Biografi dan Pemikiran Georg Simmel (1858-1918)

3
7990
Best quote of georg simmel
Best quote of georg simmel

Georg Simmel lahir di Berlin, Jerman, 1 Maret 1858. Ia anak dari tujuh bersaudara. Latar belakang keluarga adalah yahudi kalangan menengah ke atas. Ayahnya meninggal dunia saat Simmel masih muda.

Ia belajar sejarah dan filsafat di Universitas Berlin dan memperoleh gelar doctor filsafat di tahun 1881. Pada tahun 1885 dia mengajar di Universitas Berlin. Pada 1890 Simmel menikahi seorang wanita bernama Gertrud, seorang filsof. Dan sejak itu, ia mulai produktif berkarya dan terkenal hingga USA dan Eropa. Simmel juga mengajar di University of Strasbourg pada tahun 1914. Simmel meninggal dunia pada 20 September 1918.

Simmel adalah penulis profilik, lebih 200 artikel, 20 buku ditulis dengan beragam tema. Dan yang terkenal adalah the metropolis and mental life dan the philosophy of money. Berikut diantara karyanya:

  • Philosophie des Geldes (1900)
  • Soziologie (1908)
  • Uber Soziale Differenzing: Soziologie Undpsykologische Untersuchungen, Leipzig (1890)
  • Probleme der Geschichtsphilosopie: Eine Erkenntnistheoretische Studie, Leipzig (1892)
  • Hauptprobleme der Phiosophie (1910)
  • Philosophische Cultur (1911)
  • Lebesanschauung (1918).

Seperti kebanyakan sosiolog Jerman, Simmel adalah sosiolog penganut mazhab formal. Bersama Weber, mendirikan masyarakat sosiologi Jerman. Kalau Karl Marx dan Max Weber mengurusi masalah sosiologi dengan tema-tema besar (sosiologi makro), seperti rasionalisasi masyarakat dan ekonomi kapitalis, Simmel, memperhatikan masalah lebih kecil (sosiologi mikro) berkaitan dengan tindakan dan interaksi individual.

Simmel menyatakan obyek sosiologi adalah bentuk-bentuk hubungan antar manusia. Menurut Simmel, seseorang menjadi warga masyarakat tentu mengalami proses individualisasi dan sosialisasi. Tanpa menjadi warga masyarakat tak akan mungkin seseorang mengalami proses interaksi antara individu dengan kelompok. Masyarakat itu ada ketika individu mengadakan interaksi dengan individu-individu lainnya.

Dari interaksi social tersebut muncullah tipe-tipe kelompok social yang dapat diklasifikasikan dari beberapa sudut atau ukuran. Dalam analisanya mengenai kelompok-kelompok sosial, ia mulai dengan bentuk terkecil yang terdiri dari satu orang yang dinamakan monad. Kemudian monad dikembangkan dengan meneliti kelompok-kelompok yang terdiri dari dua orang, dyad, atau tiga orang, triad dan kelompok-kelompok kecil lainnya.

Dalam bukunya berjudul philosophy of money, Simmel menunjukan kemunculan perekonomian uang dalam masyarakat modern yang terpisah dari individu dan mendominasi individu. Dengan kritis Simmel menunjukan efek negatif dari hubungan antara uang dengan interaksi sosial adalah meningkatnya sinisme, sikap acuh dan kehidupan sosial diperjualbelikan. Kita bisa menemukan bagaimana titel, gelar, kebenaran, keadilan, ataupun kecerdasan mudah dibeli dengan uang semudah membeli tempe goreng.***

Kutipan;

[1] Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, Rajawali Press, 1992, hlm 451

[2] George Ritzer & Douglas J. Goodman, Teori Sosiologi Modern, terj. Jakarta, Prenada Media, 2004, hlm 42-43

Sumber Rujukan;

[1] Georg Simmel   www.wikipedia.com  Diakses 10 September 2014

[2] Gambar Moto Quote of Georg Simmel izquotes.com  Diakses pada 18 September 2014

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Selain sebagai sosiolog, Pareto juga seorang insinyur, ekonom dan filsuf. Sosiologinya didasarkan pada observasi terhadap tindakan-tindakan, eksperimen terhadap fakta-fakta dan rumus-rumus matematis. Menurutnya, masyarakat merupakan system kekuatan yang seimbang, dan keseimbangan tersebut tergantung ciri-ciri tingkah laku dan tindakan-tindakan manusia, dan tindakan-tindakan manusia tergantung dari keinginan-keinginan serta dorongan-dorongan dalam dirinya. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here