Biografi Kurt Cobain: Musik, Narkotika dan Kematian

2
2002
Biografi Kurt Cobain
Biografi Kurt Cobain

Biografi Kurt Cobain ditulis dalam beragam versi dan sudut pandang. Hal ini menunjukkan luasnya cakrawala untuk melihat pemusik yang diperkirakan bunuh diri pada 5 April 1994 ini. Cobain adalah sosok kompleks yang memengaruhi jagat permusikan dunia, sekaligus menunjukkan persoalan di Jantung manusia modern. Melalui Nirvana Cobain membangun spirit musikalitas yang baru, berbeda dengan umumnya musik populer saat ini. Sebagai Pribadi, Cobain menyajikan kompleksitas sebagai pemusik dan manusia umumnya.

Cobain lahir di Aberdeen pada 20 Februari 1967. Ia meninggal pada usia yang cukup muda di tengah gemerlap karirnya sebagai seorang pemusik. Meninggal di usia 27 tahun pada 5 April 1994, Cobain dan Nirvana menjadi salah satu ikon penting dalam musik modern.

Cobain adalah penyanyi (vokalis), penyanyi, penulis lagu dan gitaris. Ia menjadi salah satu ikon penting Nirvana yang berdiri pada tahun 1987. Berawal dari Band kecil di Aberdeen, Washington, Amerika Serikat, Nirvana menjelma menjadi salah satu band papan atas dunia dengan segala keunikannya sebagai band yang mengusung musik Grunge. Kelompok musik ini menginspirasi dan menjadi salah satu band  terbesar sepanjang masa.

Nirvana mulai dikenal dalam jagat permusikan melalui album Nevermind. Album ini mengusung lagu Smelss Like Teen Spirit yang cukup digemari pada waktu itu. Bersama dengan Krist Novoselic dan Dave Grohl, Cobain membangun Nirvana menjadi band berkelas yang disegani dengan corak musik khas: Grunge. Keberadaan Cobain sangat penting dalam band ini. Hal ini terbukti dengan bubarnya band ini paska kematian cobain pada tahun 1994 akibat bunuh diri.

Album pertama Nirvana dilepas sebagai album indie. Dengan corak Grunge, Nirvana meman pada awalnya tidak membidik pasar musik populer. Meski demikian, apresiasi atas musik yang dikemas trio ini cukup besar hingga saat ini. Lagu Smells Like Teen Spirit pernah masuk sebagai salah satu lagu terpopuler dalam Billboard Amerika. Album Nevermind diperkenalkan oleh Nirvana ke publik setelah bergabung dengan rumah produksi DGC pada tahun 1991. Album ini cukup bombastis. Tak kurang dari 400 ribu kopi laku di pasaran dalam durasi 1 minggu.

Cobain menikah dengan Courtney Love, vokalis Rock Hole, pada tahun 1992. Pelbagai kritik publik menyasar Love yang dituduh memanfaatkan popularitas Cobain untuk mendongkrak popularitasnya. Meski demikian, Cobain menyatakan dirinya jatuh cinta pada love. Pembelaan ini disampaikan Cobain untuk menetralisir pelbagai pandangan buruk tentang pasangan hidupnya.

Ketenaran Nirvana dan perkembangan masing-masing individu juga diiringi dengan kian maraknya pemakaian nartkotika. Heroin menjadi salah satu zat adiktif yang digemari oleh Cobain. Zat inilah yang ditengarai memperburuk keadaan fisik dan mental vokalis ini

Cobain bunuh diri pada tanggal 5 April 1994. Jenazahnya ditemukan di sebuah garasi di daerah Lake Washington. Kronologi bunuh diri ini terjadi cukup cepat. Pada Maret 1994 Cobain masih menyelessaikan konser di Munchen, Jerman. Selepas dari konser tersebut Cobain divonis mengindap bronkhitis akut. Ia sempat dirawat di Roma, Italia. Love, istri Cobain, sempat menyusul pada tanggal 3 Maret. Ia diizinkan pulang 5 hari setelah perawatan intensif di Rumah sakit di roma.

Kecanduan narkotika akut yang diderita oleh Cobain memaksanya untuk menjalani rehabilitasi. Ia menjalani beberapa hari di rumah rehabilitasi. Cobain melarikan diri dari panti rehabilitasi pada tanggal 30 Maret. Dengan memanjat pagar pusat rehabilitas Cobain pergi dan menuju ke Seatle. Sang Istri sempat menyewa seorang penyidik swasta untuk menemukan suaminya yang menghilang. Misteri hilangnya Cobain terjawab dengan diketemuannya jenzah vokalis Nirvana ini pad 8 April 1994. Ia diperkirakan telah bunuh diri pada 5 April. Seorang pegawai Veca Electric bernama Gary Smith menemukan vokalis itu tidak bernyawa. Cobain meninggalkan sepucuk surat di sakunya sebelum bunuh diri.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Biografi Kurt Cobain ditulis dalam beragam versi dan sudut pandang. Hal ini menunjukkan luasnya cakrawala untuk melihat pemusik yang diperkirakan bunuh diri pada 5 April 1994 ini. Cobain adalah sosok kompleks yang memengaruhi jagat permusikan dunia, sekaligus menunjukkan persoalan di Jantung manusia modern. Melalui Nirvana Cobain membangun spirit musikalitas yang baru, berbeda dengan umumnya musik populer saat ini. Sebagai Pribadi, Cobain menyajikan kompleksitas sebagai pemusik dan manusia umumnya.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here