Air Terjun Madakaripura; Tempat Pamoksaan Mahapatih Gadjah Mada

11
2836
Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura

Terletak di kecamatan Lumbang, Probolinggo, air terjun Madakaripura masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Berbentuk ceruk dengan dikelilingi bukit yang menderaskan air pada seluruh bidang tebing, air terjun ini wajib dikunjungi para penjelajah yang pergi berwisata ke Jawa Timur.
Konon, di lokasi air terjun Madakaripura ini Mahapatih Gajah Mada melakukan semedi terakhir sebelum moksa menutup lembaran hidup.

Kisah Mahapatih Gajah Mada

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura (puspitadesi.com)

Gajah Mada adalah seorang panglima perang dan tokoh yang sangat berpengaruh pada zaman kerajaan Majapahit. Ia terkenal dengan Sumpah Palapa; tidak akan memakan palapa sebelum berhasil menyatukan Nusantara.           Dalam kitab Nagarakretagama diceritakan Hayam Wuruk sangat menghargai Gajah Mada sebagai Mahamantri Agung yang wira, bijaksana, serta berbakti kepada negara. Sang raja kemudian menganugerahkan dukuh Madakaripura yang berlokasi di Tongas, Probolinggo.

Tiba di Madakaripura saat malam purnama, Gajah Mada bertemu anak kecil sedang membakar damar untuk menghangatkan badan. Anak kecil yang kemudian diberi nama Damar Wulan ini diangkat menjadi murid. Kelak Damar Wulan menggantikan Sang Maha Prabu Hayam Wuruk dengan gelar Brawijaya V atau Kertabumi.      Di sekitar air terjun Madakaripura inilah akhirnya Gajah Mada mengundurkan diri dari peradaban bumi dengan cara moksa.

Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura bisa dicapai baik dari Malang maupun Probolinggo yaitu dengan naik bus besar dan turun di pertigaan Tongas. Perjalanan dilanjutkan menggunakan angkutan umum yang tarifnya harus ditawar sebelumnya. Menempuh rute kurang nyaman karena melewati daerah perbukitan dengan lembah dan jurang curam di kanan dan kiri jalan, perjalanan dari Tongas menuju Madakaripura penuh dengan pemandangan bagus.           Untuk lebih mudahnya sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi.

Akses Menuju Air Terjun

Ketika telah sampai di lokasi, Arca Gadjah Mada akan menjadi pemandangan sebagai penyambut kedatangan pengunjung di pelataran depan yang semakin memperkuat sejarah keberadaan air terjun.

Sementara guna mencapai air terjun hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki yang juga memakan waktu sekitar lebih dari satu jam karena lintasan yang gersang, dengan pepohonan tinggi, sungai berbatuan besar, tebing yang licin dan sempit, semuanya cukup menjadi penghalang utama.          Namun begitu, terdapatnya tujuh air terjun kecil berjarak lima meter sebelum air terjun besar serta derasnya guyuran air menampar-nampar basah setiap pengunjung yang melintas di bawahnya cukup menjadi hiburan tersendiri sehingga bisa mengurangi rasa capek yang ada.

Oleh karenanya mengenakan jas hujan, sepatu atau sandal gunung yang kuat dan tahan air sangat disarankan.

Air Terjun Utama

Setelah mendaki bukit besar dengan tebing yang licin dan sempit, tampaklah air terjun utama yang seolah seperti berada di dasar sebuah tabung raksasa karenalokasinya memang berada di ruang alam terbuka.

Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 200 meter dan dikelilingi tebing-tebing hijau yang tinggi, sementara hempasan air yang meluncur deras menghasilkan panorama menakjubkan yang bahkan acap terlihat pula penampakan pelangi akibat bias cahaya dan semburan deras air.

Waktu Bertandang

Menuju tempat ini disarankan untuk berangkat sepagi mungkin agar bisa menikmati keindahan air terjun Madakaripura sepuasnya.   Karena apabila kesiangan, maka lebih dari pukul 14:00 akan sering terjadi ujan yang bisa meningkatkan debit air terjun, sehingga mengakibatkan pengunjung sulit meninggalkan lokasi.

Tirta Sewana

Sampai sekarang air terjun Madakaripura masih dikeramatkan dan dianggap suci oleh umat Hindu sebagai Tirta Sewana atau air suci. Setiap tahun masyarakat Tengger yang tinggal di sekitar Gunung Bromo menggunakan air terjun Madakaripura sebagai air suci dalam proses Mendhak Tirta dua hari sebelum rangkaian upacara Yadnya Kasada. [uth]

Sumber Rujukan;

[1] Air terjun Madakaripura travel.detik.com Diakses pada 23 Oktober 2014

[2] Air terjun Madakaripura id.wikipedia.org Diakses pada 23 Oktober 2014

[3] Gambar Air terjun Madakaripura diambil oleh Desi Puspitasari  puspitadesi.com Diakses pada 23 Oktober 2014

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here