Inilah Alasan Perlunya Mengurangi Konsumsi Gula

7
1263
mengurangi gula
mengurangi gula

Apakah efek dari konsumsi gula? Seberapa banyak kadar gula yang ditoleransi untuk dikonsumsi? Kedua pertanyaan tersebut kian sering terdengar. Kian maraknya penyakit gula –di tengah masyarakat dikenal dengan istilah kencing manis– menyebabkan kian terkenalnya “efek gula” bagi kesehatan tubuh manusia.

Gula telah menjadi bagian dari kehidupan manusia sehari-hari, disadari atau tidak. Orang mengkonsumsi gula secara sengaja maupun tidak sengaja. Konsumsi gula secara sengaja dilakukan dengan mencampurkan serbuk atau zat gula yang terekstrak –berupa gula pasir, gula coklat, gula semut, gula batu– ke dalam makanan atau minuman. Konsumsi gula secara tidak langsung terjadi saat seseorang mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gula, seperti nasi dan buah.

[Baca juga: Mengenal Penyakit asma]

 

Pada kadar tertentu manusia membutuhkan gula sebagai bahan enersi. Pada kadar yang berlebihan, gula menjadi ancaman bagi tubuh manusia. Konsumsi gula secara berlebih berpotensi menimbulkan penyakit bagi manusia. Terkait dengan hal tersebut, inilah beberapa alasan mengapa gula perlu dikurangi dalam konsumsi sehari-hari.

[Baca Juga: Menjaga Stabilitas Kadar Gula dalam Darah]

Tingkat Kadar Gula Darah

Konsumsi gula dapat menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah. Naiknya kadar gula hingga ambang maksimal menyebabkan resistensi insulin, prediabetes dan bahkan penyakit diabetes atau kencing manis. Konsumsi gula secara berlebihan berimplikasi secara langsung kepada beberapa jaringan tubuh, seperti ginjal, hati dan jantung. Konsumsi gula secara ekstrem bahkan bisa menimbulkan gangguan mata.

Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Gangguan kekebalan tubuh turut disumbang oleh kadar gula. Sistem kekebalan pada tubuh dengan kadar gula tinggi akan melemah. Hal ini disebabkan tingginya kadar gula dapat mengganggu aktivitas sistem kekebalan tubuh yang menjaga jaringan tubuh dari serangan bakteri.

Gangguan Keseimbangan Mineral Pada Tubuh 

Kadar gula yang melampaui ambang normal dapat menyebabkan ganguan penyerapan mineral oleh jaringan tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh kekurangan beberapa jenis mineral yang dibutuhkan untuk metabolisme, mengganti dan memerbaiki sel. Kalsium adalah salah satu jenis mineral yang akan terganggu apabila tubuh memiliki kadar gula cukup tinggi.

Kesehatan Kulit

Kulit seringkali menjadi perhatian bagi setiap orang. Kulit adalah bagian terluar tubuh yang sangat mudah diperhatikan segala perubahannya. Tingginya kadar gula dalam tubuh membantu penumpukan lemak. Hal ini akan menggangu elastisitas kulit manusia. Hal ini menyebabkan pengidap penyakit diabetes memiliki kulit yang suram.

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. […] pApakah efek dari konsumsi gula? Seberapa banyak kadar gula yang ditoleransi untuk dikonsumsi? Kedua pertanyaan tersebut kian sering terdengar. Kian maraknya penyakit gula –di tengah masyarakat dikenal dengan istilah kencing manis– menyebabkan kian terkenalnya "efek gula" bagi kesehatan tubuh manusia.  […]

  2. […] Apakah efek dari konsumsi gula? Seberapa banyak kadar gula yang ditoleransi untuk dikonsumsi? Kedua pertanyaan tersebut kian sering terdengar. Kian maraknya penyakit gula –di tengah masyarakat dikenal dengan istilah kencing manis– menyebabkan kian terkenalnya "efek gula" bagi kesehatan tubuh manusia.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here