Pantau PJTKI, Rujukan Mencari PJTKI Baik atau Bermasalah

1
2660
Daftar PJTKI

PJTKI (perusahaan jasa tenaga kerja Indonesia) dulu hingga sekarang masih merupakan istilah yang cukup dikenal. Istilah ini bahkan masih cukup terkenal ketika istilah lain digunakan oleh Undang-undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia di Luar Negeri. UU No 39 Tahun 2004 kini sudah tidak menggunakan istilah PJTKI, tetapi PPTKIS (Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta). Meski demikian, istilah PJTKI masih menjadi yang dominan digunakan.

“www.pantaupjtki.com”

Daftar PJTKI memang sulit untuk ditemukan. Menurut Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSDBM), hingga saat ini pekerja migran masih sulit mencari menemukan PPTKIS dalam bentuk daftar. Salah satu data yang bisa digunakan adalah mengacu pada data BNP2TKI yang diletakkan di portal PPID BNP2TKI. Daftar ini sangat dibutuhkan oleh calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja ke luar negeri. Tidak semata daftar, calon TKI membutuhkan juga catatan pelayanan dari pengguna jasa sebelumnya.

Pantau PJTKI, daftar PJTKI
Pantau PJTKI

Sejak pertengahan 2014, Pusat Sumber Daya Buruh Migran telah mengeluarkan sebuah layanan tentang pemantauan PJTKI. Layanan ini tidak saja menjawab kebutuhan calon TKI untuk mencari daftar PPTKIS yang sedang beroperasi. Layanan yang disediakan oleh PSDBM ini juga memuat ulasan (review) dari pelbagai pengguna untuk melihat kualitas layanan dari masing-masing PJTKI kepada calon buruh migran.

Mengacu pada hasil review yang diberikan oleh sesama TKI yang pernah berangkat ke luar negeri, calon TKI dapat memilih dan memilah PJTKI Yang baik dan buruk. Ulasan yang disajikan oleh portal Pantau PJTKI ini bersumber dari pengalaman TKI yang pernah menggunakan jasa masing-masing PJTKI yang ada dalam daftar.

Menggunakan portal pantau PJTKI, kini calon TKI dapat memeriksa kredibilitas PJTKI yang akan dipilih. Tidak semata itu, TKI juga bisa mengisi ulasan. Mengapa ulasan PJTKI penting? Salah satu persoalan besar yang dihadapi oleh calon TKI adalah minimnya informasi tentang PJTKI yang berkinerja pelayanan baik. Minimnya informasi ini membuat calon TKI harus masuk ke dalam jeratan perusahaan yang bermasalah. Membagi pengalaman melalui portal ini akan membantu calon atau TKI lainnya untuk menemukan referensi tenang PJTKI yang tidak bermasalah. Secara tidak langsung, ulasan (review) yang diberikan oleh mantan atau TKI aktif yang pernah menjalani proses penampatan melalui PJTKI akan membantu TKI lainnya.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. […] Daftar PJTKI memang sulit untuk ditemukan. Menurut Pusat Sumber Daya Buruh Migran (PSDBM), hingga saat ini pekerja migran masih sulit mencari menemukan PPTKIS dalam bentuk daftar. Salah satu data yang bisa digunakan adalah mengacu pada data BNP2TKI yang diletakkan di portal PPID BNP2TKI. Daftar ini sangat dibutuhkan oleh calon tenaga kerja Indonesia (TKI) yang akan bekerja ke luar negeri. Tidak semata daftar, calon TKI membutuhkan juga catatan pelayanan dari pengguna jasa sebelumnya.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here