Apa itu CMS dan CSS?

7
3939
Cara Menutup Komentar di Wordpress
Cara Menutup Komentar di Wordpress

Dalam mengelola sebuah situs, baik website ataupun weblog, bisa dibilang tak susah, namun bisa pula dikatakan sebagai satu hal yang tak mudah dilakukan.   Dan dalam mengelola satu situs kenyataannya memang terdapat banyak macam pilihan. Bisa menggunakan platform gratisan yang engine-nya juga tak berbayar, namun ada pula yang tetap rela mengeluarkan uang guna memanfaatkan platform dan engine yang berbayar.

Contoh platform gratisan dalam membuat blog antara lain adalah blogspot, wordpress, tumblr, kompasiana, dan masih banyak lagi. Mereka semua sekaligus menyediakan engine yang juga tak berbayar.    Sedangkan contoh platform yang berbayar diantaranya adalah joomla, wordpress, drupal,  dan lain-lain.

WordPress Gratisan dan Berbayar

Ketika mengamati platform-platform yang ada, mungkin ada sebagian yang bertanya perihal “wordpress.” “Kok wordpress ada yang gratis dan ada pula yang berbayar? Yang benar mana nih?”       Tak usah bingung, karena keduanya benar. Ya, wordpress adalah platfprm pun engine  gratisan, namun menyediakan pula yang berbayar. Fitur-fitur yang berbayar biasanya bisa dilihat wordpress.org, sedangkan yang gratisan banyak diluncurkan di link wordpress.com

Sejauh ini “engine” yang digunakan pada wordpress merupakan engine yang paling banyak digunakan oleh pengelola situs, baik website ataupun weblog. Bukan di Indonesia saja, karena di negeri-negeri barat tak sedikit yang meminta web developer untuk dibuatkan situs dengan menggunakan mesin wordpress itu.

CMS dan CSS

Terlepas dari penggunaan platform apapun, seorang pengelola ataupun pembuat situs web bisa menambah, mengurangi, ataupun memodifikasi sebuah situs dengan cara mengutak-atik CMS pun CMS-nya.Segala pernak-pernik baik mengenai desain, lay out, warna, dan lain sebagainya bisa diterapkan dari sana.

  • Apa itu CMS?

CMS adalah satu istilah yang merupakan kepanjangan dari Content Management System. Memiliki padanan arti; tempat yang memudahkan untuk mengatur manajemen dan sistem yang ada dalam satu situs website.

CMS ini sengaja disediakan demi mempermudah, sehingga semakin banyak orang bisa memahami dan lalu menerapkan sesuai keinginan.   Hampir semua aplikasi Content Management System ini dibuat pengembang dengan bahasa pemrograman (scripting language) berujud PHP dan MySQL sebagai databasenya. Hanya saja, seiring perkembangan tehnologi tidak menutup kemungkinan hal ini akan mengalami perubahan, karena dewasa ini juga telah ada konsep Framework yang bisa digunakan untul memodifikasinya.

  • Beberapa CMS Populer

Sebagaimana tertulis sebangai “engine” di atas, ada beberapa CMS populer yang acap digunakan. Antara lain adalah WordPress, Aura CMS, Drupal CMS, Expression Engine, Radiant CMS, Silver Stripe CMS, Joomla, Modx CMS, TextPattern CMS, dan Made Simple CMS.

  • Apa itu CSS?

CSS adalah singkatan dari “Custom Style Sheet.” Sejatinya merupakan istilah yang serupa dengan CMS di atas. Yaitu salah satu kode pemrograman yang memiliki fungsi guna mengatur sistem dan manajemen dan tampilan suatu website (weblog), termasuk tata letak/layout, warna, dan juga desainnya.

Awal dikembangkan CSS ini pada tahun 1970, hingga tahun 1996 menjadi teknologi internet yang direkomendasikan oleh WWW (World Wide Web) Consortium atau dikenal dengan sebutan “W3C.” Bahasa-bahasa yang digunakan di antaranya adalah bahasa HTML,XML, XHTML, SVG (Scalable Vector Graphics), dan Mozilla XUL (XML User Interface Language).

Selanjutnya bulan Desember tahun 1996, W3C memperkenalkan Level pertama spesifikasi CSS yang disebut dengan CSS1.  Mei 1998, W3C meningkatkannya menjadi CSS2, dan terus berkembang dengan fungsi-fungsi yang juga makin canggih.    dari CSS inilah pada programmer, web developer, dan juga bloggerbisa menentukan warna, tata letak, dan elemen-elemen lainnya.

Dengan memanfaatkan CSS maka bisa dimungkinkan menampilkan wujud berbeda pada halaman yang  sama.

Blogger Bisa Mengatur Sendiri Situsnya

Dari pemaparan di atas dapat dipahami bahwa tak perlu menjadi seorang web programmer, maka kita pun sejatinya juga bisa mengatur dan merancang blog yang dimiliki.    Caranya adalah memperlajari kode-kode CSS yang berisi script ataupun bahasa pemrograman. Dengan begitu kita bisa menatanya sesuai keinginan tanpa harus melalui bantuan pihak lain.  [uth]

Sumber Rujukan:

[1]  Content Management System en.wikipedia.org Diakses pada 15 Desember 2014

[2] Cascading Style Sheets en.wikipedia.org Diakses pada 15 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

7 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here