Zebra, Zebra Cross, dan Operasi Zebra

2
15942
Zebra Kuda
Zebra

Sepertinya sudah menjadi agenda pihak kepolisian untuk menggelar operasi lalu-lintas pada setiap tahunnya. Sebagaicontoh adalah ketika bulan puasa jelang dan pasca lebaran, pada seputar perayaan hari Natal, jelang pergantian tahun, dan pasca tahun baru. Dan juga seputar bulan April ataupun awal Desember.

Tentang operasi lalulintas seputar Lebaran dan juga tahun baru, mungkin telah menjadi lazim keberadaan polisi lalulintas. Akan tetapi ada yang sedikit berbeda dengan operasi lalu lintas bernama “operasi zebra,” pasalnya hal ini menjadi momok yang cukup menakutkan bagi sebagian orang, selain petugas yang nampak lebih berani dalam mengeluarkan pasal dan peraturanutamanya, akan lebih detil pula operasi yang digelar.

Operasi Ketupat dan Operasi Lilin

Ketika bulan puasa jelang dan pasca lebaran operasi lalu lintas akrab dengan sebutan “operasi ketupat”, karena memang lebaran identik dengan ketupat. Begitu pula tatkala digelar operasi lilin, dinamakan lilin karena acap diadakan pada seputar perayaan Natal yang identik dnegan lilin. Lalu kenapa dan ada apa dinamakan sebagai “operasi zebra”

Apa itu Zebra?

Zebra adalah satu jenis binatang yang hidupnya berkelompok. Zebra saling berkomunikasi dengan suara dan ekspresi wajah, dan merupakan keluarga kuda dengan warna tubuh berbelang-belang antara hitam dan putih. Hidup secara berkelompok dan juga warna belang-belang ini bukan tanpa fungsi, karena menurut beberapa ahli keduanya memiliki manfaat guna mempertahankan diri dari predator.

Karena perawakannya serupa dengan kuda, maka asupan makanannya juga tak jauh beda, yaitu herbivora, tetumbuhan dan rerumputan.

  • Jenis-jenis Zebra

Secara garis besar, ada tiga jenis zebra yang terkenal, yaitu Equus zebra yang merupakan zebra gunung yang hidup di Afrika bagian selatan. Yang kedua adalah Equus quagga, merupakan zebra dataran di Afrika Timur, dan yang ketiga adalah Equus grevy yang termasuk zebra primitif di bagian utara Kenya.

Zebra Sebagai Istilah Lalulintas

Dari penampakan yang acap kita lihat, ada yang menyerupai warna binatang zebra di jalan raya yang sering terlewati, itulah Zebra Cross.

  • Zebra Cross

Zebra cross merupakan istilah yang digunakan untuk menamai satu tempat penyeberangan di jalan yang diperuntukkan bagi para pejalan kaki.

Zebra cross ini ditunjukkan dengan marka jalan berujud garis membujur berwarna putih dan hitam dengan ektebalan garis sekitar 300mm, memiliki celah sama, dengan panjang minimal 2500mm. Di seputar area zebra cross ini biasanya juga ditandai dengan larangan parkir, dengan tujuan agar pejalan kaki yang akan menyeberang bisa terlihat oleh pengemudi kendaraan di jalan.

Keberadaan zebra cross ini juga menunjukkan bahwa “prioritas lebih” menjadi milik para pejalan kaki yang hendak menyebrang jalan dan berada di atas zebra cross. Hal ini diberlakukan karena sebagai bagian dari jaminan keamanan kepada para penyeberang jalan

  • Operasi Zebra

Operasi zebra adalah gelaran tahunan yang diagendakan pihak polisi lalulintas dengan tindakan operasinya adalah memeriksa kelengkapan kendaraan dan juga kelengkapan surat-menyurat berikut pengemudinya.

Kelengkapan kendaraan diantaranya adalah terdapatnya lampu sign, knalpot bukan rising, kelengkapan kaca spion, dan lain sebagainya. Sedangkan kelengkapan pengemudi ada pada helm, surat kendaraan (STNK), dan juga SIM. Pada operasi zebra ini ada tindakan yang terlihat lebih serius dibanding dengan operasi lalulintas lainnya. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Zebra id.wikipedia.org Diakses pada 3 Desember 2014

[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 3 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here