#ShameOnYouSBY: Trending Topic Media Sosial

2
941
ShameonYouSBY Trending Topic

#ShameOnYouSBY menjadi topik populer di dunia maya. Tidak hanya menjadi trending topik di Indonesia, hastag tersebut bertahan di jajaran trending topic dunia selama beberapa jam. Fenomena ini merupakan reaksi netizen terhadap sikap Partai Demokrat yang melakukan “walk out” pada persidangan paripurna Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang membahas tentang Rencana Undang-Undang Pemilihan kepala daerah Pilkada (RUU PILKADA).

Partai Demokrat dan SBY menjadi sasaran kemarahan akibat sikap Demokrat yang memilih untuk meninggalkan ruang persidangan paripurna DPR. Suara pada persidangan pengambilan keputusan soal UU Pilkada terbelah menjadi tiga: (1) pro pemilihan Pilkada Langsung yang dimotori oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura); (2) Pro Pilkada melalui DPR Daerah (DPRD), dan; (3) Demokrat yang pro dengan Pilkada langsung dengan 10 persyaratan. Paripurna ini  berakhir dengan pengambilan suara (voting) yang memenangkan Pilkada melalui DPRD [1].

Polemik Pilkada melalui DPR memang cukup mengemuka. Pembahasan RUU Pilkada hingga tengah malam ini turut menjadi sorotan masyarakat luas. Paska kemenangan kubu pendukung Pilkada melalui DPRD, Partai Demokrat menjadi sorotan netizen pengguna media sosial. Sebagai saluran aspirasi yang terbuka, media sosial seperti Twitter menjadi saluran warga menumpahkan kekecewaan atas kembalinya pemilihan kepala daerah melalui DPRD ini. Salah satu unsur yang paling menjadi sorotan adalah sikap politik Partai Demokrat yang memilih meninggalkan (walk out) ruang persidangan [2].

Sikap Demokrat tersebut mengundang polemik politik. PDIP, seperti dilansir kompas, menilai Demokrat bermain drama dalam proses pengambilan keputusan terkait dengan RUU Pilkada [3]. Ibas, Putra SBY sekaligus Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, menyatakan kekecewaan atas sikap PD [4]. SBY secara terpisah menyatakan kekecewaan atas sikap anggota Fraksi Demokrat. Tidak sebatas itu, seperti dilansir detik, SBY memerintahkan pengusutan dalam sikap walk out fraksi demokrat [5].
Sikap Partai Demokrat dinilai oleh Publik sebagai salah satu penyebab kekalahan kubu pendukung Pilkada langsung. Tak elak banyak masyarakat yang bereaksi atas pengesahan UU Pilkada ini. SBY sebagai ikon Partai Demokrat menjadi sasaran kekecewaan publik. Kekecewaan publik tampak melalui media sosial Twitter. Hastag #sameonyouSBY menjadi topik teratas selama beberapa jam di media sosial microbloging ini. Mengacu pada beberapa analisa sosial media, inilah statistik hastag #sameonyouSBY yang mengemuka di dunia. Mengacu pada data Topsy, terdapat 147 ribu lebih kicauan yang menggunakan hastag tersebut (27/009/2014 pukul 01.39).
ShameonyouSBY trending topicData Analisa Topsy atas penggunaan hastag #shameonYouSBY [6]

Sebaran kicauan yang menggunakan hastag #shameyouSBY pun cukup merata. Pengguna Twitter dari pelbagai konta di Indonesia banyak menyebutkan hastag ini. Mengacu pada data yang dikumpulkan menggunakan tweetchup, Jakarta masih menjadi sentral diskusi dan kicauan menggunakan hastag ini. Kalimantan menjadi pusat kedua perbincangan soal ini.

Twitter_analytic_tool___Tweetchup

Sumber Rujukan:

[1] Kepala Daerah Kembali DIpilih DPRD: Kompas. Diakses pada 26 September 2014.

[2] Demokrat Walk Out, Kompas.com. Diakses pada 26 September 2014.

[3] PDIP: Sejak awal Demokrat Bermain Drama. Kompas.com, diakses pad 26 September 2014.

[4] Demokrat Walk Out, Ibas Minta Maaf. Kompas.com, diakses pada 26 September 2014.

[5] SBY perintahkan usut dalang Walkout Fraksi Demokrat di Paripurna RUU Pilkada. Detik News, diakses pada 26 September 2014.

[6] Data analisa Topsy tentang kata ShameonYouSBY. Topsy.com, diakses pada 27 September 2014.

 

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. Harus diakui kali ini adalah kemenangan Prabowo dan kelompok penabuh gamelan berjuluk "Koalisi MerahPutih"

    Sutradara ter-embuh kali ini tetap masih dipegang "Esbeye" dengan pemain pendamping dari kelompok parTAI demokrat

    Hidup Prabowo…!
    Hidup dan bangkitlah kau demokrasi langsung dari penguasa, langsung oleh penguasa, dan langsung untuk penguasa beserta kroni2nya

    Nyet!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here