Biografi dan Pemikiran Robert Erza Park (1864-1944)

3
2387
Robert Erza Park: Walking the City Streets
Robert Erza Park: Walking the City Streets

Robert Erza Park lahir di Harveyville, Pennsylvania, 4 Febuari 1864. Sekitar tahun 1883, masuk ke universitas Migchigan di Ann Arbor hingga tahun 1887, dan berkenalan dengan pemikir besar John Dewey. Dari tahun 1887-1898 ia bekerja sebagai wartawan di Melaneapolis, Detroit, Denver, New York, Chicago. Tahun 1898 masuk ke universitas Harvard mengambil kajian psikologi dan filsafat. Pada tahun yang sama ia belajar di Berlin dan bertemu dengan sosiolog, George Simmel. Tahun 1904 Park berhasil menyelesaikan disertasinya di universitas Heidelbreg.

Pada 1912 bertemu dengan W.I. Thomas, sosiologi Chicago, mengajaknya bekerja di institut Tuskegee. Kemudian dia bergabung dengan American Sociologyal Society. Sewaktu berafiliasi dengan Universitas Chicago, ia berperan dalam pembentukan orientasi intelektual di jurusan Sosiologi, sekaligus mendapat gelar professor sosiologi di tahun 1923.

Keterlibatan Park dengan kawan-kawan kerjanya, membuat jurusan sosiologi di universitas Chicago. Dari tahun 1914 sampai 1933 dan kawan-kawannya membesarkan sosiologi Chicago. Park meninggal dunia pada 7 Febuari 1944, seminggu sebelum ulang tahunnya yang ke-80.

Karyanya sbagai sosiolog sebagai berikut; bersama Ernest W. Burgess, Introduction to the Science of Sociology, 1921, bersama dengan H.A. Miller, old world traits transplanted, 1921, race and culture, 1950, terbit setelah dia meninggal dunia.

Dia memiliki berbagai macam karir sebelum menjadi sosiolog. Keragaman pengalaman Park dan pandangannya membantu membentuk aliran Chicago, interaksionisme simbolik dan sosiologi. Park dianggap sebagai pelopor dari salah satu mazhab dalam ilmu sosiologi yaitu mazhab ekologi sebagai cabang ilmu sosiologi pada 1925 oleh suatu pertemuan American sociological society.

Namanya terkenal karena telah mengarang sebuah buku pengantar sosiologi (bersama Burgess) yang berjudul; introduction to the science of sociology, 1921. Dalam buku ini, Park membahas semua persoalan ilmu sosiologi, yang sebagian diambil dari kupasan-kupasan hasil karya para sarjana sosiologi terkemuka. Bukunya berpengaruh besar pada perkembangan lanjut ilmu sosiologi terutama di Amerika Serikat.

Menurut Park, sosiologi adalah ilmu mempelajari perilaku kolektif, sehingga masyarakat dilihat sebagai produk dari interaksi antar setiap individu, dimana interaksi itu dikontrol oleh seperangkat tradisi dan norma, dan tradisi-norma itu muncul dalam proses interaksi tersebut. Kontrol sosial mengacu pada berbagai cara di mana perilaku kolektif itu diatur, disalurkan dan ditahan. Park membedakan empat proses sosial yang utama yaitu kompetisi, konflik, penyesuaian diri/accomodation dan asimilasi.

Park meyakini bahwa perubahan sosial melewati tiga tahap, yang dimulai dari ketidakpuasan, kerusuhan yang mengarah pada adanya gerakan sosial, dan kemudian berakhir pada penyesuaian baru dengan aturan yang telah diperbaharui.***

Kutipan;

[1] Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta, Rajawali Press, 1992, hlm 452-453

[2] George Ritzer & Douglas J. Goodman, Teori Sosiologi Modern, terj. Jakarta, Prenada Media, 2004, hlm 74-75

Sumber Rujukan;

[1] Robert Erza ParkĀ (1864-1944) en.wikipedia.com Diakses pada 15 September 2014

[2] Gambar Robert Erza Park: Walking the City Streets www.dmacc.edu Diakses pada 25 September 2014

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Sosiologi pedesaan merupakan salah satu cabang kajian dalam sosiologi yang secara khusus meneliti kehidupan masyarakat pedesaan. Fokus kajian ini adalah meneliti struktur sosial masyarakat pedesaan, pola kehidupan masyarakatnya, tradisi dan hukum adat didesa, lembaga-lembaga sosialnya, sistem ekonomi masyarakat desa. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here