Mengenal Dokumen Manifes Perjalanan Maskapai dan Kapal Laut

7
9910
Manifest Perjalanan
Manifest Perjalanan

Manifes perjalanan merrupakan salah stau dokumen penting dalam penyelenggaraan jasa angkutan. Istilah ini kerap muncul saat terjadi kecelakaan pesawat atau kapal laut. Tidak semata itu, mengacu pada laporan Badan Pemeriksa Keuangan seperti dilansir detik.com, manifes menjadi salah satu rujukan untuk perjalanan dinas pegawai yang menggunakan biaya negara [1]. Hal tersebut menunjukkan pentingnya dokumen manifes bagi maskapai atau penyedia jasa angkutan laut. Lebih jauh, dokumen ini bermanfaat bagi pihak ketiga, seperti jasa asuransi.

Manifes secara umum adalah dokumen yang berisi daftar muatan yang diangkut menggunakan pesawat terbang atau kapal laut. Manifes memuat data penumpang, awak pesawat atau kapal berikut dengan pelbagai barang yang diangkut oleh moda transportasi tersebut. Informasi ini dikumpulkan sebelum keberangkatan pesawat atau kapal laut berdasarkan dafar penumpang yang daftar masuk (check in).

Dokumen ini pada dasarnya bermanfaat bagi maskapai atau jasa angkutan laut untuk memeriksa kelengkapan penumpang. Dokumen ini bersifat rahasia atau terbatas mengingat memuat data pribadi penumpang. Manifest akan memuat daftar nama setiap penumpang yang berangkat pada satu penerbangan atau pemberangkatan kapal laut.

Selain berfungsi untuk memastikan kehadiran penumpang, manifes dapat digunakan untuk memeriksa apakah keabsahan laporan atas perjalana. Jika seorang pegawai melakukan perjalanan dinas menggunakan moda transportasi laut atau udara, maka secara otomatis data perjalanan akan terindeks dan tersimpan. Hal ini mencegah adanya pemalsuan perjalanan yang dapat merugikan negara.

Dokumen manisfes juga bermanfaat untuk proses pencairan asuransi untuk kecelakaan transportasi. Pihak asuransi akan menggunakan data maskapai atau penyedia angkutan laut sebagai rujukan pencairan dana santunan. Hal ini yang menjadi alasan agar penumpang tidak menggunakan identitas orang lain dalam perjalanan beresiko di laut dan udara. Penggunaan nama orang lain berpeluang mencegah pencairan dana santunan asuransi apabila terjadi kecelakaan.

——

Sumber Rujukan

[1] Ini Dia Cara PNS Palsukan Biaya Perjalanan Dinas. Detik.com, diakses pada 21 Oktober 2014.

[2] Ilustrasi Dokumen Original. Pixabay.com, diakses pada 21 Oktober 2014.

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. […] Manifes perjalanan merrupakan salah stau dokumen penting dalam penyelenggaraan jasa angkutan. Istilah ini kerap muncul saat terjadi kecelakaan pesawat atau kapal laut. Tidak semata itu, mengacu pada laporan Badan Pemeriksa Keuangan seperti dilansir detik.com, manifes menjadi salah satu rujukan untuk perjalanan dinas pegawai yang menggunakan biaya negara . Hal tersebut menunjukkan pentingnya dokumen manifes bagi maskapai atau penyedia jasa angkutan laut. Lebih jauh, dokumen ini bermanfaat bagi pihak ketiga, seperti jasa asuransi.  […]

  2. […] Mengingat aktivitasnya memang berada di atas lautan luas, maka sudah tentu tempat yang ditinggali suku laut di kepulauan Riau ini sejak masa lampau adalah perahu-perahunya. Selain sebagai tempat tinggal, perahu ini pulalah yang dijadikan alat transportasi jika hendak bermigrasi dari pulau satu menuju pulau yang lainnya. [Baca juga: Mengenal Dokumen Manifes Perjalanan Maskapai dan Kapal Laut] […]

  3. […] Meskipun bentuk sarang tawon ini termasuk unik, namun ada yang menyatakan bahwa terdapat banyak batu jenis fosil lain yang juga menyerupainya. Sebagai contoh adalah teratai, lipan,  dan jenis fosil tumbuhan lain yang ada di lautan. [Baca juga: Mengenal Dokumen Manifes Perjalanan Maskapai dan Kapal Laut] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here