Inilah Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan

5
3051
Manfaat Apel bagi Kesehatan tubuh Manusia
Manfaat Apel bagi Kesehatan tubuh Manusia

Untuk mendapatkan stamina yang bugar dan selalu segar, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan rutin berolahraga juga memilih dan menjaga setiap jenis makanan yang masuk mulut. Seperti kita ketahui, apel merupakan buah-buahan yang termasuk dalam jenis pilihan makanan sehat. Apel bisa cepat dikenali dengan buahnya yang berwarna merah saat telah siap dimakan, meski juga terdapat jenis apel yang berwarna hijau atau kuning.

Ada pepatah bahasa Inggris mengatakan bahwa ”an apple a day keeps the doctor away“, yang kurang lebih berarti bahwa bila kita rajin mengonsumsi apel minimal satu butir setiap harinya akan mampu menjaga kesehatan. Dengan ini bisa dikatakan bahwa selain rasanya enak, manis dan sedikit kecut, apel juga memiliki khasiat dan banyak manfaat bagi kesehatan.

Informasi Fisik Botani Tanaman Apel

Apel merupakan tanaman tahunan. Mulanya ia berasal dari daerah di Asia Barat yang memiliki sub tropis. Untuk wilayah Indonesia, tanaman apel ini pertama kali ditanam mulai tahun 1934 dan masih terus dibudidayakan hingga saat ini.

Tanaman apel yang berbentuk pohon ramping dengan ketinggian mencapai 3 sampai 12 meter ini memiliki nama ilmiah Malus domestic. Selain memiliki tajuk yang lebar dan cabangnya beranting, daun pohon apel juga memiliki bentuk lonjong dengan panjang sekitar 12 cm dan lebar 6 cm. Saat berbunga yang berbarengan dengan perkecambahan daun, tanaman apel memiliki bunga berwarna putih dengan semburat merah jambu. Bagian dalam inti buah apel memiliki lima gymnoecium yang berbentuk seperti bintang dengan mata lima. Masing-masing mata tersebut biasanya berisi satu hingga tiga biji.

Nutrisi yang Terkandung Dalam Buah Apel

USDA nutrient database menjelaskan bahwa dalam per 100 gram dari berat sebutir apel memiliki berbagai macam kandungan nutrisi. Persentase yang disebutkan di bawah ini dikonversikan dalam ukuran AS dengan pertimbangan rekomendasi berat badan orang dewasa.

Energi sebanyak 218 kJ atau 52 kCal. Karbohidrat 13,81 g. Gula 10, 39 g. Diet serat 2,4 g. Lemak 0,17 g. Protein 0,26 g. Air 85,56 g. Vitamin A equiv. 3 mg. Thiamine (vit. B1) 0,017 mg. Riboflavin (vit. B2) 0.026 mg. Niacin (vit. B3) 0.091 mg. Asampantotenat (B5) 0,061 mg. Vitamin B6 0,041. Folat (vit. B9) 3 mg. Vitamin C 4,6 mg. Kalsium 6 mg. Zat besi 0,12 mg. Magnesium 5 mg. fosfor 11 mg. Kalium 107 mg. Seng 0,04 mg.

Berbagai Macam Manfaat Buah Apel Bagi Kesehatan

  • Apel Untuk Menangkal Radikal Bebas

Kulit dari buah apel mampu menghasilkan zat yang disebut dengan quercetin, yaitu zat yang merupakan antioksidan potensial karena sangat baik untuk menghacurkan radikal bebas penyebab penyakit di dalam tubuh. Zat antioksidan ini juga dapat membantu melawan peradangan kulit yang mampu menyebabkan tanda-tanda penuaan dini. Dalam dosis yang besar, quercetin juga terbukti mampu mencegah infeksi pernapasan terutama pada pria yang rajin berlatih di gym.

  • UntukMenurunkan Kadar Kolesterol

Orang yang rutin mengonsumsi buah apel minimal dua butir dalam sehari, kandungan buah apel tersebut mampu mengurangi tingkat protein C-reaktif dalam darah. Hal ini bisa dipastikan mampu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh –yang biasa disebut LDL, sebanyak 16%.

  • Untuk Mengontrol Diabetes

Saat tubuh memiliki produksi insulin tinggi tak pelak akan memicu timbulnya penyakit diabtes. Rutin mengosumsi apel yang dalam satu butirnya juga mengandung pectin, akan mampu mensuplai galacturonic acid yang mampu menurunkan kebutuhan tubuh berlebihan dalam melepaskan hormon insulin.

  • Untuk Mencegah Kanker

Apel sebenarnya tak mengandung vitamin C sebanyak buah dan atau sayuran lain. Meski begitu buah apel ini sangat kaya oleh senyawa anti oksidan lainnya. Serabut atau bisa juga dikatakan sebagai serat yang terkandung dalam apel mampu membantu mengontrol pergerakan usus yang ada hubungannya dengan mengurangi risiko kanker usus besar.

Senyawa antioksidan lain yang berupa flavonoid, quercertin, dan naringin dalam buah apel juga mampu berperan dalam mencegah kanker paru-paru. Selain itu, kandungan pectin juga mampu membantu menekan risiko kanker pencernaan karena turut membantu menjaga kesehatan saluran  pencernaan.

  • Membantu Mencegah Dehidrasi

Dengan rutin mengonsumsi buah apel, satu butir sehari setiap hari misalnya, tubuh akan terjaga dari risiko dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Pasalnya buah apel terdiri dari 85% cairan, sehingga mengonsumsinya akan sama dengan meminum air sebanyak 5 ons.

  • Membantu Melindungi Tulang

Zat antioksidan  lain yang terdapat dalam apel adalah flavonoid yang disebut juga sebagai phloridzin. Manfaat phloridzin ini akan melindungi wanita paska-menopause dari masalah  osteoporosis dengan membantu meningkatkan massa tulang. Selain itu apel juga mengandung boron  yang juga memiliki fungsi memperkuat tulang.

  • Mampu Mengurangi RisikoTerkena Asma

Kebiasaan baik ini dapat dilakukan oleh ibu hamil  yang selama kehamilan dengan rutin mengonsumsi apel yang memberi manfaat mengurangi risiko terkena asma. Seorang anak yang juga rutin meminum jus apel setiap hari akan memiliki risiko sangat rendah terkena gangguan pernafasan biladibandingkan dengan anak yang mengonsumsi jus apel sebulan sekali.

  • Membantu Mengurangi BeratBadan

Sebuah penelitian di Brazil menjelaskan bahwa perempuan yang sedang melakukan diet dengan mengonsumsi buah apel atau pir setidaknya tiga kali dalam sehari akan lebih cepat menurunkan berat badan dibanding mereka yang tidak memasukkan buah-buahan dalam menu diet.

Cara Konsumsi Buah Apel

Buah apel sangat baik dimakan langsung dengan kulitnya. Namun sebelum dikonsumsi, sebaiknya dicuci bersih terlebih dulu dalam air mengalir yang berfungsi untuk menghilang pestisida. Selain dimakan utuh, buah apel juga bisa dikonsumsi dalam bentuk olahan; dalam bentuk jus apel, atau cuka apel, atau wine, atau bentuk yang lain.

Saat mengupas buah apel, daging buahnya akan menjadi cokelat bila terpapar udara. Hal ini terjadi karena adanya konversi bahan fenolik alami ke melanin karena pemaparan terhadap oksigen. Cara mengurangi dampak konversi bahan fenolik ini adalah dengan pemberian air yang ditambah asam (acidulated water).

Memerhatikan kandungan dan manfaat dari sebutir apel jelas sudah bahwa pepatah ”an apple a day keeps the doctor away” benar adanya. Apel merupakan buah segala musim dan mudah didapat sehingga tidak ada alasan untuk menunda-nunda rutin mengkonsumsinya setiap hari. ***

Sumber rujukan:

[1] 11 Manfaat Buah Apel bagi Kesehatan www.hasbihtc.com Diakses pada 25 November 2014

[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 25 November 2014

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here