Biografi dan Pemikiran Lester Frank Ward (1841-1913)

0
3567
Lester Frank Ward
About Lester Frank Ward

Lester Frank Ward lahir di Joliet, Illionois, Amerika Serikat, 18 Juni 1841. Keluarganya dari kalangan menengah. Lester Frank Ward mendapat gelar sarjana seni dari Universitass George Washington di tahun 1869 dan masternya tahun 1873. Dari 1865-1872 ia bekerja di Departemen Keuangan AS. Tahun 1881-1888 dirinya menjadi asisten ahli paleontologi dan kemudian kepalanya di US Geological Survey.

Sebagai sosiolog, Lester Ward mempunyai karir tak lazimnya sosiolog, yaitu lebih banyak bekerja sebagai ahli purbakala (paleontology) untuk pemerintah federal.

Sewaktu menjadi pakar purbakala ia membaca karya Spencer dan Comte. Pada akhir 1800-an dan 1900-an ia menerbitkan sejumlah karya yang menjelaskan teori sosiologinya. Berkat ketenaran karyanya itu, 1906 Ward terpilih menjadi presiden pertama masyarakat sosiologi Amerika. Tak lama kemudian ia menjadi dosen sosiologi di universitas Brown. Dia meninggal dunia pada 18 April 1913.     Karyanya sebagai sosiolog yaitu;

  • Dynamic society (1883)
  • Psychic factors of civilization (1893)
  • Pure sociology (1903).

Ward bisa dikatakan seorang pelopor sosiologi di Amerika Serikat. Menurutnya, tujuan utama sosiologi adalah membentuk suatu system sosiologi yang bisa membuat kesejahteraan umum manusia. Menurutnya sosiologi bertujuan meneliti kemajuan-kemajuan manusia. Ilmu tersebut mempelajari apa yang dilaksanakan manusia; jadi, fungsi masyarakat yang dipelajarinya. Ia membedakan antara pure sociology (sosiologi murni) yang meneliti asal dan perkembangan gejala-gejala sosial, dan applied sociology (sosiologi terapan) yang khusus mempelajari perubahan-perubahan dalam masyarakat karena usaha-usaha manusia.

Menurut Ward, kekuatan dinamis dalam gejala social adalah perasaan. Itu terwujud dari keinginan-keinginan dan kepentingan-kepentingan. Rasa lapar dan rasa cinta merupakan keinginan-keinginan yang kuat. Perasaan merupakan kekuatan individu, karena interaksi berubah menjadi kekuatan sosial. Kekuatan social mempunyai kemampuan untuk menggerakkan kecakapan-kecakapan manusia di dalam memenuhi tujuannya.

Ward menerima gagasan bahwa manusia berkembang dari bentuk yang lebih rendah ke statusnya yang seperti sekarang. Ia yakin bahwa masyarakat kuno ditandai oleh kesederhanaan dan kemiskinan moral, sedangkan masyarakat modern lebih kompleks, lebih bahagia dan mendapatkan kebebasan lebih besar. Tugas utama sosiologi (soiologi murni) adalah meneliti hukum-hukum dasar struktur dan perubahn social. Selain itu, sosiologi harus mempunyai sisi praktisnya, sosiologi harus pula menjadi ilmu terapan. Sosiologi terapan ini meliputi kesadaran yang menggunakan pengetehauan ilmiah untuk mencapai kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Jadi, Ward bukanlah penganut darwinisme social yang ekstrem, dia yakin akan pentingnya reformasi social. Ward secara historis berpengaruh untuk teori sosiologi di Amerika Serikat pada awalnya, namun pengaruhnya tak lama.***

Kutipan;

[1] Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, Rajawali Press, 1992, hlm 451

[2] George Ritzer & Douglas J. Goodman, Teori Sosiologi Modern, terj. Jakarta, Prenada Media, 2004, hlm 66-67

Sumber Rujukan;

[1] Lester Frank Ward  www.wikipedia.com  Diakses 1 September 2014

[2] Gambar Lester Frank Ward  www.asanet.org   Diakses pada 18 September 2014

Berbagi dan Diskusi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here