Yang Baik Dilakukan Bagi Penderita Asam Urat

5
2494
Anatomi
Anatomi

Asam urat menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu bagi aktifitas kehidupan sehari-hari, karena segala gerak menjadi terbatas oleh ketidaknyamanan yang diakibatkan olehnya.

Pengidap asam urat sebagian besar memang usia tua, namun bukan berarti pada usia muda akan terbebas darinya. Terbukti tak sedikit pula usia tigapuluhan juga telah mengalami penderitaan akibat terkena asam urat itu. Khususnya bagi mereka yang memiliki pola makan sembarangan, baik berkaitan dengan jenis makanannya ataupun dengan waktunya.

Pemeriksaan Darah

Untuk mencegah terserang asam urat, ada baiknya kita melakukan pemeriksaan darah, karena dari pemeriksaan itulah akan dapat dikethui kadar asam urat yang kita punya. Kriteria kadar tinggi asam urat pada jenis kelamin pria tak serupa dengan yang ada pada wanita. Untuk pria. akan dikatakan memiliki kadar asam urat tinggi apabila kandungannya melebihi angka 7mg%, sedangkan pada wanita adalah di atas 6mg%.

  • Kadar Purin

Penyebab tingginya kadar asam urat dalam darah salah satunya adalah karena konsumsi jenis-jenis makanan yang memiliki purin berlebihan. Makanan dengan kadar purin tinggi ini memiliki pengaruh tinggi utamanya bagi para pria usia 40 hingga 50 tahun dan juga para wanita usia lebih dari 50 tahun.

Selain diberikan obat pengurang kadar asam urat dan juga dianjurkan olahraga ringan (utamanya bagi penderita yang jarang melakukan kegiatan gerak), para penderita asam urat tinggi juga dianjurkan untuk menghindari makanan yang memiliki kadar purin. Hal ini minimal demi menjaga sakit itu kambuh kembali.

Makanan Yang Mengandung Purin Tinggi

  • Daging

Beberapa makanan berjenis daging yang memiliki kandungan purin tinggi antara lain adalah; bebek, hati, otak, daging sapi, daging ayam, udang, jeroan, ekstrak daging/kaldu, ikan sardin, dan kerang.

  • Sayuran

Bukan saja sebatas daging ada beberapa jenis sayuran pula yang memiliki kadar purin dan harus dijaga dalam mengkonsumsinya. Beberapa contoh jenis sayuran itu adalah; asparagus, bayam, daun singkong, daun kangkung, daun dan biji melinjo.

Yang Dianjurkan

Meski telah mengidap sakit asam urat, namun tak usah cemas akibat pantangan yang ada. Karena kenyataannya tak semua hal harus dipantang, namun sebaliknya, ada beberapa asupan yang justru dianjurkan untuk dikonsumsi karena akan membantu menyehatkan.

Jenis buah-buahan yang dianjurkan antara lain adalah; buah apel, buah ceri, pisang, jeruk nipis, tomat, brokoli, mentimun. Sementara untuk daging, ikan salmon menjadi makanan istimewa yang tak menjadi pantangan, dan akan tetap nikmat dipadukan dengan meminum teh hijau ataupun air putih. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Inilah Daftar Makanan Tinggi Asam Urat klikdokter.com Diakses pada 18 Desember 2014

[2] Gambar ilustrasi pixabay.com Diakses pada 18 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

5 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here