Zoella Zoe Elizabeth Sugg: Sosok Wanita Cantik sekaligus Blogger Muda yang Sukses dan Terkenal

13
3003
Zoella ZozeeBo
Zoe Elizabeth Sugg

Pada era digital dewasa ini ada banyak pesohor yang cukup terkenal namanya dalam kancah dunia maya, oleh karenanya di Indonesia ini muncul pula istilah seleb yang merupakan kependekan dari julukan selebriti. Sebut saja nama Raditya Dika dan ndorokakung, atau sosok anak muda asal Magelang – Jawa Tengah bernama Agus Mulyadi yang belum lama lalu heboh akibat ulah kocaknya. Mau mengelak dan beralasan apapun, sebagian khalayak telah mengenal mereka sebagai seleb di dunia maya.

Lalu apa yang diperoleh ketika telah menjadi pesohor di dunia internet?

Layaknya selebritis di dunia nyata, tak jauh berbeda dengan keberadaan seleb pada dunia maya. Sebagai bagian dari public figure, mau diakui ataupun tidak, seleb di dunia maya juga memiliki keuntungan tersendiri. Sebagai contoh perbandingan saja, ketika seleb dunia maya telah memiliki fans, penggemar, ataupun lebih dikenal dnegan istilah follower, maka mereka tentu akan mengalami kemudahan lebih dalam mendapatkan uang, dibanding dengan kebanyakan orang yang bukan seleb. Entah itu dengan menjadi buzzer, menerbitkan buku, dan lain sebagainya.

Apa itu seleb dunia maya?

Kata seleb yang mengacu pada istilah selebriti, di dunia maya bisa diperoleh melalui banyak cara, baik itu melalui aktivitas blogging, mengoceh di twitter, rajin menuiskan status di wall facebook, dan masih banyak lagi. Jika bisa moncer melalui kegiatan blogging maka akan mendapat julukan sebagai seleb blog, apabila bisa terkenal dari ocehannya di twitter, tentu akan memperoleh gelar seleb-twitt.

Di Indonesia sebenarnya bukan saja sosok Radityadika ataupun ndorokakung a.k.a Wicak yang memperoleh titel seleb dari dunia maya, melainkan masih banyak lagi. Begitupun di negara lain, ada banyak pesoohor yang terlahir dari kreativitasnya pada dunia internet. Sebagai salah satu contoh yang sedang hangat diberitakan dewasa ini adalah sosok perempuan cantik bernamalengkap Zoe Elizabeth Sugg.

Siapa Zoe Elizabeth Sugg?

Zoe Elizabeth Sugg adalah seleb di dunia internet yang lebih dikenal dengan julukan Zoella, gadis jelita asal Inggris yang tahun 2014 berusia 24 tahun, dan mendapatkan keberhasilan dari aktivitas mengelola blog sejak tahun 2009. Keseriusan dalam mengelola blog bertemakan lifestyle, termasuk di dalamnya berisi konten kecantikan dan fashion ini, menghantarkannya untuk menjadi bintang serta mampu meraup uang miliaran.

Sehingga ZoellaZoe Elizabeth Sugg adalah sebagai satu diantara banyak pesohor dunia maya yang dikenal dengan julukan seleb blog.

Gebrakan di dunia maya

Memang tak layak ketika kita hanya melihat sisi manis dalam keberhasilan orang lain. Sebaliknya, kita juga musti mengamati sepak-terjang orang dalam meraih keberhasilannya. Begitu pula dengan keberadaan Zoella ini, semua tentu diawali dengan langkah pertama sebelum mencapai langkah ke seribunya.

  • Magang kemudian Ngeblog

Dalam menapaki jejaknya, Sugg (panggilan lain untuk Zoella–red) dahulu mengikuti kegiatan magang pada satu perusahaan desain interior. Selanjutnya ia membuat blog dengan isi artikel mengenai apa yang diperolehnya ketika magang, di antaranya adalah pokok bahasan mengenai lifestyle, kecantikan dan fashion.

Tatkala menulis konten blog, Sugg lebih membidik para remaja dan kawula muda sebagai target pembacanya, tanpa disangka trik yang dilakukan Sugg pada waktu itu mendapatkan respon sangat meriah, bahkan hingga bulan Maret 2014 blog Zoella tersebut telah meraih jumlah pembaca hingga 140 juta kunjungan.

  • Channel Youtube

Keberhasilan blogging dari perempuan cantik dan berbakat ini tak lantas membuatnya cukup puas, selebihnya ia tetap berinovasi, apalagi ia menyadari adanya peluang lebih besar dalam melebarkan kepakan sayap untuk terbang lebih tinggi di dunia maya. Maka dibuatlah sebuah channel video di situs You Tube.

Menggunakan You Tube, Sugg tetap konsisten dalam memegang usaha.Karenanya konten video yang diunggah di situs Youtube tersebut adalah lifestyle yang di dalamnya berupa video-video kecantikan menarik hasil buatannya. Tak pelak, channel You Tube milik Sugg ini kembali mendapatkan sambutan yang hebat dari khalayak, hal ini dibuktikan dengan jumlah hit yang bisa mencapai 12 juta kunjungan setiap bulannya pada jelang akhir tahun 2014.

  • Akun Twitter

Mantap menjejaki jalan di dunia internet, maka Zoella juga membuka akun Twitter @ZozeeBo dengan nick name saat ini adalah Zoë. Hasilnya bisa langsung dilihat di akunnya, akhir bulan November 2014 ini Sugg mampu mendapatkan penggemar yang sangat banyak. Yaitu dengan jumlah follower lebih dari 2.56juta, padahal ia hanya menjadi pengikut dari 463 akun.

  • Instagram

Serupa dengan twitter, Sug – Zoella juga memiliki akun Instagram dengan ID serupa, yaitu @ZozeeBo. Akun IG ini juga memiliki jumlah follower fantastik sebanyak lebih dari 3.50 juta.

Popularitas Menghasilkan Keuntungan

Tak dapat dipungkiri banyak orang masih memimpikan menjadi orang sukses dan terkenal. Oleh karenanya banyak cara ditempuh demi meraih impian tersebut. Entah berusaha menjadi penyanyi, membikin band, berusaha mendaftar di suatu PH, dan laangkah-langkah lainnya. Selain ingin terkenal, tentu ada motif lain yang hendak diraih. Misalnya adalah penghasilan lebih. Kenapa bisa begitu? Karena dengan menjadi terkenal, dengan telah memiliki popularitas, maka bukan tidak mungkin keuntungan akan melekat padanya. Uang pun akan mengalir menghampirinya.

Hal itu telah dibuktikan oleh Zoella yang diperkirakan telah memiliki penghasilan sebesar 300 ribu poundsterling atau di kisaran Rp 5,7 miliar dalam satu tahunnya.

Bisa meraih pendapatan sebesar itu dari mana?

Pertama, tentu saja dari para pengiklan yang tak enggan untuk datang dan lantas memanfaatkan popularitas yang ada pada Zoella. Kedua, Zoella yang kini bertempat-tinggal di Brighton ini kenyataannya juga tak ingin membuang kesempatan, terbukti ia juga menulis sebuah buku yang diberinya judul “Girl Online.” Buku pertamanya itu khirnya juga sold out.

Kiat Tetap Menjadi Manusia Biasa

Zoella – Sugg memang telah memuncaki sebuah karir dan memiliki penghasilan yang tak bisa diremehkan. Sebagaimana kebanyakan selebriti, dengan alasan menjaga popularitas, mungkin akan terlihat sah apabila dengan keberhasilan ini lantas Sugg menjaga jarak dengan orang lain. Namun ternyata hal itu tak dilakukan olehnya, karena ada pengakuannya yang tetap akan bertingkah sebiasa mungkin sebagaimana penampakan perempuan remaja kebanyakan. Alasan Sugg memilih ‘menjadi biasa’ ini justru ia merasa lebih dekat dalam berhubungan dengan para fans.

Kelebihan dalam kemudahan berhubungan dengan para penggemar tersebut, tak jarang juga membuat Zoella merasa bahagia, salah satunya adalah ketika terdapat penggemar yang merasa puas dan mampu mengubah hidup akibat dari menonton videonya, Sugg telah merasa membantunya.

  • Menikmati Kesederhanaan

Dengan pendapatan yang dimilikinya pula, sejatinya Sugg juga bisa membuat situs blog yang lebih mewah dengan biaya lebih. Akan tetapi seperti yang kita saksikan, salah satu blog Zoella yang beralamat di zoella.co.uk ini tetap memanfaatkan hosting (server) gratisan dari google (blogger.com).

Jika kita pernah menyimak hasil wawanaranya, sebenarnya hal ini juga masih sangat selaras dengan satu pernyataan yang diungkapkannya, bahwa Zoella sebenarnya tidak pernah menyangka semua hal ini terjadi, sehingga ia akan tetap menikmati saja dan memanfaatkannya semaksimal mungkin. Karena tidak ada pula yang tahu tentang apa yang akan terjadi lima tahun mendatang.

  • Profesionalisme

Sebagai orang yang mengerti dunia IT, dengan alasan profesionalisme bisa saja kita mencibir dan meremahkan Zoella akibat salah satu blognya hanya memakai server gratisan dari blogger[dot]com, namun sebagai orang bijak dan paham nilai-nilai kemanusiaan kita tak bisa menilainya sebatas itu. Karena terbukti ada hal lain yang tetap ditonjolkan Zoella dalam menerapkan sisi-sisi profesionalismenya itu, yaitu sikap cermat dan kehati-hatiannya dalam bertindak, semata demi tujuan menjaga kepuasan para penggemar.

Tindakan cermat dan hati-hati itu, antara lain adalah penolakannya terhadap satu produk apabila dirasanya tidak menarik. Ini diberlakukan sebagai “harga mati” meskipun telah diiming-imingi dengan bayaran setinggi apapun. Prinsipnya adalah bahwa setinggi apapun uang itu, ia tak akan sebanding dengan hal yang Zoella sendiri tak yaqin akan kualitas suatu barang.

Keyaqinan Zoella inilah yang menjadi prinsip sebagai patokan utama. Pasalnya, Zoella adalah sosok yang menyadari bahwa ia bisa sejauh itu karena ia mampu membangun komunitas yang terdiri dari kepercayaan orang atas pendapatnya. Sehingga Zoella akan lebih memilih tetap menjaga dan menghargai kepercayaan orang (penggemar) itu dibanding pada imbalan pun bayaran uang.          Mengamati prinsip kerjanya itu, bukan tidak mungkin adalah hal yang membuatnya juga memperoleh beberapa penghargaan.   Selain telah masuk sebagai blogger yang ditulis dalam daftar English Wikipedia, ada beberapa penghargaan lain, diantaranya adalah “Best British Vlogger” dari Radio 1 Teen Awards, dan juga penghargaan sebagai “Best Established Beauty Blog” dari majalah Kosmopolitan. [uth]

Sumber Gambar;

[1] Zoe Sugg, aka Zoella: 5 Fast Facts You Need to Know  heavy.com  Diakses pada 25 November 2014

[2] Berkat Ngeblog, Gadis Cantik Ini Jadi Bintang & Kaya Raya detik.com  Diakses pada 25 November 2014

[3] Gambar iilustrasi adalah hasil capture dari twitter @ZozeeBo Diakses pada 25 November 2014

Berbagi dan Diskusi

13 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here