Belgia Menerbitkan Perangko Khusus Tintin Saat di Kemayoran & Pulau Komodo Indonesia

4
4073
Cuplikan cerita Tintin mendarat di Bandara Kemajoran dalam komik berjudul Flight 714
Cuplikan cerita Tintin mendarat di Bandara Kemajoran dalam komik berjudul Flight 714

‘Les Aventures de Tintin et Milou’ adalah istilah berbahasa Perancis untuk menamakan serial komik “Petualangan Tintin” karya Hergé, seorang artis dari Belgia yang merupakan pseudonim dari Georges Remi (1907–1983). Serial komik “Petualangan Tintin” ini pertama kali muncul tanggal 10 Januari 1929 dalam bahasa Perancis sebagai lampiran kolom anak-anak dari koran Belgia bernama Le Vingtième Siècle. Penampilan para pemain yang saling melengkapi membuat serial ini menjadi bacaan favorit dan bahan kritikan selama lebih dari 70 tahun.

Tokoh-tokoh Serial Petualangan Tintin

Seorang wartawan muda Belgia bernama Tintin selalu dijadikan sebagai tokoh utama dari serial petualangan ini, dan sejak kemunculannya yang pertama kali, ia telah ditemani seekor anjing jenis fox terrier bernama Milo ataupun Milou dalam bahasa Perancis. Selain itu ada kemunculan beberapa pemain pendukung, antara lain;

  • Kapten Haddock
    Sososk penjunjung tinggi nilai-nilai kepelautan dan asas kesetaraan yang juga terkenal dengan sumpah serapahnya
  • Profesor Lakmus
    Disebut juga Professeur Tournesol, sosok yang sangat cerdas namun bermasalah dengan pendengarannya.
  • Dupont dan Dupond
    Orang Perancis menyebutnya “Dupont et Dupond,” adalah dua orang detektif yang disangka kembar, seringkali berbicara tidak jelas satu sama lainnya dan suka memakai topi bundar dikenal dengan sebutan bowlers. Disangak kembar karena mereka berdua nampak mirip dan hanya kumisnya saja yang menjadi pembeda. Padahal sesuai cerita, keduanya tak ada hubungan kekerabatan sama sekali.
  • Bianca Castafiore
    Adalah sosok penyanyi opera yang selalu dipandang rendah oleh Kapten Haddock, namun penyanyi opera ini hampir setiap saat muncul tatkala para tokoh utama ada. Bianca Castafiore selalu ditemani oleh pembantu setianya.
    Nama Bianca Castafiore memiliki makna sebagai “bunga putih yang suci dan murni.” Hal ini sebagaimana yang diilhami Profesor Lakmus ketika dia memberikan mawar putih kepadanya sebagai tanda ungkapan cinta rahasia kepada sang penyanyi dalam episode Permata Castafiore. Karakter penyanyi opera ini didasarkan pada karakter seorang diva pada pertunjukan opera

Tokoh-Tokoh Pendamping Lain

Berikut adalah beberapa tokoh lain yang acap dimunculkan dalam serial petualangan Tintin;

  • Nestor si kepala pelayan di Marlinspike Hall
  • Jendral Alcazar si Diktator dari Amerika Selatan
  • Jolyon Wagg seorang agen asuransi
  • Ben Kalish Ezab sebagai Emir
  • Abdullah yaitu putra si Emir
  • Chang yang berperan sebagai bocah Cina
  • Müller sososk dokter berkebangsaan Jerman yang maniak
  • Rastapopoulos adalah dalang kejahatan

Baik sebagai pemain utama atauupun sebagai pemain pendamping, tidak ada pemain wanita yang dimunculkan, hanya saja mereka kadang ada sebagai pemain latar saja.

Karya Istimewa Pada Zamannya

Prangko Tintin Belgia bertema Komodo dan Kemayoran Indonesia
Prangko Khusus Tintinbertema Indonesia (Sumber: kompas.com)

Karena mengalami keberhasilan luarbiasa, maka serial komik sebanyak 23 album ditambah 1 album yang masih berupa sketsa, Tintin dan Alph-Ar, dikumpulkan menjadi suatu album petualangan dan kemudia diadaptasi ke dalam bentuk film serta teater. Ini menjadi sebuah komik Eropa yang sangat terkenal abad ke-20, karena sedikitnya 200 juta buku telah diterbitkan dan diterjemahkan ke dalam lebih 50 bahasa.

Penambahan warna dalam cerita-cerita membuat karya-karya Herge semakin digemari,pasalnya karya ini dinilai jauh lebih maju daripada komik-komik Amerika pada masa itu, dimana proses pembuatan yang menggunakan teknik “four printing sides”dan tehnik pendekatan sinematografi atas tata cahaya menjadi pembeda istimewanya. Bahkan sebagian penggemar juga memuji karya ini sebab gambar Hergé yang disebut “ligne claire” ini, meski berkesan bersih namun tetap ekspresif.

Dengan didasarkan riset, maka karya Hergé ini terbagi atas beberapa aliran petualangan dengan elemen fantasi, misteri, politik dan sains fiksi. Tak lupa juga diwarnai pula dengan tampilan humor “slapstick,” yaitu yang berisi komentar bahkan juga kritisi sosial terhadap politik serta budaya pada suatu negara dan rezimnya. Maka bisa dipahami sekiranya Hergé juga sempat dituduh sebagai kaki-tangan musuh Nazi.

Antara Tintin, Belgia, dan Indonesia

Diketahui bahwa tokoh komik “petualangan Tintin” asal Belgia itu pernah bertualang ke Indonesia sebagaimana yang tertulis dalam buku komik berjudul ‘Flight 174’ tahun 1968. Buku komik ini selanjutnya juga diterjemahkan menjadi ‘Penerbangan 714’, yang mengisahkan pembajakan pesawat Tintin dengan tujuan. Pembajak pesawat Tintin yang diketahui adalah musuh bebuyutannya memerintahkan pendaratan di Flores. Tokoh Tintin yang berjambul tak hendak tinggal diam, ia dan kawan-kawannya tetap berusaha menyelamatkan diri, kemudian bertemu dengan komodo, dan juga menemukan candi, hingga pada akhirnya diselamatkan UFO.

Meskipun ini adalah kisah fiksi, namun cerita yang sangat menakjubkan ini cukup memukau para penggemarnya. Apalagi akhir bulan September 2014 ini, kantor pos Belgia merilis perangko khusus bertema Tintin ketika sedang berada di Indonesia, tepatnya sewaktu di Kemayoran dan di Pulau Komodo.

  • Perangko khusus Tintin sedang di Pulau Komodo

Pulau Komodo menjadi lokasi tujuan wisata yang banyak dikenal oleh tourist dunia. Keterkenalan ini tak disia-siakan leh pihak pemerintah Belgia, pasalnya pemerintah Belgia menerbitkan sebuah perangko bertuliskan “Tintin-Kuifje: Vol 714-Vlucht 714, Le Dragon de Komodo, Indonesie,” yaitu perangko yang merupakan potongan gambar dari komik dengan adegan Tintin dan sobat karibnya Kapten Haddock memergoki seekor komodo.

  • Perangko khusus Tintin sedang di Bandara Kemayoran, Jakarta

Yang kedua adalah prangko yang bertuliskan “Tintin-Kuifje: Vol 714-Vlucht 714, Jakarta, Indonesie.” Wujud prangko itu adalah potongan gambar komik dengan adegan Tintin, Kapten Haddock, dan Profesor Calculus sedang marah-marah di Bandara Kemayoran.

Peluncuran perangko edisi khusus Tintin di Pulau Komodo dan di Kemayoran ini diniatkan sebagai tanda peringatan 65 tahun hubungan bilateral antara Indonesia-Belgia di Brussels. Perangko yang dibuat KBRI bekerja sama dengan Museum Herge, Moulinsa dan juga Perusahaan Pos Belgia (B-Post) ini, direncanakan akan dipakai dalam surat-menyurat KBRI (Kedutaan Besar Republik Indonesia) Brussels di seluruh wilayah Belgia. B-Post adalah Perusahaan Pos, sedangkan Museum Herge, Moulinsa adalah perusahaan yang memegang lisensi karya cipta Herge.

  • Cerita komik dalam perangko

Perjalanan Tintin ke Indonesia yang ada dalam komik berjudul “Penerbangan 714” menjadi cerita yang tertuang pada perangko edisi khusus tahun 2014 ini. Yaitu yang menceritakan perjalanan Tintin bersama kawan-kawan dan Milo, anjing setianya, saat terbang dari London dan lalu mendarat di Bandar Udara Internasional Kemayoran, Jakarta, sebelum menuju ke Sydney.

Perjalanan di Indonesia yang sempat berada di sebuah pulau dengan penguninya adalah komodo di Nusa Tenggara Timur, menjadi ide yang tertuang, hal itu tak bisa lepas dari keunikan binatang komopdo yang baru pertama kalinya mereka lihat.

Bentuk Kerjasama Bilateral

Arif Havas Oegroseno sebagai Duta Besar RI untuk Belgia, Uni Eropa, dan Luksemburg mengatakan bahwa dalam 4 tahun terakhir menjadi waktu penting dalam hubungan Indonesia dan Belgia, pasalnya terdapat banyak inisiatif pada sisi politik, ekonomi, pendidikan, dan juga budaya. Sebagai contoh adalah pencapaian investasi yang meningkat, yaitu masuknya investasi 10 juta euro dari Solvay, perusahaan berbasis teknologi asal Belgia, di Indonesia.

Dalam dunia pendidikan, terlaksana juga program studi kajian Islam pertama di universitas Katolik tertua Eropa, yaitu di Katholieke Universiteit Leuven, dimana penyusunan kurikulumnya dibantu oleh para akademisi Indonesia. Kerangka Perjanjian Kemitraan dan Kerja Sama Komprehensif Indonesia-Uni Eropa (Framework Agreement on Comprehensive Partnership and Cooperation/PCA) juga telah terjadi pada tanggal 1 Mei 2014 sebagai bagian dari kerjasama kedua negara. [uth]

Sumber Rujukan;

[1] Petualangan Tintin id.wikipedia.org Diakses pada 25 September 2014

[2] Belgia Terbitkan Prangko “Tintin di Kemayoran” dan “Tintin di Pulau Komodo” internasional.kompas.com Diakses pada 25 September 2014

[3] Gambar Cuplikan cerita Tintin mendarat di Bandara Kemajoran www.kompas.com Diakses pada 25 September 2014

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here