Apa Itu Bee Pollen dan Apa Efek Sampingnya?

3
22207
Manfaat Bee Pollen
Manfaat Bee Pollen

Bee pollen memang belum menjadi salah satu jenis obat dan sumber gizi yang terkenal di Indonesia. Bee pollen masih dikenal oleh kalangan terbatas. Penggunaan jenis makanan ini seringkali masih diidentikkan dengan pengobatan alternatif. Meski demikian, bee pollen merupakan salah satu sumber makanan dengan kadar protein yang sangat tinggi. Tingginya kadar protein yang terkandung pada makanan inilah yang menyebabkan munculnya alergi pada orang-orang yang mengkonsumsi bee pollen pertama kali. Alergi ini disebabkan oleh reaksi tubuh atas masuknya protein dalam kadar yang cukup besar.

Apakah Itu Bee Pollen?

Bee pollen –seperti diawali dengan kata “bee” yang berarti lebah– diproduksi oleh lebah sebagai sumber makanan lebah yang masih muda. Pollen dikenal sebagai salah satu zat yang mengandung kelengkapan gizi yang cukup tinggi. Kadar nutrisi tersebut cukup baik untuk perkembangan tubuh manusia. Diperkirakan bee pollen mengandung sekitar 40% protein. Selain itu terdapat pula beberapa kadar lainnya, seperti vitamin termasuk B kompleks dan zat asam amino dan beberapa jenis asam lainnya[1].

Bee Pollen memiliki kandungan protein yang lebih kaya dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya. Di lain sisi, pollen mengandung amino lebih tinggi dari beberapa jenis makanan yang dikenal memiliki amino lebih, seperti kuning telur dan keju.

Apakah Zat Pembentuk Bee Pollen?

Bee Pollen terbentuk dari sari bunga yang dibawa oleh lebah ke dalam sarang. Sari bunga sebagian menjadi madu dan sebagian lainnya menjadi zat ini.  Serbuk sari yang dibawa oleh lebah ke dalam sarang menjadi makanan utama bagi lebah yang muda. Serbuk sari bunga dikenal sebagai sumber makanan yang lengkap. Sebagai cikal buah dan bibit, serbuk sari mengandung pelbagai zat yang berfungsi untuk meneruskan regenerasi tumbuhan. Serbuk sari lebah biasanya terbentuk dari pelbagai serbuk sari bunga.

Bagaimana Konsumsi Bee Pollen?

Bee Pollen dengan segala kandungannya dapat dikonsumsi sebagai nutrisi tambahan atau sebagai bahan atau sumber obat. Sebagai obat bee pollen sering disebut memiliki khasiat mengobati penyakit, seperti asma, alergi, persoalan pencernaan hingga menjaga metabolisme tubuh. Meski demikian, konsultasi ke dokter sebelum mengkonsumsi bee pollen sangat dianjurkan [2].

Apa Efek Samping Bee Pollen?

Efek Samping Bee Pollen perlu diwaspadai. Kewaspadaan perlu ditingkatkan apabila Anda pertama kali mengkonsumsi makanan ini dan jika anda berniat mengkonsumsi makanan ini dalam jangka waktu yang panjang. Reaksi tubuh berupa alergi merupakan salah satu resiko terbesar yang kerap muncul. Tingginya protein dalam bee pollen memancing reaksi tubuh. Reaksi berupa alergi, seperti pembengkakan pada beberapa bagian tubuh, rasa gatal yang kuat hingga kulit yang memerah merupakan salah satu resiko atau efek samping konsumsi bee pollen. Sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum konsumsi. Selain itu, konsumsi bee pollen pertama kali baiknya memertimbangkan jumlah pollen yang dimakan. Baiknya, saat pertama kali bee pollen dikonsumsi secara terbatas, seperti seujung sendok makan (bukan penuh).

Apakah Bee Pollen Aman dikonsumsi?

Konsumsi Bee Pollen pada dasarnya aman. Meski demikian konsultasi kepada dokter sangat dianjurkan sebelum konsumsi ini terutama untuk konsumsi jangka panjang. Bee Pollen perlu disadari dapat membangkitkan beberapa reaksi alergi, seperti gangguan pernafasan, gatal dan pembengkakan pada beberapa bagian tubuh. Pastikan anda tidak memiliki alergi tertentu apabila mengkonsumsi. Ibu Hamil sebaiknya menghindari konsumsi makanan ini.  Bee Pollen masuk sebagai salah satu makanan pantangan selama ibu hamil.

[Baca Juga: Daftar Makanan Pantangan bagi Ibu Hamil]

—-

Sumber Rujukan

[1] 10 Amazing Benefits of Bee Pollen. Food Matters, diakses pada 10 November 2014

[2] Bee Pollen Benefits and Side Effect. WebMD, diakses pada 10 November 2014.

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Bee pollen memang belum menjadi salah satu jenis obat dan sumber gizi yang terkenal di Indonesia. Bee pollen masih dikenal oleh kalangan terbatas. Penggunaan jenis makanan ini seringkali masih diidentikkan dengan pengobatan alternatif. Meski demikian, bee pollen merupakan salah satu sumber makanan dengan kadar protein yang sangat tinggi. Tingginya kadar protein yang terkandung pada makanan inilah yang menyebabkan munculnya alergi pada orang-orang yang mengkonsumsi bee pollen pertama kali. Alergi ini disebabkan oleh reaksi tubuh atas masuknya protein dalam kadar yang cukup besar.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here