Hari 1212: Istilah Lain Dari Hari Belanja Online Nasional

1
1622
Hari 1212 - Hari Belanja Online Nasional - Toko Online
Hari 1212 - Hari Belanja Online Nasional - Toko Online

Tekhnologi Informasi yang berkembang pesat dewasa ini membuat segala hal mau tak mau juga mengikuti perkembangannya. Bagi yang gagap tentu saja akan sangat dirugikan karena merasa ketinggalan dalam mengejar perkembangan tersebut. Namun bagi sebagian lainnya, ada peluang yang bisa diambil dan dimanfaatkan. Di antaranya adalah pemanfaatan Tekhnologi Informasi untuk sarana toko jual beli. Online Shop istilahnya.

Sebelum membahas lebih lanjut, perlu diketahui bahwa online kalau dalam bahasa Indonesia diistilahkan pula dengan daring (dalam jaringan), sedangkan offline disebut pula sebagai luring ataupun luar jaringan.

Toko Online

Layaknya toko yang bisa kita lihat di depan mata, toko online juga merupakan sebuah toko yang memberi layanan kepada para pembelinya. Layanan itu juga bisa berupa jasa ataupun layanan barang. Akan ada layanan yang diberikan sang penjual seller), tentu saja ketika ada yang ketertarikan yang dibutuhkan oleh pembeli (buyer). Unsur kepercayaan tentu saja menjadi faktor paling utama dalam mengadakan transaksinya.

Menyikapi keberadaan toko online sebagai bagian dari industri kreatif dan alternatif pemasaran, sejak tahun 2012 Indonesia ternyata juga memiliki sebuah masa yang khusus dijadikan peringatan sebagai Hari Belanja Online Nasional, yang memiliki tujuan guna memberikan dorongan dan juga memberikan pendidikan kepada masyarakat tentang kemudahan dalam berbelanja secara daring.

Sejarah Hari Belanja Online Nasional

Belum ditemukan secra pasti pemaparan tentang sejarah ditentukannya Hari Belanja Online secara Nasional. Namun tradisi awal dari Hari Belanja Online ini awalnya diketahui dari negerinya para bule, yaitu sebagai penyerta pada perayaan Thanks Giving.

  • Berawal dari Cyber Monday

Di mancanegara, yaitu di Amerika, Inggris, Jerman, Jepang, dan Kanada, ada sebuah perayaan belanja online terkenal dengan sebutan “Cyber Monday.” Yaitu satu perayaan belanja bertepatan dengan Thanksgiving Day, yang oleh para pedagang ritel juga digunakan untuk mempromosikan secara besar-besaran dagangannya, salah satunya adalah dnegan menyertakan berbagai macam diskon.

Thanksgiving Day adalah hari libur di Amerika Utara demi memperingati syukuran panen akhir tahun.

  • Sebagai Rangkaian Thanks Giving

Sementara Cyber Monday sejatinya diilhami dari perayaan belanja Black Friday pada hari Jumat seusai perayaan Thanksgiving. Black Friday ini juga diidentikan dengan permulaan musim belanja Natal, oleh karenanya pada “Black Friday” toko-toko yang memperdagangkan belanjaannya saling berlomba dan membuka lebih lama dengan berbagai tawaran diskonnya. Kata “cuci gudang” pada akhir tahun juga menjadi kalimat sakti sebagai untuk menambah daya tarik pembeli.

Dinamakan dengan istilah “Black Friday” pasalnya pada hari tersebut neraca pembukuan mereka mengalami perubahan membaik, yaitu dari rugi (berwarna merah) berupah menjadi untung (hitam). Sebagaimana diketahui, bahwa tatkala retailer yang operasionalnya dari bulan Januari hingga November mengalami kerugian, maka catatan kerugian/negatif itu dikiaskan dengan tinta merah.

  • Edukasi Toko Online

Tanggal 12 Desember yang dirayakan sebagai Hari Belanja Online Nasional tak jarang juga menjadi ajang kampanye bagi semua pihak, utamanya pelaku toko online dan juga pihak pemerintah. Selain sebagai ajang promosi dan sosialisasi, hal ini juga memiliki tujuan demi mengedukasi masyarakat ihwal kemudahan (bisa kapan saja) dalam berbelanja online secara aman dan nyaman.

Kampanye selama 24 jam juga memberikan manfaat demi memajukan industri e-commerce di Indonesia yang merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna internet tinggi.

Acara seperti Cyber Monday ataupun Black Friday baru mulai dilaksanakan di Indonesia pada tanggal 12 Desember 2012. Nomor canti sesuai tanggal yang ada menjadi tema promosi perayaan tersebut, 12.12.12. Selain sebagai perayaan, hari berbelanja online secara nasional itu juga diisi dengan program promosi spesial yang dipelopori oleh banyak pemain eCommerce Indonesia yang bersatu dengan satu tujuan, yaitu memajukan industri eCommerce dan memenuhi kebutuhan masyarakat dalam berbelanja online.

Hari 1212

Tahun 2012, diawali dengan 7 e-commerce dan mengambil hari berangka cantik, yaitu tanggal 12 bulan 12, maka Hari Belanja Online Nasional menjadi sebuah aksi bersama yang dilakukan oleh para industri retail online di Indonesia, yang selanjutnya juga dikenal sebagai hari 1212.

Dalam perkembangannya, kemudian perayaan di Amerika berjuluk “Cyber Monday” dijadikan inspirasi para pelaku e-commerce dalam memberikan yang terbaik dengan penawaran-penawaran menarik. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Hari Belanja Online Nasional id.wikipedia.org Diakses pada 12 Desember 2014

[2] Gambar ilustrasi  pixabay.com  Diakses pada 12 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here