Daftar Tempat Wisata Sejarah di Jakarta

2
7618
Wisata Jakarta, Wisata di Jakarta
Wisata Jakarta, Wisata di Jakarta

Tempat Wisata di Jakarta cukup beragam. Meski tergolong sebagai kota metropolitan, pelbagai situs bersejarah masih bisa ditemui di beberapa lokasi di Jakarta. Tidak semua orang Jakarta mengetahui secara rinci lokasi-lokasi bersejarah di kota yang berumur cukup tua ini. Ibu Kota sebenarnya bukan semata gedung-gedung modern yang menjulang tinggi, tetapi juga masih menyimpan pelbagai peninggalan sejarah pra dan paska kemerdekaan.

Wisata sejarah masih menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pelancong domestik. Menelusuri sudut-sudut bersejarah Jakarta seperti menelusuri perjalanan sosial-budaya-ekonomi masyarakat dan negara. Tulisan ini mencoba merangkum bebera lokasi wisata bersejarah di Kota Jakarta.

[Baca: Daftar Lokasi Wisata di Yogyakarta]

1. Museum Nasional 

Museum Nasional Indonesia lokasi wisata di Jakarta, Wisata Jakarta, Wisata di Jakarta
Museum Nasional Indonesia

Museum Nasional merupakan salah satu museum sejarah terlengkap di Indonesia. Tidak kurang dari 240.000 item benda bersejarah disimpan ditempat ini. Museum ini juga dikenal dengan sebutan Museum Gajah. Tempat ini dibuka untuk umum kecuali pada hari senin dan hari libur nasional. Pada hari selasa-jumat, museum dibuka pada jam 08.00-14.00, sementara pada hari Sabtu dan Minggu buka pada jam 08.00-17.00. Museum ini relatif mudah dijangkan dengan menggunakan transportasi massal. Transportasi massal yang dpaat digunakan adalah Bus Transjakarta Koridor Kota-Blok M. Anda dapat turun di Halte Monumen Nasional untu kmenuju ke lokasi ini.

2. Museum Tekstil

Sekilas mendengarkan nama museum ini kita akan segera terbayang sesuatu yang spesifik sebagai sajian utama Museum Tekstil. Tempat ini menyimpan pelbagai benda yang terkait dengan tekstil, seperti beragam mesin rajut, beragam jenis kain, ragam motif batik nusantara. Tempat ini juga dilengkapi dengan gelari batik, perpustakaan, teater mini dan laboratorium. Jika Anda adalah peminat untuk mempelajari ragam jenis kain dan pakaian Indonesia beserta perkembangan teknologi tekstil nusantara, datanglah ke lokasi ini.

Museum Tekstil, wisata Jakarta, tempat wisata jakarta
Museum Tekstil

3. Museum Sejarah Jakarta

Jakarta bukan kota baru dalam sejarah. Kota ini telah berdiri sejak tahun 1527. Ibu Kota Indonesia ini telah menjadi saksi  ragam peristiwa sejarah, seperti penjajahan Belanda dan Jepang. Museum ini menyimpan pelbagai benda bersejarah penting yang terkait dengan perkembangan kota Jakarta. Gedung yang digunakan untuk Muesum Jakarta dahulu adalah kantor Gubernur Jenderal Hindia Belanda. gedung ini dibangun pada masa pemerintahan Johan Van Hoorn. Selama kurun waktu tahun 1707-1710 gedung ini difungsikan sebagai gedung pemerintahan. Museum ini berlokasi di Daerah Jl. Taman Fatahillah 1, Jakarta Barat.

Museum Sejarah Jakarta, wisata Jakarta, Wisata di Jakarta
Museum Sejarah Jakarta

4. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Pelbagai bukti sejarah yang otentik seputar perumusan naskah proklamasi kemerdekaan tersimpan di museum ini. Tempat ini digunakan sebagai lokasi perundingan antara Indonesia dan Belanda. Indonesia pada perundingan tersebut diwakili oleh Perdana Menteri Sutan Syahrir, sementara Belanda diwakili oleh Van Mook. Inggris berperan sebagai penengah pada perundingan yang berlangsung 17 Novermber 1945 ini. Museum ini terletak di Jalan Imam Bonjol Nomor 1, Jakarta Pusat.

Wisata Jakarta, Wisata di Jakarta
Museum Naskah Proklamasi

 

Sumber Rujukan:

[1] Bundaran Hotel Indonesia di Malam Hari. Foto Thrillseekr, Flickr.com. Dilisensikan sebagai CC 2.0. Diakses pada 31 Agustus 2014.

[2]  Foto Museum berumber dari Dinas Pariwisata Jakarta. Hak cipta berada pada domain publik karena dipublikasikan dan/atau didistribusikan oleh Pemerintah Republik Indonesia, berdasarkan Pasal 14 huruf b UU 19 Tahun 2002 tentang Hak Cipta.

 

 

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Tempat Wisata di Jakarta cukup beragam. Meski tergolong sebagai kota metropolitan, pelbagai situs bersejarah masih bisa ditemui di beberapa lokasi di Jakarta. Tidak semua orang Jakarta mengetahui secara rinci lokasi-lokasi bersejarah di kota yang berumur cukup tua ini. Ibu Kota sebenarnya bukan semata gedung-gedung modern yang menjulang tinggi, tetapi juga masih menyimpan pelbagai peninggalan sejarah pra dan paska kemerdekaan.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here