Definisi dan Ragam Penyakit Stroke

5
2216
Apa itu Stroke?
Apa itu Stroke?

Stroke menjadi salah satu penyakit paling ditakuti dewasa ini. Angka pengidap penyakit ini kian ameningkat dari tahun ke tahun. Stroke yang semula identik dengan penyakit orang dewasa belakang ini terbukti dapat pula menyerang anak. Willow Page, gadis berusia 13 bulan asal Northamton, Inggris terkena stroke 3 kali [1]. Hal ini menunjukkan bahwa stroke tidak lagi semata ancaman bagi orang dewasa. Gaya hidup dan makanan ditengarai menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kian tingginya angka pengidap penyakit ini.

Stroke menjadi salah satu penyakit paling mematikan. Penyakit ini menjadi penyebab utama diabilitas di Amerika Serikat. Setiap tahun sekitar 800.000 kasus stroke terjadi di negara tersebut. Empat orang Amerika Serikat diperkirakan mati setiap 4 menit akibat penyakit ini [2].

Apakah penyakit stroke?

Penyakit stroke termasuk dalam kategori penyakit kardiovaskular. Stroke adalah situasi terhentinya aliran darah atau oksigen ke bagian otak manusia. Kekurangan oksigen akibat macetnya aliran darah ke dalam otak menyebabkan bagian otak tertentu tidak dapat beroperasi sesuai dengan fungsinya [3].

Fakta-Fakta Seputar Penyakit Stroke

Amerika Serikat menjadi salah satu negara yang memiliki kelengkapan data kesehatan cukup baik. Negara ini membangun kajian dan statistika cukup baik untuk menunjukkan ancaman penyakit stroke di kalangangan masyarakat Amerika. Mengacu pada data Centers for Diseases Control and Prevention (CDC), pelbagai fakta menunjukkan bagaiama stroke menjadi bagian dari masyarakat Amerika Serikat [4]. Berikut ini adalah beberapa fakta seputar stroke di Amerika:

  1. Setiap 4 menit 1 orang Amerika terkena stroke;
  2. Hampir 130.000 orang yang terserang penyakit stroke meninggal setiap tahunnya;
  3. Sejumlah 795.000 orang di Amerika setiap tahun terjangkit penyakit stroke;
  4. Sejumlah 610.000 orang terkena stroke pertama kali dari angka 795.000;
  5. Sebesar 87% pengidap stroke terkena stroke dalam kategori isemik.
  6. Stroke menghabiskan biaya sebesar $ 36,5 Milyar setiap tahun.
  7. Penyakit ini menjadi penyebab terbesar disabilitas jangka panjang di Amerika.
Peta Sebaran Stroke. Sumber CDC
Peta Sebaran Stroke. Sumber CDC

Jenis Penyakit Stroke

Penyakit stroke pada umumnya terbagi menjadi dua jenis utama, yaitu Iskemik (Ischemic Stroke) dan Hemoragik. Kedua jenis stroke ini dibedakan berdasarkan sebab dan pola kerusakan yang menjadi penyebabnya. Mski berbeda, keduanya tetap merupakan penyakit yang mematikan dan dapat menimbulkan kerusakan jaringan otak secara permanen.

Tekanan darah tinggi menjadi salah satu faktor penyebab terbesar terjadinya stroke. Selain itu darah tinggi juga dapat berimplikasi pada kesehatan jantung dan ginjal.

[Baca Juga: Penyebab penyakit Jantung]

Stroke  Iskemik

Stroke jenis ini terjadi akibat adanya penyumbatan pembuluh yang menjadi saluran utama masuknya darah ke otak yang juga turut membawa oksigen. Jenis stroke ini merupakan stroke yan paling umum terjadi. Penumpukan lemak yang membentuk plak pada pembuluh darah menjadi penyebab utamanya. Kolesterol menjadi salah satu zat yang dapat mengendap dan menumpuk pada saluran arteri darah. Penumpukan yang berkelanjutan menyebabkan terhentinya pasokan darah ke dalam otak [5].

[Baca Juga: Mencegah Penyakit Ginjal ]

Stroke Hemoragik

Stroke hemoragik terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di otak. Pecahnya pembuluh mengakibatkan dua kemungkinan, yaitu terhentinya suplai darah ke otak, atau otak yang dibanjiri oleh darah yang mengakibatkan kerusakan jaringan dan fungsi otak.

————————

Sumber rujukan:

[1] Willow Page, Gadis 13 Bulan yang “Meninggal” 3 Kali dan Terkena Stroke. Detik Health, diakses pada 15 November 2014.

[2] Stroke. cdc.gov, diakses pada 15 November 2014

[3] What is Stroke?. Stroke.org, diakses pada 15 November 2014.

[4] Stroke Facts. CDC, diakses pada 15 November 2014.

[5] What is Stroke? What Causes Stroke?. Medical News Today, diakses pada 15 November 2014.

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

  1. […] Gangguan OSA yang salah satu tandanya terlihat dari tidur mendengkur menjadi hal yang tak bisa disepelekan, krena gangguan ini ada bukan tidak mungkin akan menyebabkan nyawa melaytang.    Bahkan jika tak diperhatikan, OSA juga menjadi hal yang sangat berkaitan dengan terjadinya serangan jantung, stroke, ataupun demensia. [Baca juga: Definisi dan Ragam Penyakit Stroke] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here