Apa yang Perlu Dipertimbangkan saat Memilih Objek Wisata?

4
4262
pixabay.com

Kejenuhan akibat rutinitas dan aktivitas sehari-hari menjadi sebab kebutuhan orang untuk berwisata. Berwisata menjadi salah satu cara meredamkan kepenatan akibat pekerjaan. Melancong atau sering disebut dengan traveling bukan lagi sekedar gaya hidup, tetapi telah menjadi kebutuhan bagi banyak orang.

Selain merencanakan perjalanan wisata beberapa hal perlu diputuskan sebelum berwisata, seperti memilih layanan biro wisata; mempelajari daya tarik daerah tujuan wisata.  Mempertimbangkan hal tersebut, wisatawan dapat mengunjungi memilih beberapa lokasi wisata dalam satu perjalanan ke daerah tertentu.

Daya tarik satu tempat wisata memang bersifat subyektif. Orang memiliki cara pandang tersendiri terkait dengan keindahan dan daya tarik tempat wisata. Meski suatu daerah memiliki daya tarik, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan matang saat menentukan yang akan dikunjungi. Hal tersebut tidak semata terkait dengan lokasi, tetapi juga hal-hal lain yang berkaitan atau berada di sekitar lokasi wisata.

Apa yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih lokasi wisata?

Akses yang mudah

Melakukan kegiatan wisata tidak selalu menjadi tujuan utama seseorang ketika berkunjung ke suatu daerah. Alasan pekerjaan atau kepentingan lain yang sedang dilakukan sering kali menjadikan seseorang ingin menikmati tempat wisata saat berada di daerah tertentu. Persiapan yang dilakukan dan waktu yang dimiliki untuk berkunjung ke tempat wisata menjadi terbatas karena berwisata bukan sebagai tujuan utama.

Pilihannya beriwisata pada kondisi seperti ini umunya dengan mengunjungi tempat yang paling mudah dijangkau baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Akses yang mudah akan berpengaruh pada waktu dan jarak tempuh menuju tempat wisata.  Pastikanlah Anda mengetahui tempat-tempat yang potensial dikungjungi dalam rangkaian perjalanan. Anda dapat bertanya pada kolega atau mencari informasi melalui internet. Berbekal informasi tersebut Anda dapat merencakanan perjalanan berdasarkan jarak dan waktu tempuh ke masing-masing lokasi.

[Baca Juga: Daftar Lokasi Wisata di Bandung ]

Dekat dengan penginapan

Selain fasilitas umum yang disediakan di lokasi wisata, keberadaan penginapan atau hotel juga perlu dipertimbangkan saat menentukan tujuan wisata. Tidak semua wisatawan memiliki informasi yang lengkap tentang apa saja yang ada di sekitar tempat wisata, termasuk informasi tentang penginapan atau hotel. Hal tersebut akan mempersulit wisatawan saat sudah berada di daerah wisata. Pemilihan dan pemesanan hotel dapat dilakukan sebelum berangkat. Perencanaan tempat menginap atau hotel sebelum berangkat memungkinkan wisatawan mendapat hotel di lokasi yang strategis atau dekat.  Keberadaan penginapan di dekat tempat wisata akan memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Tidak semua wisatawan datang dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan biro wisata. Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum atau mereka yang memilih gaya perjalanan backpacking, keberadaan penginapan di dekat tempat wisata akan sangat membentu. Hal ini yang menyebabkan perencanaan tinggal di daerah wisata perlu dipertimbangan sebelum berkunjung.

[Baca Juga: Wisata Ala Backpacker]

Kuliner

Kuliner khas suatu daerah banyak juga menjadi incaran wisatawan. Wisatawan tidak hanya ingin memanjakan mata dengan pemandangan indah dan  tubuh yang ingin merasakan kenyamanan. lidah dan perut juga ingin dimanjakan dengan kuliner khas suatu daerah. Sesorang ingin mencicipi makanan karena penasaran dan belum pernah merasakan.  Bagi orang yang sudah pernah mencicipi makanan khas tertentu akan kembali datang karena merasakan enak atau ketagihan. Tak heran jika suatu daerah yang memiliki kuliner khas akan ramai dikunjungi wisatawan.

Calon pelancong mungkin perlu juga membuat daftar kuliner yang akan dikunjungi. Informasi kuliner daerah kini muda diperoleh dari sumber internet. Berbekal peta kuliner khas daerah tujuan, pelancong dapat menyempatkan waktu untuk menikmati sajian makanan khas di daerah wisata.

Cenderamata

Cenderamata atau souvenir juga menjadi buruan banyak orang dari daerah wisata. Sebagian orang mencari cenderamata  sebagai kenang-kenangan saat berkunjung ke suatu daerah. Ada pula orang yang berkunjung ke suatu daerah untuk mengoleksi dan membeli souvenir khas, misalnya barang kerajinan atau barang-barang unik daerah tersebut. Sebelum bepergian, periksalah daftar barang atau cenderamata khas yang dapat diperoleh dari lokasi tujuan. Mengacu pada daftar tersebut, wisatawan dapat menyisihkan waktu berburu cenderamata.

Budaya masyarakat

Keberagaman adat dan budaya dalam masyarakat menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke suatu daerah. Upacara atau ritual adat khas suatu daerah, misalnya. Setiap daerah memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan daerah lainnya. Ritual pemotongan rambut gembel di dataran tinggi Dieng, larung sesaji di pantai Cilacap, jamasan pusaka di kota lama Kabupaten Banyumas, serta beberapa acara lainnya  beberapa contoh acara kebudayaan yang dapat disakasikan dari daerah wisata.  Pagelaran kebudayaan tersebut memang digelar dengan salah satu tujuan untuk memperkenalkannya kepada masyarakat.  Calon wisatawan juga perlu membuat daftar ritual atau tradisi yang akan dikunjungi dari sebuah lokasi. Perencanaan ini membantu pelancong menentukan waktu berwisata secara tepat.

Kesimpulan 

Perencanaan wisata tidak semata menyangkut lokasi wisata, tetapi juga aspek lain yang berkaitan. Tempat menginap, transportasi, jenis objek wisata, kuliner dan tradisi perlu dipertimbangkan untuk masuk ke dalam daftar perencanaan. Hal ini menentukan waktu dan biaya selama perjalanan wisata.

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here