Apakah Konsumsi Buah Durian Berbahaya bagi Wanita Hamil?

10
10605
Durian Menoreh
Durian Menoreh

Indonesia menjadi istimewa bagi banyak orang karena ada hasil alam yang tak bisa dengan mudah ditemukan dan dinikmati pada tempat lain, salah satunya adalah keberadaan buah durian. Ya, buah durian adalah buah khas yang hanya terdapat di beberapa negara Asia Tenggara, salah satunya adalah di seantero bumi Nusantara ini. Oleh karenanya beberapa orang mengistilahkan buah durian sebagaimana buah kuldi pada masa nabi.

Sebagai buah khas, meski penampakannya tak begitu menarik dan cenderung memiliki resiko mencelakakan jika terkena durinya, namun buah satu ini banyak digemari bukan saja oleh orang-orang lokal, melainkan oleh para pendatang dari benua Eropa, tak peduli gender, baik pria ataupun wanita.         Dan meskipun merupakan buah nikmat, akan tetapi buah durian ini juga memiliki efek yang mampu mempengaruhi beberapa jenis orang, utamanya yang tak tahan dengan pengaruh panas setelah menyantapnya. Oleh karenanya bagi kaum perempuan hal ini juga memiliki resiko, khususnya bagi perempuan yang sedang mengandung bayi.

Wanita Ngidam

Menghadapi perempuan yang sedang mengandung, mungkin kita akan merasa kebingungan dan juga terbebani. Pasalnya akan ada banyak keinginan untuk mengonsumsi beberapa makanan yang juga akrab dengan sebutan ngidam. Meski ini membuat kita kewalahan, namun ngidam tetap merupakan perilaku wajar, hanya saja kita yang kudu memperhatikan makanan yang diidam-idamkan tersebut, apakah memiliki pengaruh terhadap kesehatan pada janin, ataupun tidak. Sebagai contoh, kita harus bersikap hati-hati terhadap jenis makanan pun minuman pedas, mengandung soda, mengandung alkohol, tanin (kadar teh), pun kafein.

Bagaimana dengan Buah Durian?

Lalu bagaimana dengan konsumsi buah durian bagi ibu hamil? Benarkah ibu hamil harus menghindari konsumsi buah durian karena berpengaruh pada kesehatan janin, sebagaimana yang telah lama disarankan banyak orang?

Beberapa ahli pernah mengungkapkan tentang buah durian ini, bahwa pada dasarnya durian tidak memiliki dampak buruk terhadap kesehatan ibu hamil. Akan tetapi ada yang butuh diketahui, yaitu ikhwal adanya dua kandungan zat yang memiliki kemungkinan berdampak pada kehamilan, yaitu asam arachidonat dan alkohol. Asam arachidonat adalah senyawa pada buah durian yang menjadikan biang dalam pembentukan prostaglandin, yaitu senyawa yang mampu merangsang kontraksi sehingga bisa menjadi sebab dari keguguran di awal kehamilan, serta kelahiran prematur pada usia kehamilan memasuki trimester akhir.

  • Kandungan zat asam arachidonat dan alkohol

Buah durian memiliki kandungan alkohol yang ditengarai akan mengakibatkan gangguan pada perkembangan janin pada kandungan, sehingga bukan tidak mungkin bisa mengakibatkan kelahiran prematur dengan berat badan yang rendah sekali sewaktu kelahiran. Namu kita tak perlu begitu khawatir apabila mengkonsumsi durian dalam jumlah yang tak begitu banyak. Artinya, baik durian ataupun jenis makanan dan minuman lain yang mengandung zat asam arachidonat dan alkohol, tidak akan memiliki pengaruh besar pada wanita hamil, dengan catatan mengoonsumsinya masih dalam keadaan segar, terjaga kebersihannya dan juga tidak berlebihan. Para ahli bahkan juga menyatakan, jika memang maniac sekali dengan buah durian, maka masih diperkenankan untuk mengkonsumsinya maksimal setengah buah dalam seharinya.

Olahan berbahan dasar durian

Selain durian, adakalanya terdapat ketakutan lain yang dialami para wanita hamil, yaitu mengkonsumsi produk olahan dengan bahan dasar durian.

Sebagaimana tersebut di atas, karena durian memiliki kadar alkohol maka pada umumnya produk olahan durian juga memiliki kadar zat alkohol serta arachidonat. Namun produk olahan ini tentu saja akan lebih rendah jika dibandingkan dengan kadar yang ada pada buah durian. Meski begitu, kewaspadaan tetap tak bisa dilupakan, karena alasan itu tak bisa pula digunakan untuk memberikan keleluasaan pada kita guna mengkonsumsi produk olahan durian berporsi besar.

  • Kadar lemak dan gula

Produk makanan olahan berupa es cream durian bisa dijadikan contoh, bahwa es cream ini selain mengandung durian, kenyataannya juga mengandung lemak tinggi dan juga gula berlebih. Oleh karenanya, apabila dikonsumsi terlalu banyak maka bukan tidak mungkin akan mengakibatkan beberapa gangguan kesehatan pada ibu dan janin.

Pada ibu hamil membatasi konsumsi lemak dan gula sangat penting demi mengontrol berat badan bayi , karena bayi dengan berat badan berlebih tentu akan memiliki resiko mengalami operasi caesar pada proses persalinannya.

  • Temporak fermentasi

Selain ice cream, ada produk olahan lain yang bisa dihasilkan dari buah durian, yaitu makanan bernama tempoyak sebagai produk olahan durian yang difermentasi. Tempoyak ataupun produk semacamnya kurang disarankan untuk dikonsumsi oleh para wanita hamil, karena bisa menimbulkan gangguan kesehatan pencernaan pada perempuan yang sedang mengandung.

Boleh, Tapi Jangan Berlebihan!

Pembicaraan masyarakat selama ini yang menganggap konsumsi buah durian bagi wanita hamil dapat mengakibatkan bayi dalam kandungan akan mengalami kepanasan, itu tidak benar. Lain dari itu, alasan tidak diperkenankan mengonsumsi durian berlebih bagi wanita hamil adalah cenderung pada kadar yang ada di dalamnya, yaitu alkohol serta zat asam. Artinya, ketika wanita hamil ngidam durian, dan lalu dilayani dengan porsi tepat, maka resiko gangguan juga akan kecil. Namun, bagi ibu hamil yang memiliki riwayat kesehatan diabetes, alangkah lebih baik jika menghindari konsumsi durian, sehingga kesehatan ibu an janin bisa lebih terjamin. [uth]

Sumber Rujukan;

[1] Bolehkan Ibu Hamil Makan Durian? bidanku.com Diakses pada 09 Oktober 2014

[2] Gambar Ilustrasi Durian pic.ikanmasteri.com Diakses pada 09 Oktober 2014

Berbagi dan Diskusi

10 COMMENTS

  1. […] Di pulau Jawa, generasi sekarang mungkin tak banyak lagi yang bisa menemukan orang berkebiasaan nyirih ataupun nginang. Padahal sepuluh tahun lalu kita masih bisa menemukannya dengan mudah. Sedangkan di wilayah lain, misalnya di bagian Papua, kegiatan semacam nyirih masih dilakukan oleh beberapa masyarakat, namun bukan menggunakan daun sirih. Melainkan buah pinang. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here