Perbedaan Hotel, Resort, Villa, Apartement, dan Penginapan Lainnya

13
80088
The Luxury Hotel Jakarta - Exceptionally Yours

MELANCONG ataupun bepergian ke luar daerah biasanya akan terasa nyaman tatkala kita singgah dan lalu beristirahat sambil menikmati kota setempat, baik itu dengan cara menyewa rumah ataupun membuka kamar hotel. Namun dalam acara singgah tersebut, sebagian orang jarang sekali yang memahami perbedaan tempat penginapannya, apakah bernama hotel, motel, resort, villa, ataupun cottage.

Di bawah ini adalah beberapa definisi dari masing-masing penginapan tersebut.

Apa itu Hotel?

Awalnya ‘hotel’ berasal dari kata hospitium yang merupakan kata berbahasa latin berdefinisi “ruang tamu,” namun pada perkembangannya ada definisi yang meluas pada kata hotel ini. Sebagaimana yang dipaparkan oleh Dirjen Pariwisata, secara umum hotel merupakan satu bangunan yang berfungsi menyediakan jasa penginapan, melayani penjualan makanan dan minuman, serta melayani kebutuhan lain yang dikelola secara komersil dan ditujukan kepada masyarakat umum, tanpa membedakan kasta.

  • Business Hotel

Business Hotel adalah hotel yang lebih banyak difungsikan sebagai tempat untuk berbisnis. Oleh karenanya hotel bisnis ini banyak difasilitasi dengan sarana yang mendukung kegiatan bisnis, antara lain business center yang menyediakan keperluan photocopy, internet, ruang meeting kapasitas kecil, dan lain sebagainya. Ada pula lobby lounge yang biasa difungsikan untuk melobi dan meng-entertaint tamu. Selain itu masih terdapat juga fasilitas rapat dan seminar yang berkapasitas besar, baik ruang private ataupun ball rooom yang terbuka bagi banyak orang.

Business Hotel ini kebanyakan berlokasi di kota-kota industri ataupun jantung kota yang berlimpah keberadaan perkantorannya, sebagai contoh Jakarta dan sekitarnya.

  • Transit Hotel

Di kota-kota besar, selain ada hotel bisnis, tersedia pula hotel transit, yaitu hotel yang biasanya difungsikan untuk singgah sebentar, transit menunggu tamu, menunggu pesawat, dan juga menghilangkan lelah. Oleh karenanya tak butuh waktu panjang, dan sangat memungkinkan menyewanya dengan sistem ‘short time.’

Transit Hotel ini biasa juga disebut sebagai City Hotel dan umumnya berada di seputar bandara, stasiun ataupun sekitar terminal.

  • Resort Hotel

Resort Hotel merupakan hotel yang lebih cenderung bernuansa rekreatif, baik yang menyajikan hiburan, sarana olahraga, ataupun tempat berbelanja. Adakalanya hotel resort ini dibangun pada tempat yang bisa dinikmati pemandangan alamnya, oleh karenanya banyak resort yang berlokasi di tempat yang memiliki potensi alam bagus dan indah.

Lain dari itu, hotel resort biasanya juga memfasilitasi diri dengan fasilitas khusus untuk kegiatan bersantai dan berolah raga, antara lain; lapangan tenis, lapangan golf, ruang spa, jogging track, dan semacamnya. Sebagaimana standar hotel bintang, selain bagian receptionist, di Front Office Departement ada bagian yang tak kalah pentingnya, yaitu bagian concierge yang bertugas memberikan informasi lingkungan resort, baik yang ada di dalam hotel ataupun lokasi di seputar kota yang tak jauh dari hotel.   Petugas bagian concierge ini jugalah yang acapkali berurusan dengan pihak travel-agen dan juga instansi terkait pariwisata.

Terdapat 4 karakteristik yang ada dalam jenis hotel resort,” yaitu;

  • Lokasi Resort Hotel
    Hotel resort biasanya berlokasi di tempat yang memiliki pemandangan indah ataupun alam yang natural, baik itu di area pegunungan, tepi pantai, perbukitan, dan lain sebagainya. Yang pasti tempat ini alami dan indah serta tidak terganggu oleh kebisingan yang bernuansa modern.
  • Fasilitas Resort Hotel
    Fasilitas yang disediakan pada Hotel Resort seyogyanya mampu memotivasi pengunjung untuk bergembira baik di dalam ruangan ataupun di luar ruangan (indoor dan outdoor). Sebagai contoh adalah kolam renang, tempat bertenda, lapangan basket, dan semacamnya.
  • Atmosphere & Arsitektur
    Tamu yang berkunjung pada Hotel Resort  kebanyakan adalah mereka yang cenderung mencari akomodasi bernuansa khusus, baik suasananya maupun bentuk arsitekturnya. Hal ini diambil dengan alasan agar suasana liburannya juga terasa berbeda dengan aktivitas yang dilakukan setiap hari, sehingga tercipta kenyamanan yang tak mudah dilupakan.Oleh karenanya Hotel Resort akan lebih diminati ketika tersedia ruang sebagai area privasi dan juga penataan landscape yang beraroma seni.
  • Sasaran Pasar
    Pada Hotel Resort, sasaran yang hendak dicapai adalah mereka yang menghendaki berwisata dan bersenang-senang, yaitu mereka yang agendanya adalah menikmati jalan-jalan serta berliburan.

Selain hotel resort ada yang agak mirip dengannya yaitu penginapan yang bernama villa.

Villa

Villa adalah rumah hunian yang biasanya berbentuk rumah milik perorangan yang letaknya jauh dari keramaian, sehingga sangat nyaman untuk menenangkan diri. Villa juga biasa dibangun pada tempat ang masih alami.

Cottage

Sejatinya antara cottage dengan villa tak jauh berbeda, yaitu bernuansa rekreatif juga, hanya saja bangunannya lebih cenderung mengarah pada “bungalow.”

Apartement

Apartement adalah rumah hunian ataupun tempat tinggal yang dibangun secara vertikal dan bertingkat. Biasanya terdiri dari dua atau tiga ruangan baik kamar tidur, ruang tamu, ataupun kamar dapur. Untuk apartemen yang menyewakan perabot perlengkapan di dalamnya, baik dalam jangka waktu pendek pun panjang dikenal pula dengan istilah “Serviced Apartment”

Hostel

Hostel adalah rumah hunian yang tak jauh berbeda dengan hotel, yang membedakannya hanyalah harga yang lebih murah dan bentuk kamarnya yang sederhana saja. Bahkan untuk fasilitas tempat tidur, tak jarang hostel hanya menyediakan tempat tidur bertingkat seperti yang ada pada asrama , sedangkan penghuninya bisa saja mencapai 10 orang.

Dormitory

Sebenarnya dormitory mirip dengan hostel dan serupa dengan asrama, yaitu rumah huni yang berfungsi sebagai tempat tinggal bagi banyak orang, yaitu yang menampung hingga 10 orang. [uth]

Sumber Rujukan:
[1] Lembar Panduan “roduct Knowledge of Hotel” by Trainee-Division, HR Dept, Hotel Borobudur Jakarta
[2] Gambar ‘Hotel Borobudur Jakarta’ www.hotelborobudur.com Diakses pada 14 September 2014

Berbagi dan Diskusi

13 COMMENTS

  1. Selamat Malam. Secara kebetulan saya mampir
    ke blog ini, setelah saya baca-baca ternyata isi-isinya sangat infortmatif dan banyak
    artikel yang sangat banyak manfaatnya. Mohon Izin memfollow dan sharing beberapa postingan ke socmed saya ya
    supaya biazr blog anda semakin banyak visitornya. Mudah
    mudahan sepalu di perbaharui terus ya blognya.Terima Kasih, Salam

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here