Inilah Cara Perawatan Kecantikan Kulit Leher

11
1380
Cara Perawatan Kulit Leher
Cara Perawatan Kulit Leher

Selain berwajah menawan, memiliki leher jenjang menjadi dambaan bagi sebagian wanita, karena hal itu menjadi bagian kemolekan yang bisa diandalkan menjabi bahan daya tarik bagi kecantikannya. Hanya saja kenyataannya masih sedikit wanita yang memerhatikan perawatan pada bagian leher ini, dan lebih mengutamakan bagian wajahnya saja.

Belum banyak wanita yang menyadari bahwa cantik itu memiliki arti “holistik” alias menyeluruh. Itu berarti, semua bagian yang ada pada diri, baik itu pada wajah, pada tangan, pada kaki, pada tubuh, dan juga pada bagian leher, semuanya menjadi bagian yang tak bisa dipisah-pisahkan.

Tanda Penuaan Awal Ada Pada Leher

Dan leher menjadi penting untuk diperhatikan lantaran merupakan bagian yang cenderung terlebih dulu akan mengalami kekeriputan akibat elastisitasnya menurun. Sehingga penampakan tanda penuaan juga akan lebih nampak di bagian leher itu.

Penampakan tanda penuaan awal pada leher itu disebabkan oleh kulit yang konturnya lebih tipis jika dibandingkan dengan kulit yang ada pada bagian wajah.

Memijat Bagian Leher

Pemijatan pada leher dapat kita lakukan dengan cara menggerakkan telapak tangan secara vertikal dari bawah ke atas. Ingat dari bawah ke atas, bukan sebaliknya, apalagi memutar. Arah dari bawah ke atas ini menjadi “semacam” keharusan agar tak terjadi kebalikannya, yaitu kerusakan pada kulit bagian leher.

Dalam melakukan pemijatan akan lebih bagus jika menggunakan minyak zaitun, minyak mawar, atau minimal dengan memanfaatkan minyak kelapa. Idealnya dilakukan secara rutin tiap hari dengan durasi 10 hingga 15 menit dengan diselingi istirahat sekitar 1 menit agar kulit leher tidak kaku.

Memperhatikan Posisi Tidur

Posisi tidur memberi pengaruh besar terhadap keberadaan kulit leher kita. Sebagai contoh apabila kita tidur dengan mengganjal kepala menggunakan duadua bantal, maka bukan tidak mungkin hal itu mengakibatkan leher tertekuk, sehingga lipatan-lipatan di area leher akan terbentuk dengan sendirinya. Oleh karenanya, disarankan hanya menggunakan satu bantal demi menjaga posisi leher agar tetap lurus sepanjang malam dan lipatan pun kerutan permanen pada leher bisa diminimalisir.

Melakukan Senam Yoga

Bagi Anda yang gemar berolahraga, apalagi hobi dengan senam yoga, tanda penuaan dini pada leher akan lebih teratasi. Salah satunya dengan melakukan pose yoga sepertiplough, shoulder stand, atau forward bend. Dengan begitu ada oksigen serta nutrisi yang terhantar menuju ke arah kepala dan leher.

Mengoleskan Masker

Seperti pada langkah pemijatan, disertai mengoleskan masker pada bagian leher sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu, selain bisa menjaga kebersihan kulit leher, juga memiliki kemampuan mengencangkannya.

Akan tetapi jangan gunakan sembarang masker. Hindari pemakaian masker kering, misalnya yang berbentuk powder. Akan lebih bagus jika menggunakan masker berbahan buah-buahan.

Tambahkan Lotion dan Sunblock

Demi menjaga kelembaban kulit bagian leher, ada baiknya menggunakan lotion dan sunblock, namun harus disesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Selain menjaga kelembaban, cara ini memberikan manfaat agar kulit leher juga terhindar dari sengatan sinar ultraviolet matahari secara langsung.

Memperhatikan Bahan Pakaian

Berpikir tentang kulit leher, adakalanya orang lupa akan bahan pakaian yang dikenakan. Padahal itu memberikan pengaruh tak kecil bagi keberadaan kulit leher. Sebagai contoh tatkala leher kita acap terasa gatal, dan lalu terjadi iritasi, timbul bintik-bintik merah, bukan tidak mungkin adalah akibar pengaruh dari pakaian.

Perlu diketahui bahwa tak smeua bahan pakaian cocok dengan kondisi kita, adakalanya ada bahan yang justru membuat kulit kita menjadi alergi, dan lebih parahnya juga menyebabkan kerusakan pada jaringan kulit.

Menilik penuaan dini pada leher ini, sebenarnya bukan saja terjadi pada wanita, melainkan pada pria juga. Oleh karenanya langkah dan cara-cara di atas juga bisa diterapkan bagi para pria yang tetap ingin menjaga penampilan, utamanya perhatian pada kulit leher. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Merawat Kecantikan Leher – Harian Kedaulatan Rakyat Cetak. Diakses pada 16 Desember 2014

[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 16 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

  1. […] Pepaya merupakan buah yang mudah ditemukan di daerah tropis, dan tentu saja termasuk di Indonesia ini. Karena kemudahan inilah tak pelak menjadikannya sebagai buah murah jika dibandingkan dengan jenis buah-buahan lainnya. Namun, dengan kemurahan dan kemudahan itu bukan berarti pepaya menjadi tak berharga bagi tubuh kita. Sebaliknya. ia merupakan salah satu buah yang sangat baik apabila dimanfaatkan guna mendukung kesehatan tubuh. Bukan saja sebatas dikonsumsi sebagai asupan makanan, akan tetapi juga digunakan sebagai salah satu komponen pada industri kecantikan. […]

  2. […] Kerokan adalah metode yang dilakukan dengan cara menggaruk dan menekan bagian permukaan kulit yang dioles dan dibaluri minyak ataupun cream tertentu.     Menggaruk dan menekan permukaan kulit itu dilakukan dengan menggunakan benda pipih dan tumpul –misalnya uang logam ataupun benda serupa lainnya– sehingga membentuk guratan merah pada kulit. Tak hanya itu, ketegangan pada otot juga akan menjadi kendur, sehingga sensasi relaksasi pada kulit juga akan tercipta. [Baca juga: Inilah Cara Perawatan Kecantikan Kulit Leher] […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here