Efek Baik dan Buruk Konsumi Kopi bagi Kesehatan

22
4247
Kopi bermanfaat baik dan juga memberikan efek kerugian
Kopi bermanfaat baik dan juga memberikan efek kerugian

Sebagai salah satu komoditi yang dicari banyak orang, kopi adalah produk unggulan yang bisa dengan mudah dikembangkan di Indonesia.   Dan karena prospek yang menjanjikan itulah maka orang-orang barat rela melakukan ekspedisi yang selanjutnya juga menjajah bumi Nusantara ini.

Baik di dunia barat ataupun di dunia timur, belahan utara maupun belahan selatan, kopi menjadi minuman yang digemari karena selain membuat semangat terpacu, konon bisa juga dimanfaatkan demi mengurangi rasa kantuk.        Hal itu dimungkinkan karena adanya kandungan kafein yang ada pada kopi lebih tinggi dibanding pada jenis minuman lain, dimana sesuai penelitian para ahli, kafein yang merupakan senyawa kimia alkaloid dikenal pula dengan istilah trimetilsantin dan memiliki rumus molekul C8H10N4O2.

Manfaat Kopi

Tatkala kopi sudah dikonsumsi dan masuk kedalam tubuh, maka kafein tersebut akan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf sehingga bisa memacu produksi hormon adrenalin.   Padahal mekanisme kerja kafein menyaingi fungsi adenosin, yaitu salah satu senyawa yang dalam sel otak yang dapat membuat orang cepat tertidur.    Dari kemampuan melawan rasa kantuk ini maka oleh para dokter kafein sering dimanfaatkan sebagai perangsang kerja jantung dan meningkatkan produksi urin. Selain itu, pada dosis yang tak terlalu tinggi kafein juga dapat difungsikan sebagai bahan pembangkit stamina serta penghilang rasa sakit.

Dari pemaparan di atas, tak pelak sekiranya kafein yang terkandung pada kopi mampu memunculkan rasa segar, mata bisa terbuka lebar, jantung juga berdetak lebih kencang.      Semua itu akibat dari tekanan darah yang naik disebabkan kafein sehingga otot-otot bisa berkontraksi, sementara hati akan melepas gula menuju aliran darah, dan energi ekstra sebagai hasilnya.

Terlepas dari itu semua, berikut adalam efek positif dan juga dampak negatif sebagai hasil dari konsumsi kopi. Diawali dari beberapa efek baiknya adalah;

  • Menangkal kanker kulit

Sebagaimana yang telah disebut dalam mencegah penyakit hati, kopi yang mengandung kafein juga mampu menurukan orang terkena resiko kanker kulit.

  • Mampu melawan depresi

Para ahli ada yang menemukan bahwa melawan sekaligus mengobati depresi salah satunya bisa dengan cara meminum kopi, hal ini dikarenakan kandungan kopi dapat membantu menimbulkan rasa ceria dan semangat juga terpacu darinyal.

  • Menurunkan risiko diabetes

Kandungan kromium dan magnesium yang terdapa dalam kopi memberikan manfaat istimewa, yaitu untuk membantu menekan resiko diabetes, hanya saja hal yang tetap wajib diperhatikan di sini adlaah jumlah penggunaan gula pada seduhan kopinya.

  • Menghindari stres dan putus asa

Sesuai penelitian, dilaporkan bahwa mengkonsumsi  tak lebih dari 2 cangkir kopi dalam satu hari memberikan efek kesegaran, oleh karenanya rasa jengkel dan juga benci sirna karenanya.    Di samping itu, aroma kopi dipercaya memiliki peranan dalam mengurangi stress sebab memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf.

  • Membantu anda menurunkan berat badan

Mungkin hal ini serupa dengan langkah menempuh diet, pasalnya mengonsumsi kopi ternyata juga bisa membantu kita dalam menekan nafsu makan. Ketika nafsu makan ditekan, secara tidak langsung berat badan kita juga tak akan terpicu naik akibat dari makanan. Namun pertimbangkan lebih lanjut dalam mengambil langkah ini, sebab ketika sudah berlarut-larut bukan tidak mungkin efek negatif berujud sakiit mag akan timbul.

  • Anti oksidan

Kafein yang terkandung dalam kopi berfungsi efektif sebagai “antioksidan” yaitu substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir dan mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak.

  • Menurunkan risiko alzheimer dan parkinson

Beberapa studi memaparkan bahwa mengkonsumsi kopi dapat membantu berkonsentrasi, sehingga secara otomatis penyakit neurodegenerative juga tidak akan mudah menjangkiti.   Dari segi kesehatan, hal itu memberikan efek bagus pula dalam mencegah datangnya penyakit Alzheimer dan parkinson.       Alzheimer merupakan jenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif, yaitu keadaan daya ingat seseorang yang merosot yang kadangkala para pengidapnya tlupa mengurus diri sendiri. Sedangkan parkinson adalah penyakit degeneratif syaraf bernama latin paralysis agitans, yang pertama ditemukan tahun 1817 oleh Dr. James Parkinson

  • Menjaga kesehatan hati (liver)

Selain diyaqini mampu mencegah penyakit kanker, mengonsumsi kopi secara teratur juga mampu  meningkatkan kesehatan hati, baik mencegah gagal hati ataupun mencegah sirosis hati.

  • Meredakan sakit kepala

Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi mampu membantu menghilangkan rasa sakit pada kepala karena memiliki kemampuan yang tak jauh beda dengan aspirin, midol, ataupun excedrin. Oleh karenanya taki sedikit obat sakit kepala juga menyertakan keberadaan kafein di dalamnya.

Dampak Negatif Mengonsumsi Kopi

Di atas adalah beberapa efek positif yang ditimbulkan dari mengonsumsi kopi. Dari fungsi kafein yang mengarah pada “gerak pemicu,” maka ketika ada dampak positif, tentu saja terdapat sisi negatifnya.   Dan berikut adalah beberapa hal yang bisa terjadi akibat meminum kopi;

  • Gangguan pencernaan

Sesuatu yang berlebih tentu menimbulkan efek tak baik, termasuk di dalamnya adalah mengonsumsi kopi, karena jika tak dikontrol senyawa yang terkandung di dalam kopi bisa merusak lapisan lambung dan memicu berbagai gangguan pencernaan. Selain itu kafein pada kopi juga meningkatkan kandungan  asam sehingga bukan tidak mungkin diare ataupun sembelit akan muncul akibat darinya.

  • Caffenism

Istilah “caffenism” digunakan untuk mendeskripsikan sindrom yang dialami pasca mengonsumsi kopi, baik efek berujud cemas, gelisah, ataupun gangguan tidur. Kelenjar adrenalin juga bisa terangsang oleh kafein sehingga hormon penyebab stres menjadi terpicu.

  • Efek PMS

PMS menjadi istilah untuk emngungkapkan gejala nyeri yang terjadi menjelang atau selama siklus haid pada wanita. Kecuali rasa nyeri, kembung, dan kram, sakit kepala menjadi penyebab wanita yang dalam suasana menstruasi menjadi uring-uringan tak jelas.    Hal itu akan lebih jelas terlihat apabila seorang wanita meminum kopi secara berlebihan.

  • Efek buruk pada gigi

Seperti efek yang ditimbulkan pada jenis minuman teh, kopi juga bisa menyebabkan karang gigi serta menjadikan gigi berwarna kuning bahkan hitam.

  • Kelahiran bukan pada saatnya

Tidak saja nikotin yang banyak terkandung dalam rokok, kafein dalam kopi juga memiliki pengaruh serupa, yaitu mengandung racun jika dikonsumsi berlebihan selama hamil, salah satunya memiliki resiko melahirkan bayi secara prematur, bahkan juga ada kecenderungan mengalami keguguran.

  • Pengeroposan tulang

Kafein sejatinya juga berbahaya bagi tulang, hal ini disebabkan saat menikmati sebanyak 350 miligram kafein, maka sejumlah 5 miligram kalsium juga akan tergerus.

Food Standards Agency menyarankan dalam mengonsumsi kopi yaitu ebanyak 200 miligram perhari, atau setara dengan dua sampai tiga cangkir kopi. Hanya saja justru kita pribadi yang seharusnya memahami letak batas kewajaran dalam mengonsumsi kopi, sebab ada yang minum secangkir kopi bisa menjadikannya insomnia, amun tak jarang yang minum tiga cangkir sekaligus tetap bisa tidur dengan lelap. [uth]

Sumber Rujukan;

[1] Dampak dan manfaat menikmati kopi www.merdeka.com  Diakses 21 September 2014

[2] Gambar Sajian Kopi  www.facebook.com   Diakses 21 September 2014

Berbagi dan Diskusi

22 COMMENTS

  1. […] Pasar tradisional yang menjadi salah satu cirikhas tempat bertransaksi dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari itu bernama Pasar Legi Kotagede.     Dijuluki pasar Legi karena dahulunya pasar ini memiliki jadwal pada hari pasaran Legi, yaitu hari pasaran dalam penanggalan Jawa selain Pon, Wage, Kliwon, dan Pahing.     Dan di pasar Legi itulah, salah satu tempat yang bisa kita jadikan sasaran guna mencari jajanan bernama “kipo.” […]

  2. […] Menikmati aneka hidangan makanan ataupun minuman menjadi suguhan yang lazim dihadirkan oleh hampir semua masyarakat Indonesia saat berkumpul bersama. Hal ini bahkan juga tetap berlaku bagi orang Indonesia di manca negara, baik yang masih berstatus WNI maupun yang sudah menetap dan berganti kewarganegaraan.         Sajian makanan tentu saja adalah makanan khas dari berbagaimacam daerah di Nusantara, sedangkan suguhan minuman yang tak bisa dilupakan adalah keberadaan teh dan kopi. […]

  3. Intinya apa aja yang kebanyakan emang gak baik untuk kesehatan. Konsumsi kafein yang sesuai takaran justru lebih banyak memberi efek positif pada kesehatan, seperti menghindari pikun, mengurangi stress, mengurangi kemungkinan penyakit kronis.

  4. […] Sebagian orang akan merasa ganjil apabila belum menikmati kopi seharian. Karena memang ini adalah jenis minuman yang bisa dipadukan dengan apa saja. Bisa dinikmati sambil merokok, membaca, dan juga santai sambil menyantap camilan. Namun yang tak bisa diabaikan adalah bahwa kopi dan juga minuman lain yang mengandung kafein tinggi memiliki potensi memunculkan rasa perih pada lambung, bahkan ada juga yang menjadi mual kaenanya. [Baca juga: Efek Baik dan Buruk Konsumi Kopi bagi Kesehatan] […]

  5. […] Efek dari kebiasaan –makan camilan– yang jika tak dikendalikan ini, tak lain adalah menjadi ketagihan. Contoh sederhananya adalah tentang konsumsi kopi, maka ada banyak orang yang memaparkan bahwa kalau tidak ngopi pasti akan ngantuk,” kenapa hal itu tak diubah dalam mindset kita? Misalnya, tiada kopi pun bukan satu masalah, semua baik-baik saja! [Baca juga: Efek Baik dan Buruk Konsumi Kopi bagi Kesehatan] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here