Sembuhkan Masuk Angin dengan Pengobatan Tradisional

2
3552
pixabay.com

Padatnya rutinitas pekerjaan sering kali membuat badan merasa capek atau bahkan sangat capek. Rasa capek yang berlebihan membuat kondisi badan menjadi kurang prima dan mudah terserang penyakit. Masuk angin adalah salah satu penyakit yang sering dirasakan oleh banyak orang. Perut kembung, demam, sakit kepala, hingga muntah-muntah adalah gejala yang umum dialami ketika masuk angin.

Beberapa faktor penyebab masuk angin sering disepelekan oleh seseorang karena dianggap sebagai hal yang biasa dialami. Kurangnya waktu istirahat, telat makan, berkendara motor tanpa menggunakan jaket dan sering melakukan perjalanan jauh, adalah faktor penyebab masuk angin yang sering dialami oleh seseorang.

Ketika sudah mengalami masuk angin pun, masih banyak orang yang menganggap masuk angin sebagai hal yang biasa. Hal ini membuat orang menjadi malas untuk pergi ke dokter atau mencari obat penyembuh masuk angin. Menyembuhkan masuk angin sebenarnya tidak harus dengan berobat ke dokter atau mengkonsumsi obat-obatan kimiawi. Di sekitar kita, banyak tersedia bahan-bahan pembuatan obat tradisional yang dengan mudah bisa kita manfaatkan untuk menyembuhkan masuk angin.

Pengobatan tradisional dengan menggunakan ramuan dari tumbuh-tumbuhan, tidak memiliki efek samping seperti yang kadang terjadi pada penggunaan obat-obatan kimiawi. Selain itu proses pembuatannya mudah dan cepat, karena memanfaatkan tumbuh-tumbuhan yang ada di sekitar kita dan juga peralatan yang sederhana. [Baca juga  Kenapa Lebih Memilih Obat-obatan Tradisional ]

Tanaman apa saja yang bisa digunakan untuk mengobati masuk angin?

Kencur

Kencur adalah salah satu jenis tanaman empon-emponan yang sering digunakan sebagai bumbu masak. Bentuknya yang kecil, memungkinkan tanaman kencur untuk ditanam di dalam pot atau pekarangan sekitar rumah sebagai salah satu tanaman obat keluarga. Kencur memiliki kulit berwarna cokelat dan daging buah yang berwarna putih, kencur juga memiliki aroma khas yang dapat dengan mudah dikenali.

Memanfaatkan kencur sebagai bahan obat tradisional penyembuh masuk angin sangat lah mudah. Kita hanya membutuhkan bahan rimpang kencur dengan ukuran sedang dan garam dapur secukupnya. Buah kencur yang telah dibersihkan kulitnya dimakan dengan garam secukupnya, bisa dilakukan pagi dan sore hari. Caranya yang sangat mudah bisa dilakukan setiap hari sampai masuk angin sembuh.

Bawang Putih

Memanfaatkan bawang putih untuk menyembuhkan masuk angin, bahan yang dibutuhkan adalah 3 siung bawang putih, 1 sendok makan madu dan gula batu secukupnya. Cara meramunya, 3 siung bawang putih ditumbuk sampai halus, kemudian dicampur dengan 1 sendok madu dan gula batu secukupnya. Setelah bahan-bahan dicampur sampai merata, selanjutnya diperas atau disaring untuk diambil air sarinya saja. Air hasil perasan ini lah yang digunakan untuk pengobatan dengan meminumnya secara rutin setiap pagi sampai sembuh. [Baca juga Mengenal Manfaat Bawang Putih Untuk Pengobatan ]

Mengkudu

Buah mengkudu adalah salah satu buah yang memiliki bentuk yang unik, buahnya yang berwarna hijau dan berbentuk lonjong memiliki totol-totol kecil pada bagian kulitnya. Daun mengkudu sering dimanfaatkan sebagai bahan sayur yang memiliki rasa nikmat, di jawa daun ini biasa dimanfaatkan untuk membuat kluban. Buah mengkudu yang telah matang memiliki aroma khas yang kadang dianggap tidak sebagai bau yang tidak enak. Walaupun baunya yang tidak enak, buah mengkudu memiliki banyak khasiat sebagai bahan pengobatan tradisional.

Memanfaatkan buah mengkudu untuk menyembuhkan masuk angin, bahan yang dibutuhkan adalah satu buah mengkudu dan satu rimpang lengkuas. Buah mengkudu dipilih yang tua tapi tidak terlalu matang. Buah mengkudu dan lengkuas direbus dengan 2 gelas air mendidih, lama perebusan sampai air hanya tersisa kira-kira 1 gelas saja. Air hasil rebusan ini kemudian disaring dan diminum setiap pagi dan sore hingga masuk angin sembuh.

Temulawak

Temulawak telah lama dikenal oleh masyarakat sebagai bahan pembuatan obat tradisional. Temulawak juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu, mulai dari jamu tradisional hingga jamu produksi pabrik. Selain untuk menyembuhkan masuk angin, temulawak juga dikenal banyak orang sebagai bahan ramuan penambah nafsu makan. Tanaman yang memiliki rasa dan bau yang khas ini dapat dengan mudah ditemukan di pulau jawa, temulawak banyak ditanam oleh petani pada tanah tegalan.

Memanfaatkan temulawak untuk menyembuhkan masuk angin yang dibutuhkan hanya bahan rimpang temulawak tanpa bahan lainnya. Cara membuatnya rimpang temulawak diiris tipis-tipis kemudian dijemur di bawah sinar matahari sampai kering. Bahan yang sudah kering kemudian ditumbuk sampai halus. Kira-kira 2 genggam temulawak yang sudah berbentuk bubuk direbus dengan 4 gelas air mendidih hingga tersisa 2 gelas air. Air rebusan ini kemudian disaring dan diminum setiap pagi dan sore.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Ada banyak tehnik yang diterapkan dalam proses sunatan. Baik cara tradisional yang konvensional ataupun metode modern sebagai contoh menggunakan  tehnik sinar laser.     Disebut konvensional karena memang masih mengandalkan gunting adan atau pisau bedah, sedangkan laser karena memanfaatkan kawat pijar yang memiliki efek perdarahan minimal. {Baca juga: Sembuhkan Masuk Angin dengan Pengobatan Tradisional] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here