Sesuai Pengumuman Divisi Humas Mabes POLRI, Biaya Mengurus Kehilangan STNK adalah Rp 50.000,-

9
3714
Mengurus Kehilangan STNK Biaya 50000
Mengurus Kehilangan STNK Biaya 50000

Surat berharga adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan kita, baik surat berharga yang menyangkut harta ataupun yang berhubungan dengan riwayat hidup. Surat berharga menyangkut dengan riwayat hidup antara lain adalah KTP, SIM, ijazah, akta lahir, dan sertifikasi lain yang berhubungan dengan diri kita. Sementara surat berharga yang berkaitan dengan harta contohnya adalah akta jual-beli tanah pun sertifikatnya, surat ataupun buku tanda investasi, STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan), BPKB (Buku Pemilik Kendaraan Bermotor), dan masih banyak lagi.

Pentingnya Menyalin Surat Berharga

Adalah langkah yang tak bisa diabaikan untuk menyalin, menggandakan, ataupun mem-fotocopy surat-surat berharga yang kita miliki. Langkah menggandakan surat berharga ini bisa jadi merupakan hal remeh dan dipandang sepele bagi sebagian orang. Akan tetapi hal yang sepele itu kenyataannya banyak memberikan manfaat bagi kita. Berikut beberapa manfaatnya;

  • Mempermudah urusan

    Penggandaan surat berharga dipandang penting karena bisa memberikan keefektifan kita dalam penyimpanan surat-surat berharga. Ketika kita telah disiplin dalam pendokumentasian maka langkah menertibkan diri akan dengan mudah dilaksanakan. Sebagai tindakan nyata misalnya adalah selalu menggandakan surat-surat berharga, kemudian surat berharga yang asli disimpan pada tempat tertentu, sedangkan lembar gandanya disimpan pula pada tempat khusus surat-surat penggandaan. Manfaatnya, surat berharga yang asli akan tetap aman dan kecil kemungkinan lupa menyimpannya, sementara surat salinannya lebih mudah dicari, karena bermanfaat sebagai arsip juga.

  • Mengurangi beban kecemasan

    Salinan surat-surat berharga penting disimpan sebab akan memberikan manfaat sangat istimewa bagi kita tatkala sedang terkena masalah “kehilangan.” Pasalnya, hal ini akan bisa mempermudah kita untuk melakukan pengurusan surat-surat berharga tersebut pasca terjadinya kehilangan.

Sehubungan dengan kejadian “kehilangan Surat Tanda Nomor Kendaraan,” ada kabar menggembirakan yang datangnya dari pihak Divisi Humas Mabes POLRI, melalui halaman facebook Div Humas POLRI diumumkan bahwa saat ini masyarakat pemilik kendaraan bermotor tak usah lagi khawatir dengan beban biaya yang harus dikeluarkan guna mengurus kehilangan surat berharga berujud “STNK.”

Prosedur Mudah Pengurusan STNK yang Hilang

Apabila terjadi kehilangan STNK, untuk mendapatkan ganti yang baru tidak lagi diperlukan uang banyak, ditambah lagi untuk sistem pengurusannya juga akan diberikan kemudahan.

  • Biaya Rp 50.000,- untuk mengurus kehilangan STNK

Masih menurut pengumuman yang dipaparkan Divisi Humas POLRI, dengan uang sejumlah Rp 50.000 kini kita sudah bisa memperoleh kembali surat kendaraan motor baru sebagai ganti apabila terjadi kehilangan. Lebih lanjut bagian Humas Polri mengabarkan bahwa bagi pihak yang kehilangan surat kendaraan, hanya diwajibkan menuruti syarat-syarat dan prosedur pengurusan yang berkaitan.

  • Persiapan Pembuatan

Berikut adalah beberapa persyaratan yang harus dipersiapkan lebih dahulu guna mengurus stnk yang hilang:

    1. KTP sesuai pemilik kendaraan
    2. Photocopy STNK yang hilang
    3. Surat Tanda Kehilangan dari Polsek pun Polres setempat
    4. BPKB asli dan juga salinannya

Setelah persyaratan-persyaratan tersebut disiapkan, kita tetap harus melaksanakan prosedur yang sudah diatur oleh pihak petugas.

  • Prosedur pengurusan kehilangan STNK

    1. Diwajibkan melakukan cek fisik kendaraan, yaitu dengan menggesek nomor mesin pun nomor rangkanya
    2. Selanjutnya hasil salinan gesekan tersebut diserahkan kepada pihak petugas
    3. Mengisi formulir secara lengkap dan benar
    4. Melakukan pengurusan Cek Blokir (Mengurus Surat Keterangan STNK Hilang) dari Samsat, yaitu yang berisi keterangan keabsahan STNK terkait, misalnya tidak diblokir atau dalam pencarian (misalnya akibar curanmor)
    5. Melampirkan hasil cek fisik kendaraan bermotor
    6. Semua lampiran persyaratan data dan Surat Keterangan Hilang dari Samsat lengkap, kemudian pembuatan STNK baru siap dilaksankan yaitu dengan menyerahkan smeua berkas di loket BBN II
    7. Apabila knedaraan kita menunggak dalam membayar pajak tahunan pada pembuatan STNK baru, maka kita di wajibkan untuk membayar tunggakan pajak terlebih dahulu
    8. Biaya sebesar Rp 50.000,- harus dikeluarkan pada langkah ini sebagai biaya proses pembuatan STNK baru
    9. Langkah selanjutnya adalah menunggu proses pembuatan STNK baru yang juga akan disertai SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah)

Demikian adalah informasi terkait kehilangan surat kendaraan sebagaimana dilansir oleh Divisi Humas Polri yaitu cukup dengan memenuhi syarat serta prosedur pengurusan. [uth]

Sumber Rujukan;

[1] STNK Hilang, Begini Cara Mengurus yang Baru otomotif.kompas.com Diakses pada 26 September 2014

[2] Gambar STNK diambil dari halaman Facebook DivHumasPolri Diakses pada 26 September 2014

Berbagi dan Diskusi

9 COMMENTS

  1. gimana cara pengurusan surat mutasi kendaraan dari kalimantan menuju ke pare -pare? sedangkan kendaraan tersebut sudah ada di pare -pare

    /// apakah saya harus ke kalimantan untuk melakukan pencabutan berkas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here