Pelbagai Plugin E-Commerce WordPress untuk Toko Online

1
2313
Plugin e-commerce wordpress
Plugin e-commerce wordpress

WordPress dikenal sebagai content management system (CMS) yang ramah pengguna. Salah satu kemudahan yang disajikan oleh CMS ini adalah ketersediaan plugin yang berlimpah. Sifat pengembangan wordpress yang berbasis open source membuka peluang pengembang dan programmer untuk terlibat dalam pengembangan plugin maupun tema (theme). Kelebihan ini telah melahirkan pelbagai bisnis baru, seperti bisnis layanan pembuatan theme dan plugin. Bisnis tema wordpress telah menggenjot ekonomi di dunia internet. Tidak hanya perusahaan, individu telah banyak mengambil manfaat dari sisi ini.

[ Baca Juga: Meningkatkan SEO Web Berbasis WordPress ]

Membuat website e-commerce berbasis menggunakan wordpress bukanlah sesuatu yang mahal kini. Tidak perlu terlalu pandai programming, kini setiap orang bisa mengembangkan sendiri website e-commerce. Plugin pendukung website untuk perdagangan online ini kini tersedia melimpah. Jika tidak ingin yang berbayar, anda dapat memperoleh plugin e-commerce wordpress yang gratis. Tidaklah sulit untuk menemukan plugin-plugin yang berguna ini.

Plugin E-Commerce WordPress Gratis

Plugin wordpress untuk web e-commerce secara umum terbagi menjadi 2, yaitu gratis dan berbayar. Keduanya tentu memiliki kelebihan tersendiri. Biasanya, plugin berbayar ebih terjamin dalam konteks update. Namun, pelbagai pengembang plugin gratis juga telah membuktikan diri dapat menyediakan update berkala untuk mengatasi kelemahan (bug) pada setiap versinya.

[ Baca juga: Daftar Plugin WordPress gratis untuk Meningkatkan SEO ]

Penggunaan plugin tentu perlu mempertimbangkan kegunaan. Menginstall plugin sebanyak mungkin tanpa mempertimbangkan fungsi juga bukan sesuatu yang tepat. Semakin banyak plugin yang aktif, maka semakin berat pula sebuah webiste berbasis wordpress untuk dibuka. Artikel ini mencoba merangkum beberapa plugin wordpress gratis yang dapat digunakan sebagai pendukung web e-commerce.

WP e-Commerce [link]

Plugin ini dapat digunakan  untuk pengelolaan sebuah website jual beli. Fitur yang ditawarkan cukup beragam, seperti saluran pembayaran dan kemampuan untuk menyesuaikan dengan pelbagai tema (theme) wordpress. Pengembang juga menyediakan tutorial dalam bentuk video yang memudahkan anda untuk menggunakan fitur ini untuk toko online Anda. Jika anda menggunakan sistem multisite, maka plugin ini cukup baik untuk digunakan.

WooCommerce Plugin [link]

Orang yang terbiasa dengan wordpress umumnya sudah mengenal pengembang tema Woo Themes. Mengacu pada pengalaman saya, fitur ini sangat berguna dan sesuai dengan pelbagai kebutuhan pengembangan website jual beli online. Integerasi bahkan juga dapat dikelola pada widget dasbor. Hal ini akan lebih mempermudah pengguna untuk memaksimalkan fungsi plugin ini. Sistem saluran pembayaran (payment gateway) yang disediakan oleh plugin ini pun cukup beragam. Plugin ini sudah memungkinkan penyetelan pembayaran secara online menggunakan paypal dan bayar di tempat (cash on delivery (COD)).

Jigoshop [link]

Plugin e-commerce ini menyediakan pelbagai kebutuhan cepat untuk membuat sebuah web toko online. Dengan fitur yang disediakan, pengguna dapat secara cepat menyusun kebutuhan website toko online. Pengelompokan produk berdasarkan jenis pun sangat mudah dilakukan menggunakan fitur gratis ini. Jika anda berjualan pakaian, fitur plugin ini sudah memungkinkan anda untuk mengelompokkan pakaian berdasarkan ukuran.

E-shop Plugin [link]

E-shop masuk sebagai salah satu rekomendasi kami. Kontrol sederhana dan mudah digunakan menjadi ciri khas plugin ini. Penyusunan dafar produk menjadi sangat mudah. Menggunakan tampilan yang mudah, pembeli dapat dengan cepat menemukan produk yang diinginkan dalam katalog toko online ini. Beberapa fitur tambahan yang disediakan adalah statistik jual beli, sistem pembayaran (payment gateway) dan moda pengiriman.

Chart66 Plugin [link]

Plugin e-commerce untuk wordpress ini tergolong ringan untuk digunakan. Pemilihan mata uang yang digunakan dalam jual beli dapat disetel secara baik menggunakan plugin ini. Moda plihan pengiriman juga menjadi fasilitas utama yang ditawarkan. Penyematan iklan pada laman tertentu turut dibantu dengan beberapa fitur yang melekat. Toko online Anda cukup dapat menggunakan plugin ini.

Plugin E-Commerce WordPress manakah yang terbaik?

Mengacu pada asas pemanfaatan plugin, instalasi perlu dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Pelbagai plugin dengan keunggulan masing-masing akan mudah ditemukan pada CMS ini. Namun, kebutuhan dan sasaran penjualan menjadi pertimbagan khusus ketika anda memilih untuk menginstall salah satu dari plugin e-commerce ini. Pertimbangkanlah jenis barang yang akan dijual melalui toko online ini. Pertimbangan pasar sasaran juga dapat dijadikan sebagai asas penentuan plugin yang akan digunakan.

 

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

  1. […] giPlugin wordpress untuk web e-commerce secara umum terbagi menjadi 2, yaitu gratis dan berbayar. Keduanya tentu memiliki kelebihan tersendiri. Biasanya, plugin berbayar ebih terjamin dalam konteks update. Namun, pelbagai pengembang plugin gratis juga telah membuktikan diri dapat menyediakan update berkala untuk mengatasi kelemahan (bug) pada setiap versinya.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here