Inilah Cara dan Ketentuan “Refund” Tiket Lion Air

1
27528
Cara Refund Tiket Lion Air
Cara Refund Tiket Lion Air

Refund tiket atau pengembalian dana pembelian tiket oleh maskapai penerbangan diterapkan secara berbeda oleh setiap maskapai. Kebijakan yang berbeda ini membuat calon pembeli perlu memertimbangkan syarat dan ketentuan sebelum membeli tiket penerbangan tertentu. Meski tidak bersepakat dengan kebijakan maskapai dalam penerapan tarif dan potongan yang berhubungan dengan perubahan jadwal atau pembatalan, konsumen tetap harus tunduk pada kebijakan maskapai tersebut.

[Baca juga: Cara Web Check In Online Garuda Indonesia]

Pengembalian uang konsumen terkait dengan tiket penerbangan biasanya terkait dengan beberapa hal, seperti pembatalan tiket, keterlambatan untuk terbang pada jadwal tertentu atau perubahan jadwal. Kesemua itu diatur secara rinci oleh setiap maskapai. Prosedur tersebut biasanya tertuang sebagai aturan kerja dan terkelola dalam sistem informasi. Hal ini yang menyebabkan penumpang tidak banyak dapat bernegosiasi terkait dengan biaya yang timbul akibat perubahan status tiket yang telah dibeli. Perubahan-perubahan tersebut, mau atau tidak, tunduk pada aturan yang ditetapkan oleh maskapai.

[Baca juga: Refund Tiket Garuda]

Berikut ini adalah beberapa aturan refund tiket yang berlaku pada maskapai Lion Air:

a. Perubahan Nama yang tertera pada tiket

Kesalahan dalam penulisan nama yang tertera dalam tiket dapat saja terjadi saat pembelian. Hal ini sering terjadi apabila pembelian dilakukan melalui kontak telepon. Perubahan nama mungkin dilakukan pada tiket Lion Air. Namun, perubahan hanya dapat diproses melalui call center di nomorĀ 0804-1-77-88-99.

b. Perubahan Rute

Lion Air tidak mengizinkan adanya perubahan rute pada tiket yang sudah dibeli.

c. Rebooking Tiket / refund

Persayaratan ketat berlaku pada proses rebooking dan refund tiket Lion Air. berikut ini adalah beberapa persyaratan tersebut:

  1. Proses dapat dilakukan melalui call centerĀ 0804-1-77-88-99 atau melalui konter resmi Lion Air, seperti di Bandara.
  2. Rebooking dilakukan minimal pada kelas penerbangan atau tiket yang sama.
  3. Biaya administrasi sebesar Rp. 50.000 apabila rebooking dilakukan kurang dari 48 jam. Selisih harga untuk pembelian tiket baru dibebankan kepada konsumen.
  4. Rebook yang dilakukan antara 24 – 2 jam sebelum pemberangkatan dikenakan biaya pembatalan sebesar 80% dari harga dasar biaya penerbangan (basic fare).
  5. Perubahan yang dilakukan kurang dari 2 jam akan dikenai biaya pembatalan sebesar 90% dari harga tiket.
  6. Perubahan untuk tiket anak tidak dikenai biaya admisnitrasi maupun biaya pembatalan.

Pihak maskapai berhak untuk membatalkan atau mengubah jadwal penerbangan dengan alasan teknis dan keselamatan penerbangan. Pengembalian dana 100% mungkin terjadi apabila pihak maskapai melakukan pembatalan perjalan secara sepihak denga pertimbangan tertentu.

———————-

Sumber Rujukan:

[1] Gambar Laman Website Resmi Lion Air. Diakses pada 21 Oktober 2014.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. […] Refund tiket atau pengembalian dana pembelian tiket oleh maskapai penerbangan diterapkan secara berbeda oleh setiap maskapai. Kebijakan yang berbeda ini membuat calon pembeli perlu memertimbangkan syarat dan ketentuan sebelum membeli tiket penerbangan tertentu. Meski tidak bersepakat dengan kebijakan maskapai dalam penerapan tarif dan potongan yang berhubungan dengan perubahan jadwal atau pembatalan, konsumen tetap harus tunduk pada kebijakan maskapai tersebut.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here