Pahami Istilah Hotel Agar Tidak Salah Memesan Layanan

7
84753
Room with Double Bed in Hotel
Room with Double Bed in Hotel

Saat ini bepergian dan lalu menginap di suatu hotel menjadi hal yang lazim dilakukan bukan saja oleh mereka yang akrab dengan kegiatan bisnis dan para pengusaha yang acap diidentikan dengan kemampuan membayar kamar hotel. Karena bagi yang gemar melancong dengan tujuan berwisata pun ‘backpacking’ dan atau mereka yang bepergian sekedar menyambangi teman, telah terbiasa menginap di suatu hotel.

Namun dalam bertransaksi membuka kamar (istilah lain untuk memesan kamar -red) hotel tak sedikit orang melakukan hal yang kurang tepat, sehingga mengakibatkan kesalahpahaman antara pemesan dan petugas hotel (hotelier). Sejatinya ada banyak hal yang salah-kaprah, salah satunya adalah penyebutan untuk kamar dengan fasilitas tempat tidur ‘single bed’ berbanding fasilitas ‘double bed.’

Kesalahpahaman Double Bed dan Single Bed

Dari dua jenis fasilitas tempat tidur tersebut bisa menimbulkan kesalah-pahaman antara pemesan kamar dan petugas hotel karena ada pemahaman berbeda di antara keduanya. Banyak dari kita –utamanya yang tak paham istilah perhotelan, memesan kamar double bed karena menghendaki dua tempat tidur pada satu kamar, padahal hal itu merupakan pemahaman yang salah. Kenapa bisa salah? Karena double bed sejatinya adalah istilah untuk menyebutkan kamar berfasilitas tempat tidur besar dan memiliki kapasitas standar untuk tidur dua orang (double). Tempat tidur besar ini acap pula dinamakan sebagai ‘king size.’ Sedangkan single bed adalah kamar dengan tempat tidur berkapasitas satu orang, jumlah tempat tidurnya bisa hanya satu namun bisa juga dua, bergantung pada besar-kecilnya sebuah kamar.

Jenis Tempat Tidur di Hotel

Kesalahpahaman yang terjadi biasanya akan disadari ketika calon tamu telah mendatangi hotel dan lalu menuju meja resepsionis untuk melakukan Check In.     Demi menghindari kesalahpahaman antara pemesan kamar dan petugas hotel karena ada pemahaman berbeda yang tak jarang menjadi perselisihan ini, maka aalangkah baiknya jika kita memahami dahulu berbagai jenis tempat tidur yang ada di hotel sesuai istilah dalam perhotelan.

  • Single Bed

Single bed merupakan ranjang yang digolongkan paling kecil dalam satu hotel, sebagai contoh ukuran adalah 90cm x 195cm. Melihat ukuran tersbeut, tentu saja tempat tidur ini hanya ideal dikenakan untuk satu orang. Dalam satu kamar ada yang menyediakan single bed ini hanya satu saja, namun ada pula yang menyediakannya lebih. Bergantung dari ukuran kamar yang tersedia.

  • Super Single Bed

Hampir mirip dengan single bed, hanya saja ukuran tempat tidur ‘super single bed’ ini ada di atasnya. Sebagai contoh adalah ukuran 135cm x 195cm. Hal ini tentu dmei mengakomodasi tamu yang memiliki badan besar.

  • Twin Bed

Sebagaimana istilah ‘twin’ yang memiliki arti ‘kembar,’ maka ada lebih dari satu ranjang dalam satu kamar hotel dan memiliki wujud serupa. Jenis tempat tidur ini bisa berukuran single bed atau bisa juga dengan ukuran super single bed.

  • Queen Bed

Adalah kamar hotel yang memiliki fasilitas tempat tidur berukuran sedang, tak terlalu besar namun juga tak terlalu kecil, sebagai contoh adalah ranjang yang memiliki ukuran kurang-lebih 160cm x 195cm.

  • King Bed

King Bed merupakan bentuk ranjang berukuran di atas queen bed, yaitu sekira 180cm x 195cm. Mengacu pada ukurannya, tentu saja ranjang ini memiliki kapasitas lebih dari satu orang.

  • Double Bed

Seperti telah tertuliskan di atas, penyebutan istilah double bed ini menjadi salah-kaprah bagi sebagian orang, karena acap tertukar dengan pengertian mengenai ranjang single bed. Double bed sejatinya adalah ranjang besar yang muat apabila ditempati oleh dua orang, maka disebut double. Sama sekali bukan kamar dengan dua tempat tidur. Jenis dan ukuran ranjang pada kamar double bed ini bisa berupa queen ataupun king. Selain sebutan double bed, ada pula yang menjulukinya dengan istilah Large Bed.

  • Bunk Bed

Ini adalah istilah untuk kamar dengan fasilitas tempat tidur susun. Jenis ranjang ini memang jarang dijumpai di hotel berbintang, karena biasanya hanya ada pada hostel ataupun dormitory.

  • Extra Bed

Sesuai namanya, extra merupakan ranjang tambahan yang biasanya berujud kasur lipat dengan ukuran single. Ranjang ini disediakan oleh petugas hotel biasanya berdasar permintaan dari sang tamu, dan biasanya dikenai tambahan biaya, sedang ketersediaan tempat tidur ini juga sangat terbatas. Jadi apabila tingkat hunian hotel sedang ramai ataupun penuh (full book), permintaan extra bed ini juga menjadi hal yang tak mudah.

Demikian beberapa ragam tempat tidur yang tersedia di hotel. Meski telah memahami istilah tersebut, ada baiknya ketika melakukan reservasi ataupun booking pada suatu hotel, hal itu dijelaskan sesuai keinginan dengan bahasa yang mudah dimengerti kedua belah pihak, baik itu oleh pelayan hotel ataupun oleh pemesan. [uth]

Sumber Gambar;

[1] Gambar ilustrasi  pixabay.com Diakses pada 23 November 2014

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

  1. […] Guna menjaga kondisi sepatu agar tetap mengkilap, ada banyak cara bisa ditempuh. Namun yang lazim dilakukan adalah menyemirnya secara rutin. Dan bicara tentang menyemir sepatu ini, dewasa ini telah banyak metode bisa dilakukan dalam hal penyemiran, baik secara manual dengan menggosok dan menyikatnya, ataupun mengolesi sepatu dengan semir sepatu jenis cair. Yang lebih praktis ada pula jenis penyemiran yang menggunakan semacam tisu sebagaimana amaneties yang sering kita temukan di kamar-kamar hotel. […]

  2. […] Di sebuah hotel berbintang ataupun penginapan mewah, biasanya di bagian lantai atas dilengkapi pula dengan restoran atau minimal lounge. Namun di balik banyaknya kenyamanan itu, bukan berarti tak ada risiko. Pasalnya akan ada beberapa kesulitan bisa dialami. Sebagai contoh jika memiliki barang, maka akan lebih susah membawanya. Begitu pula jika berada dalam situasi darurat; kebakaran, gempa, dan bencana lainnya. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here