Inilah Penyebab Sulit Hamil Setelah Anak Pertama

5
1720
Penyebab Sulit Hamil
Penyebab Sulit Hamil

Memiliki putera, anak atau keturunan menjadi salah satu impian setiap orang ketika membangun keluarga. Tak jarang pasangan suami dan istri mengharapkan kelahiran anak tidak tunggal. Sangatlah jarang ditemukan pasangan yang hanya bercita-cita untuk memiliki satu orang anak saja.

[Baca juga: Makanan Pantangan Ibu Hamil]

Hamil kembali tidak sekedar merupakan proses biologis. Hal ini perlu dipersiapkan secara seksama. Orangtua perlu memikirkan dan merencanakan segala hal yang terkait dengan kelahiran putera kedua dan selanjutnya. Hal ini tidak semata berimplikasi pada situasi fisik tetapi juga pada persoalan lain, seperti ekonomi, sosial dan pekerjaan.

Keinginan memiliki anak kedua dan ketiga tidak sepenuhnya mulus pada setiap orang. Tak jarang memiliki anak kedua jauh lebih sulit dibandingkan dengan memiliki anak pertama. Bagi keluarga yang berharap memiliki anak lebih dari 1 hal ini akan menjadi sumber kecemasan dan kekhawatiran tersendiri.

[Baca: Juga Fase perkembangan Janin]

Kegagalan menghadirkan putera kedua seringkali terkait dengan situasi infertilitas sekunder. Situasi di mana ibu mengalami gangguan kesuburan yang menyebabkan kegagalan pembuahan saat hubungan seksual dilakukan. Situasi infertilitas sekunder tampak apabila ibu tidak menggunakan kontrasepsi dengan rutinitas hubungan seksual 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Sulit hamil disebabkan oleh pelbagai faktor meski infertilitas sekunder seringkali dikaitkan dengan usia ibu. Memang usia memengaruhi kesuburan, meski demikian hal ini tidak sepenuhnya menjadi faktor yang tunggal. Trdapat beberapa penyebab lain yang menyebabkan kesulitan hamil.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menimbulkan situasi sulit hamil pada ibu. Aspek-aspek ini terkait dengan proses ovulasi pada perempuan.

1. Menopause dini

Menopause memang dikenal sebagai gejala yang umumnya terjadi saat perempuan berusia lebih dari 40 tahun. Meski demikian, menopause sebelum usia 40 tahun juga berkemungkinan terjadi pada perempuan. Menopause dini terjadi apabila perempuan kehilangan fungsi dari ovarium atau indung telur. Pelbagai penyebab bisa saja menjadi pemicu hal ini, seperti radiasi.

2. Sindrom Ovarium Polikistik

Sindrom ini menjelaskan tentang produksi hormon androgen secara berlebihan. Akibatnya adalah infertilitas pada perempuan. Penyakit seksual menular dapat menjadi salah satu pemicu hal ini.

3. Kerusakan pada Tuba atau Saluran Telur

Radang yang terjadi pada saluran telur atau tuba dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan. Penyumbatan menyebabkan infertilitas akibat kegagalan sel sperma untuk membuahi sel telur. Penyakit kelamin menjadi salah satu penyebab penyumbatan ini terjadi.

[baca juga: penyebab kematian ibu hamil]

4. endometriosis

Istilah ini menunjukkan situasi jaringan rahim pada tubuh yang bergeser atau berada di luar rahim. Kondisi ini menyebabkan gangguan pada indung telur sehingga sperma gagal membuahi.

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here