Atraksi Wisata & Obyek Wisata adalah Dua Daya Tarik para Traveler

2
19870
pixabay.com

Memilih tempat tujuan wisata adalah hal penting yang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan wisata, dengan begitu maka wisatawan dapat menyiapkan dan merencanakan kegiatan yang akan dilakukan. Ada banyak tempat yang menawarkan daya tariknya masing-masing, mulai dari keindahan alam, iklim yang bersahabat, dan kemudahan sarana dan prasarana baik berupa akses pun layanan menarik lainnya. Baca juga [ Inilah jenis Tempat Wisata, Manakah yang belum Anda Kunjungi ].

Sebagian besar pelaku wisata melakukan kunjungan karena ada rasa penasaran dari tempat yang dipilihnya, sebagian lagi berkunjung karena memang kebetulan sedang memiliki kegiatan di sekitar, baik berupa kunjungan dinas ataupun tugas kerja.      Entah sengaja ingin berkunjung atau hanya karena faktor kebetulan, wisatawan pasti akan mempertimbangkan daya tarik dan daya dukung yang dimiliki oleh sebuah tempat wisata. Hal inilah yang membuat banyak daerah berlomba-lomba meningkatkan daya tarik dan daya dukung tempat wisata yang dimilikinya.

Keunikan sebagai ciri-khas yang dimiliki sebuah tempat wisata akan mampu membuat para wisatawan berminat mengunjunginya. Apalagi jika didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai, termasuk ketersediaan akomodasinya pula. Karena bukan tidak mungkin daya tarik dan daya dukung yang dimiliki tempat wisata akan mampu memberikan pengalaman yang berkesan bagi wisatawan.

Pengalaman yang berkesan inilah yang akan membuat orang mempertimbangkan untuk kembali berkunjung. Sayangnya saat ini masih sedikit tempat wisata mampu memberikan kesan baik, karena kekecewaan para pengunjung masih acap terlihat setelah ataupun saat mengunjungi sebuah tempat wisata.   Oleh karenanya, tatkala hal ini terjadi, bukan tidak mungkin minat wisatawan untuk kembali akan kecil kemungkinannya.

Selain obyek wisata, daya tarik lain yang dimiliki oleh sebuah tempat tujuan wisata adalah adanya atraksi wisata. Banyak daerah di Indonesia yang semula tidak memiliki daya tarik dari obyek wisata, tetapi mampu menarik minat wisatawan untuk datang ke daerah tersebut karena adanya atraksi wisata.

Apa yang dimaksud dengan atraksi wisata?

Atraksi wisata adalah satu hasil karya manusia yang dipersembahan sebagai bagian untuk menarik minat para wisatawan dan memiliki tujuan demi memberikan kesan kesenangan karena masih berisi penghiburan.   Ketika ada obyek wisata alam (baik pantai, gunung, ngarai, dan lain-lain) yang memang merupakan karunia  Tuhan, maka atraksi wisata merupakan obyek yang lebih cenderung menggali pada kemampuan manusia, yaitu dengan memberdayakan diri pada kreasi dan inovasi budaya setempat.     Walau begitu, kenyataannya keberadaan “atraksi wisata” ini tidak bisa dilepaskan dari faktor alam dan juga faktor kebudayaan setempat, dimana keberadaannya dituntut mampu memberikan kesan mendalam bagi para wisatawan.

Jika dilihat dari arti katan, “atraksi” adalah sesuatu yang menarik perhatian atau daya tarik. Atraksi juga memiliki arti pertunjukan atau tontonan. Sedangkan atraksi wisata adalah seni, budaya, warisan sejarah, tradisi, kekayaan alam, atau hiburan, yang merupakan daya tarik wisatawan di daerah tujuan wisata.

Atraksi wisata dan obyek wisata adalah dua hal yang menjadi daya tarik utama dari sebuah tempat tujuan wisata. Sementara, tempat tujuan wisata yang baik adalah tempat yang harus mampu memberikan kesan dan pengalaman berharga bagi wisatawan. Kesan dan pengalaman inilah yang akan membuat wisatawan mempertimbangkan untuk melakukan kunjungannya kembali.

Sumber Rujukan:

[1] Arti kata atraksi dan atraksi wisata, Kamus Besar Bahasa Indonesia Diakses pada 17 september 2014

[2] Gambar: pixabay.com

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here