Inilah Siklus Menstruasi Setelah Melahirkan

8
14485
Puasa saat sedang hamil dan menyusui

Siklus menstruasi paska melahirkan menjadi salah sato topik penting dalam diskusi seputar perempuan dan keluarga. Bagaimana pun, haid dan melahirkan adalah fenomena wajar dan alamiah dari perjalanan hidup perempuan. Keduanya pasti menimbulkan konsekueansi fisik dan mental berbeda bagi setiap perempuan yang mengalami.

Haid atau menstruasi –sering disebuat sebatas mens– merupakan penanda kematangan biologis perempuan. Haid menandakan kematangan organ reproduksi perempuan. Saat pertama kali haid, perempuan dinyatakan dewasa dalam makna telah memiliki sistem reproduksi aktif. Karena itu, pendidikan seks menjadi hal penting untuk memberikan pengetahuan dan pembelajaran secara tepat dan proporsional.

[Baca Juga: Ragam Keluhan Kehamilan dan cara mengatasinya]

Perubahan hormon secara cepat adalah hal wajar pada perempuan. Dengan siklus biologis alamiah yang cepat berubah perempuan juga mengalami perubahan hormonal yang cepat. Haid, hamil dan melahirkan adalah 3 peristiwa yang banyak mendorong perubahan hormonal. Ketiganya terkait satu dengan lainnya.

Perubahan hormon terbesar terjadi pada saat perempuan mengalami kehamilan. Hal ini juga mendorong perubahan biologis lainnya yang secara alamiah terjadi untuk menyiapkan diri menampung bayi yang berkembang secara gradual. Perubahan pada saat kehamilan akan diikuti oleh peruabahan fisik paska kehamilan. Salah satu hal yang mencolok adalah kemungkinan adanya perubahan siklus menstruasi paska kehamilan.

Paska melahirkan, perempuan masih akan mengalami keluarnya darah dari liang persalinan. Secara alamiah tubuh perempuan memiliki mekanisme membersihkan diri dari lokhia: pendarahan yang terjadi semasa persalinan, lendir dan jaringan yang rusak. Selama 4-5 minggu beberapa cairan yang mirip dengan darah haid masih akan keluar. Perlahan, jumlah lokhia yang keluar akan menurun sampai menghilang. Cairan ini sering sekali disebut sebagai nifas.

Periode Haid Paska Melahirkan dan kehamilan

Siklus haid paska kehamilan atau melahirkan biasanya masih tidak menentu. Hampir semua perempuan mengalami hal ini paska melahirkan. Masa paling cepat bagi perempuan untuk haid pertama paska melahirkan adalah 10 minggu. Meski demikian, siklus haid umumnya baru akan pulih pada pola sebelum kehamilan setelah 6-7 bulan paska melahirkan. Ada pula perempuan yang mengalami kekacauan siklus haid selama 1 tahun.

[Baca juga: Bahaya darah tinggi saat hamil]

Kemungkinan kembalinya siklus haid menjadi siklus sebelum melahirkan sangat tergantung oleh pelbagai faktor. Perempuan harus menyadari bahwa paska melahirkan perubahan hormon yang terjadi akibat proses menyusui masih terjadi. Hal ini berkemungkinan besar memengaruhi lamanya proses pemulihan siklus ke model pertama sebelum melahirkan. Produksi prolaktin yang bertugas untuk merangsang produksi susu status kesuburan perempuan. Hal inilah yang akan menimbulkan gejala tidak teraturnya haid perempuan. 

Berbagi dan Diskusi

8 COMMENTS

  1. […] Siklus haid paska kehamilan atau melahirkan biasanya masih tidak menentu. Hampir semua perempuan mengalami hal ini paska melahirkan. Masa paling cepat bagi perempuan untuk haid pertama paska melahirkan adalah 10 minggu. Meski demikian, siklus haid umumnya baru akan pulih pada pola sebelum kehamilan setelah 6-7 bulan paska melahirkan. Ada pula perempuan yang mengalami kekacauan siklus haid selama 1 tahun.  […]

  2. […] Hal ini didasarkan pada sebuah studi yang dilakukan bulan April 2015.    Sebanyak 80 murid perempuan Ilam University of Medical Sciences di Iran dibagi dua, bagian pertama diberikan pil kayu manis dan dimohon segera mengonsumsinya, dan bagian keduanya adalah mereka yang mendapatkan jatah konsumsi plasebo. Hasil yang didapat menunjukkan bahwa terjadi penguranan rasa sakit bagi mereka yang konsumsi pil kayu manis, dibanding yang mengonsumsi plasebo. [Baca juga: Inilah Siklus Menstruasi Setelah Melahirkan] […]

  3. […] Hal di atas bisa dipahami ketika kita juga mau mengerti bahwa meskipun kita tidak menggunduli Si Kecil, namun rambut bawaan lahir tersebut akan rontok seluruhnya, yang kemudian bakal digantikan dengan rambut baru.    Dalam dunia medis, rambut inilah yang dinamakan sebagai lanugo. Yaitu satu jenis rambut yang biasanya akan menghilang secara otomatis di usia 32 hingga 36 minggu kehamilan. Karenanya, rambut ini biasa dijumpai pada anak yang lahir. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here