Yang Harus Diperhatikan Menjelang Tidur Malam

1
2045
Penyebab terjaga kala tidur nyenyak
Inilah Cara Agar Bayi Bisa Tidur 8 Jam Penuh di Malam Hari

Tidur malam telah menjadi bagian dari aktifitas demi keberlangsungan hidup manusia. Meski dikategorikan sebagai kegiatan istirahat, namun bagi sebagian orang, tidur malam juga tak serta-merta membuatnya bisa segar, bahkan tak jarang justru malah mengalami susah tidur.

Lain dari itu, alih-alih mendapatkan kesehatan pikiran dan fungsi tubuh yang lebih baik untuk mempersiapkan kegiatan keesokan harinya, sebagian orang justru melakukan kekeliruan yang berimbas pada ketidak-maksimalan tidur malam.

Berikut adalah beberapa hal yang keliru yang seyogyanya dihindari pada saat menjelang tidur malam;

  • Berbaring Tatkala Mata Susah Terpejam

Jarang kita sadari bahwa membaringkan badan ketika susah memejamkan mata ternyata bisa menimbulkan pikiran-pikiran kotor dan buruk. Sehubungan dengan hal itu, menjadi baik tatkala kita mengisinya dengan kegiatan santai, sebagai contoh adalah membaca buku, menyimak cerpen, dan menikmati irama musik, yang kesemuanya itu dilakukan bukan dengan berbaring. Atau bisa juga melakukan aktifitas jalan-jalan di seputar rumah.

Dengan kegiatan semacam itu, tak jarang justru kantuk akan segera datang dan matapun bukan tidak mungkin bisa segera terpejam.

  • Konsumsi Makanan Berat

Konsumsi makanan berat, yaitu yang mengandung banyak karbohidrat dan juga protein, bagi sebagian orang menjadi salah satu sebab tidak bisa tidur dengan lelap. Pasalnya protein merupakan asupan yang membutuhkan wkatu lebih lama dalam mencernanya.

Oleh karenanya, alangkah lebih baik sekiranya kita bisa menghindari mengonsumsi makanan berat dengan kadar protein dan juga karbohidrat tinggi pada malam hari saat menjelang tidur. Atau sekiranya berkeinginan makan berat, agar mengaturnya yaitu dengan mengambil jeda waktu beberapa jam sebelum tidur.

  • Minum Air Terlalu Banyak

Mengkonsumsi air, utamanya air putih, memang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Akan tetapi meminum air secara banyak pada malam hari menjelang tidur tentu bukan merupakan hal baik bagi kita. Pasalnya besar kemungkinan kualitas tidur kita akan terganggu, salah satunya menjadi sering terbangun gara-gara hendak ke toilet untuk membuang air.

  • Berada Di Depan Layar Monitor

Aktifitas menonton tivi jelang tidur sepertinya telah menjadi biasa bagi kebanyakan orang. Padahal tanpa disadari hal itu mampu menimbulkan banyak sisi negatif bagi kita.

Pada malam hari sudah menjadi kodrat manusia menerima kehadiran “rasa kantuk.” Namun seringkali kita tetap melanjutkan menikmati acara di Televisi, padahal ada cahaya elektronik yang terang dan membuat bingung sistem pada tubuh kita. Hal serupa berlaku pula bagi kita yang sering memelototi layar monitor pada laptop, gadget, dan semacamnya.

Saran terbaik dalam memandangi layar monitor berkondisi nayala tersebut adalah agar mematikannya dan lalu beristirahat minimal satu jam sebelum tidur.

  • Bercengkrama Dengan Hewan Peliharaan

Bagi para pecinta binatang, bercengkrama dan lalu tidur dalam satu ranjang bisa jadi merupakan aktifitas yang dianggap biasa. Bahkan adakalanya sang pemelihara tak akan bisa tidur nyenyak ketika harus dipisahkan dengan binatang peliharaannya.

Meskipun nampak penuh kasih-sayang, namun hal ini sejatinya membawa dampak yang tak baik bagi kita, pasalnya hewan kesayangan itu adakalanya memiliki gerakan yang cenderung menggeliat, menendang, merengek, dan bahkan juga mencakar saat tidur. Perlakuan binatang kesayangan ini tentu saja bisa mengganggu jam tidur Anda di malam hari. Di samping itu ada banyak pula efek kesehatan yang mengganggu, sebagai contoh bulu-bulu kecil binatang yang rontok dan beterbangan, ataupun air liur binatang yang bisa sewaktu-waktu bersentuhan dengan bagian tubuh yang tak kita inginkan.

  • Menunda Tidur dan Mengatur Alarm

Telah jamak dilakukan manusia untuk mengatur alarm agar bisa bangun sesuai keinginan. Bisa jadi ini merupakan hal baik, karena membuat kita disiplin dalam menghargai waktu. Akan tetapi bagi sebagian orang, alarm justru difungsikan untuk memaksa kita bangun padahal belum cukup wkatu untuk mengistirahatkan badan.

Contohnya adalah saat mengejar deadline sebuah pekerjaan, maka acapkali jam tidur kita buat larut, padahal keesekan harinya kita juga harus bangun sedini mungkin. Dan alarm seolah dijadikan malaikat penyelamat kita pada masa-masa seperti ini. Hal in tentu saja tidak baik bagi kesehatan, karena tubuh menjadi terpaksa melakukan sesuatu yang bukan kodratnya, sehingga hasilnyapun menjadi kontraproduktif.

Perlu dipahami bahwa tidur malam yang tak cukup waktunya, justru membuat kualitas istirahat kita menjadi kurang efektif. [uth]

Sumber Rujukan:

[1]  Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 5 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here