Cara Mencegah dan Meminimalisir Gangguan Tikus di Sekitar Rumah

5
3863
Cara Mencegah dan Meminimalisir Gangguan Tikus di Sekitar Rumah
Cara Mencegah dan Meminimalisir Gangguan Tikus di Sekitar Rumah

Tikus merupakan binatang yang tak disukai bagi para petani di sawah, karena keberadaannya acap mengganggu tanaman yang dirawat oleh para petani. Bagi petani padi gangguan tikus tak bisa lagi ditolerir, pasalnya panen bisa menurun drastis karena tanaman padi bisa rusak bahkan mati akibat gangguannya. Begitu pula dengan petani palawija serta petani buah, mereka akan berkemungkinan gagal memanen  palawija serta buahnya apabila keberadaan binatang tikus ini dibiarkan berkeliaran di lahan persawahan dan atau perkebunannya.

Bukan saja di persawahan dan perkebunan, sejatinya tikus menjadikan orang yang berada di lokasi lain  seputar kita juga merasa tidak nyaman. Sebagai contoh adalah keberadaan tikus di sekitar rumah kita. Dapur dan gudang adalah sasaran utama operasi mereka.

Cara-Cara Terbebas Dari Ganguan Tikus

Ketika tikus berkeliaran di sekitar rumah tinggal, tentu saja kita akan merasa terganggu karena selain membuang kotoran di sembarang tempat, mereka juga tak akan segan mengacak-acak setiap sudut ruangan yang dilaluinya. Bukan saja yang ada makanannya, namun juga lemari yang di dalamnya tertata pakaian. Lalu bagaimana cara mengatasi keberadaan tikus ini?

  • Menyegerakan Buang Sampah

Jika bisa menyadari bahwa membuang sampah pada tempatnya menjadi hal yang tak bisa ditunda-tunda, maka akan ada banyak manfaat yang bisa diraih dari sana. Salah satunya adalah meminimailir gangguan  tikus yang menyerang.   Jadi, hindari adanya tumpukan sampah di dalam rumah, utamanya di sekitar dapur dan usahakan secara rutin segera membuangnya di tempat sampah luar rumah.

  • Memasang Rak Yang Menempel Dinding

Tak seperti cicak ataupun tokek, tikus merupakan binatang yang tidak bisa berjalan merayap pada dinding. Ketika mengetahui ketidakmampuan tersebut, maka memasang rak yang ditempelkan di dinding dan lalu juga menempatkan bahan makanan dan peralatan memasak –secara menggantung di sana, merupakan salah satu cara jitu agar bisa terbebas dari gangguannya.

  • Selalu Menjaga Kebersihan

Sebagaimana pada menyegerakan membuang sampah, langkah “selalu” menjaga kebersihan menjadi hal yang tak bisa ditunda-tunda lagi. Pasalnya tikus merupakan binatang yang senang dengan tempat yang tak bersih dan atau banyak barang acak-acakan.  Sehingga dengan kebersihan yang ada, besar kemungkinan tikus tidak akan kerasan di sana.

  • Meminimalisir Keberadaan Celah

Tubuh kecil yang dimiliki tikus membuat mudah mereka ber-manufer di segala medan. Salah satunya adalah melewati lubang ataupun celah-celah yang ada di sekitar kita. Oleh karenanya, sekiranya ada banyak tikus di sekitar rumah maka hindari keberadaan lubang pun celah di dalam rumah, dengan begitu akan meminimalisir tikus yang menyelinap masuk dan lalu bersembunyi.

  • Hindari Penggunakan Racun Tikus

Yang banyak dilakukan orang adalah memasang jebakan untuk tikus. Salah satunya adalah dengan cara memasang makanan yang dibubuhih racun.   Namun orang tak banyak berpikir bahwa kalaupun tikus terperangkap memakan umpan berasun itu, maka tikus tidak akan mati secara langsung d tempatnya, melainkan masih mampu berjalan dan bergerak menuju tempat lain.

Dengan mengetahui hal tersebut, maka ada kemungkinan tikus yang telah menyantap makanan beracun itu akan mati di tempat lain yang justru merugikan kita. Karena jika mati di tempat persembunyiannya dan lalu membusuk dan susah diambil, maka aroma bangkai tikus itu menjadi ancaman lain.

  • Pasang Perangkap Tikus

Daripada memasang racun yang justru akan menimbulkan kerugian lain berupa polusi, maka akan lebih baik jika kita memasang perangkap guna menjebaknya. Tentu saja hal ini hanya bisa dilakukan oleh mereka yang tidak merasa jijik dan tidak takut kotor.

  • Hindari Suasana Gelap

Sekiranya sudah diketahui ruangan mana saja yang acap dijadikan target operasi tikus, maka di ruangan tersebut seyogyanya dalam keadaan terang. Hal ini sebagaimana disadari bahwa tikus lebih senang tinggal dan beroperasi di dalam suasana gelap.      Memang ada kecenderungan kita boros dalam menggunakan listrik, akan tetapi  keuntungannya hal itu mampu meminimalisir kedatangan tikus dan lalu mengacak-acak perabotan yang kita miliki. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Cara Agar Dapur Anda Bebas dari Tikus www.rumahku.com Diakses pada 8 Desember 2014

[2] Gambar Ilustrasi pixabay.com Diakses pada 8 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here