maya ini. Dan tak ada salahnya dalam menerapkan long tail keywords ataupun main keyword ini tetap dikaitkan pula dengan judul artikelnya, sehingga tak ada unsur penipuan diakibatkan antara isi dan judul tidak sinkron. [uth]

Sumber Rujukan;

[1] Cara Membuat Long Tail Keywords untuk Menjaring Pengunjung dari Mesin Pencari www.blogodolar.com Diakses pada 03 September 2014

[2] Gambar “Long Tail Keywords” Dilisensikan sebagai CC BY 2.0.  www.webenza.com  Diakses pada 03 September 2014

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

  1. […] Apakah Anda pernah mendengar terapi kesehatan dengan menggunakan urine alia air kencing? Mungkin itu adalah cara yang tak masuk akal dan bagi sebagian orang tak akan pernah melakukannya, mengingat urine adalah bagian dari kotoran kita yang tentu saja sangat menjijikkan. Namun bagi sebagian lainnya, terapi yang dirasa sangat menjinijikan itu justru semakin dipercaya mampu memberikan efek pada kesehatan. Dan kini, bukan saja sebatas air kencing, kenyataannya ada pula yang memanfaatkan upil. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here