Kenali Ragam Kopi Indonesia

6
1630
Jenis kopi Indonesia
Jenis kopi Indonesia

Indonesia menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar. Indonesia menjadi penghasil kopi terbesar di dunia pada tahun 2011 setelah Vietnam dan Brazil. Indonesia dengan bentangan alam dengan karakter yang berbeda menghasilkan kopi dengan kualitas dan citarasa yang bermacam pula. Kopi luwak adalah salah satu kopi olahan Indononesia yang cukup dikenal di luar negeri.

Luasnya wilayah Indonesia dengan perbedaan tingkat ketinggian, ragam kandungan tanah dan tingkat curah hujan yang berbeda menghasilkan citarasa kopi yang beragam pula. Satu jenis kopi yang berasal dari wilayah berbeda akan menghasilkan citarasa kopi yang memiliki ciri khas berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa jenis kopi Indonesia:

Kopi Bengkulu

Bengkulu adalah salah satu provinsi di Sumatera bagian selatan. Provinsi ini tidak saja memiliki wilayah pantai, tetapi juga memiliki wilayah pegunungan yang cocok ditanami tanaman kopi. Robusta adalah jenis kopi yang umum ditanam di Bengkulu. Ciri khas kopi Bengkulu adalah rasa pahit dengan ampas yang relatif sedikit. Inilah yang menyebabkan kopi Bengkulu menjadi salah satu pilihan bagi penggemar kopi pahit.

[Baca juga: Tempat Wisata di Provinsi Bengkulu]

Kopi Gayo Aceh

Kopi Gayo Aceh identik dengan kopi arabika. Kopi jenis ini diperkirakan telah ditanam di Aceh sejak tahun 1918. Kopi gayo terkenal dengan citarasa yang gurih dan ketajaman aroma yang khas. Kopi dengan keasaman rendah menjadi ciri khas dari kopi asal Aceh ini.

Kopi Toraja

Tanah Toraja terkenal dengan eksotisme kebudayaan. Bagi penggemar kopi, Toraja juga dikenal dengan citarasa kopi yang khas. Toraja unik dengan kekhasan rasa asam dan pahit. Tekstur rasa yang padat dan mengandung rasa rempah adalah rasa lain yang lekat pada kopi khas Toraja ini. Meski pahit, rasa pahit kopi Toraja tidak lama di lidah. Sejenak setelah diseruput, rasa pahit akan hilang dari lidah.

Kopi Mandailing

Kopi Mandailing terkenal dengan ketajaman tekstur rasa di lidah. Keasaman kopi ini cukup rendah jika dibandingkan dengan kopi lainnya. Meski demikian, kekentalan menjadi ciri khas dari kopi ini. Kopi Mandailing lebih terasa kental dibandingkan dengan beberapa kopi lainnya yang berjenis sama.

Kopi Wamena

Kopi Kintamani adalah sebutan lain yang cukup populer untuk kopi Bali. Kopi ini juga dikenal sebagai kopi paling “manis” di antara deretan kopi Indonesia lainnya. Bagi yang tidak suka keasaman kopi  tinggi, kopi ini mungkin bukan menjadi pilihan utama mengingat kadar keasaman yang cukup tinggi.

 

 

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

  1. […] Jenis kopi Indonesia menjadi salah satu daya tarik tersendiri negeri khatulistiwa ini. Luasnya wilayah Indonesia dengan perbedaan tingkat ketinggian, ragam kandungan tanah dan tingkat curah hujan yang berbeda menghasilkan citarasa kopi yang beragam pula. Satu jenis kopi yang berasal dari wilayah berbeda akan menghasilkan citarasa kopi yang memiliki ciri khas berbeda pula. Berikut ini adalah beberapa jenis kopi Indonesia:  […]

  2. […] Coffee maker alias mesin pembuat kopi merupakan alat yang sangat mempermudah kita dalam menikmati dan menyajikan kopi, karena darinya kita bukan saja memperoleh kopi yang lebih enak, namun juga mendapatkan kepraktisan.   Namun ada hal yang butuh disadari, bahwa ada banyak bakteri dan kuman yang bisa tumbuh dan berkembang di tempat tersebut karena lingkungannya yang sangat gelap serta lembab. [Baca juga: Kenali Ragam Kopi Indonesia] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here