Video-Video Populer Indonesia 2014 Versi Google di YouTube Rewind

11
2034
YouTube Newsware

Pada setiap jelang pergantian tahun, hampir semua media, baik itu media cetak ataupun media elektronik, telah lama memiliki kebiasaan merangkum berbagai peristiwa  dalam kurun waktu tertentu (biasanya satu tahun terlampaui), dan lalu dipublikasikan kepada khalayak penikmatnya. Rangkuman peristiwa tersebut acap dinamakan ‘kaleidoskop.’

Dan pada era digital ini, meskipun menggunakan nama berbeda, terbukti telah banyak layanan media sosial juga sama-sama menyajikan kaleidoskop. Sebagai contoh adalah situs Facebook dan juga situs Youtube.

YouTube Rewind: Turn Down for 2014

Situs Youtube yang merupakan salah satu produk milik raksasa dunia, google, menerbitkan jurnal kaleidoskop tahunan dengan nama ” YouTube Rewind.” Sebuah kaleidoskop yang memuat ketenaran sebuah berita, yang penyajiannya tak sama antara negara satu dengan lainnya.

Pembeda antara satu negara dengan lainnya itu, selain dari jumlah pengunjung, salah satunya juga ditentukan dari nilai “kesukaan” khalayak yang terlihat pada jumlah “like” sebagai tanda kepopuleran dan sekaligus menjadi salah satu indikasi ‘trending video.’

Akhir tahun 2014 menyongsong tahun 2015, Youtube telah memublikasikan kaleidoskopnya dengan durasi video kurang dari 10 menit (6:36 dan 6:36), yang berisi 10 video populer sepanjang tahun 2014, baik Video Komedi, Kartun, ataupun Trailer. Video-video populer itu diberi nama “YouTube Rewind: Turn Down for 2014.

Berikut adalah YouTube Rewind 2014 untuk versi Indonesia;

  • Apakah para suami memperhatikan istri mereka?

Jika diamati dari komentar yang ada, selain banyak yang pro kenyataannya tak sedikit pula yang kontra terhadap video ini. Namun terlepas dari pro dan kontra itu, video produk parfum yang diterbitkan Downy Indonesia dan berdurasi 2:2 menit ini telah diterbitkan oleh youtube sebagai video populer versi Indonesia sepanjang tahun 2014, dengan mengantongi jumlah pemirsa sebanyak lebih dari 5,9 juta.

Jawara YouTube Rewind: Turn Down for 2014 ini diisi sebuah vodeo dengan judul “Apakah para suami memperhatikan istri mereka?”

  • Dodit – Pembalasan Buat Radit (SUCI 4 Show 8)

Stand Up Comedy memang telah menjadi acara yang digemari banyak orang Indonesia selama lebih dari 3 tahun belakangan. Sehingga tak sedikit pula yang menikmatinya dengan memanfaatkan video yang diunggah di YouTube.

Aksi Dodit Mulyanto, sebagai salah satu sosok yang ngoceh pada Stand Up Comedy – SUCI 4 Show 8, yang digelar Kompas TV menjadi runner up membuntuti sang jawara tahun ini. Bukan tanpa sebab, tayangan video “SUCI 4 Show 8” mampu memikat para pemirsa youtube karena ada adegan Doditang sukses melontarkan “bully” kepada sang Juri Raditya Dika dengan ungkapan; “Radit, bulu hidungmu menjeriiitt!”

Tak pelak banyak pemirsa yang tertarik untuk menyimak tayangan Youtube tersebut, komentar-komentarnya juga menjadi semakin banyak, bahkan hingga mencapai lebih dari 1,292 dengan pengunjung lebih dari 4,361,034.

  • LINE – Ada Apa Dengan Cinta (AADC) 2014

Juara ke-3 ditempati sebuah video Mini Drama AADC sebagai pariwara Line Indonesia. Memang video ini terhitung baru saja heboh di media sosial, namun dengan kehebohan yang baru saja itu ternyata tetap mampu menanjak dengan cepat dan menjadi salah satu video populer versi youtube.

  • Upin Ipin Belajar Sambil Main 2014 Musim 8 Full HD

Bagi Anda yang dekat dengan anak kecil tentu sangat akrab dengan penampilan Ipin dan Upin yang sering tayang di layar kaca. Produk yang diklaim milik negeri tetangga tersebuit ternyata juga mampu masuk dalam jajaran video populer youtube dengan menduduki peringkat ke-4.

  • PUJIONO – MANISNYA NEGERIKU

Masih ingat dengan salah satu kontestan ajang unjuk gigi yang tayang di salah satu TV Nasional, Indonesian Ido?

Jika sering mengikuti beritanya, tentu saja kita tak akan lupa dengan penampilan sosok lelaki ‘ndeso’ bernama Pujiono yang pada Audisi ke-5 di Jakarta cukup membuat heboh para pemirsa. Nah tayangan tersebut diunggah di situs YouTube dan mampu meraih kepopulerannya pada peringkat ke-5.

Di atas adalah lima dari sepuluh video teratas tayangan youtube. Lima video lain dari peringkat ke-6 sampai dengan peringkat ke-10, masing-masing adalah;

  • Haji Backpacker – Official Trailer | LIPSTIKTV
  • Speech Composing JK feat. Jokowi, Abraham Samad, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo
  • NET. ONE Presents Indonesian Choice Awards 2014 #NET_ONE
  • Bayu Skak – Jomblo Gamers
  • Ganteng Ganteng Serigala PARODI (SeringGila) #parodiGGS

Cuplikan-cuplikan Video Paling Populer 2014 di Indonesia tersebut bisa pula disimak  di situs YouTube ini. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] YouTube Rewind (Indonesia) www.youtube.com  Diakses pada 10 Desember 2014

[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 10 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

  1. […] Yang menjadi pembeda antara google – YouTube dengan Facebook, apabila YouTube mengkategorikan video-video populernya ini masih dalam beberapa negara, maka facebook menerapkannya langsung secara global pada tingkatan dunia,. Sedangkan untuk peringkat negaranya hanya diumumkan pada negara AS saja. Namun begitu, Facebook tak sebatas memberikan peringkat pada topik yang diperbincangkan, melainkan ada pula peringkat video terpopuler, dan juga games terpopuler. […]

  2. […] Produk lain milik google adalah juga layanan video bernama YouTube. Jumlah video yang tak terhingga telah diunggah dan sekaligus ditonton orang di dunia melalui layanan YouTube tersebut. Bukan saja tentang hiburan, akan tetapi juga segala hal yang melingkupi hidup ini, dari segala penjuru alam semesta pula. [Baca juga: Video-Video Populer Indonesia 2014 Versi Google di YouTube Rewind] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here