Manfaat Musik dan Lagu Klasik Bagi Kesehatan

2
1813
Manfaat Mendengarkan Musik Klasik
Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

Banyak orang telah lama mengetahui bahwa jenis musik klasik memberi manfaat lebih, utamanya bagi ibu yang sedang hamil. Bahwa anak yang sedang dikandungnya sedikit banyak juga bisa merasakan lantunan musik klasik yang didengar oleh sang ibu.     Menjadi banyak dibenarkan tatkala dipaparkan pula oleh banyak ahli, bahwa musik klasik juga memberi pengaruh positif terhadap pertumbuhan dan kecerdasan, bkarena musik klasik itu mampu merangsang perkembangan anak.

Musik Bagi Segala Kehidupan

Para ahli dan peneliti juga menyatakan, bahwa bukan saja sebatas pada manusia, namun musik juga mampu membantu merangsang pertumbuhan tanaman ataupun hewan. Sebagai conth adalah yang dilakukan oleh seorang staf Departemen Biologi Oral Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, drg. Ria Puspitawati. Meskipun percobaannya baru dilaksanakan pada hewan, namun beliau memaparkan bahwa musik mampu mengoptimalisasi pertumbuhan pada jaringan keras gigi serta tulang rahang., meski masih terbatas pada percobaan pada hewan di laboratorium.

  • Penelitian Pada Tikus Hamil

Demi meraih gelar Doktor pada Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia, maka pada hari Kamis tanggal 31 Juli 2014, drg. Ria mempresentasikan penelitiannya pada sidang Ujian Terbuka, yaitu dengan obyek penelitian berupa beberapa hewan tikus yang sedang hamil, dan lalu diberikan asupan protein normal serta rendah.

Masing-masing tikus yang sedang hamil itu dipisah-pisahkan lagi menjadi dua kelompok. Pada waktu-waktu tertentu, kelompok pertama disandingkan dengan iringan musik secara rutin hingga tikus melahirkan anaknya dan tetap disandingkan iringan musik sampai umur anak tikus itu menginjak usia 5 minggu. Sedangkan kelompok kedua sama sekali tak diperdengarkan lagu atau musik apapun.

  • Lagu Klasik Mozart

Musik yang disuguhkan guna menemani tikus itu adalah lagu-lagu klasik, di antaranya adalah karya-karyanya Mozart, Vivaldi, Bach, dan Strauss.   Musik dan lagu-lagu klasik tersebut diperdengarkan minimal dua kali dalam sehari, yaitu pagi dan sore hari.

Musik Membantu pertumbuhan

Dari penelitian yang dilakukan oleh drg. Ria Puspitawati di atas, kenyataan membuktikan bahwa lagu dan musik klasik memberikan pengaruh positif bagi pertumbuhan kehidupan tikus.  Sebagaimana diketahui, hasil dari anak tikus yang disandingkan dengan musik dan lagu klasik tersebut mengalami peningkatan berat dan panjang badan lebih dibandingkan dengan anak tikus yang tanpa diperdengarkan lagu pun musik.

Lebih dari itu, anak tikus yang diberikan iringan musik memiliki pertumbuhan gigi dan tulang rahang lebih bagus dan lebih berkualitas dibanding kelompok tikus tanpa iringan sama sekali. Padahal kedua kelompok tikus itu sama-sama diberikan asupan gizi tinggi dan berkualitas.

  • Musik Memiliki Pengaruh Ampuh Bagi Tubuh

Dari penelitian yang ada, drg. Ria Puspitawati juga memaparkan bahwa musik memang memiliki pengaruh terhadap keadaan psikofisik tubuh, yaitu melewati alur neuroendokrin yang melibatkan sistem syaraf pusat dan sistem hormon.   Dan lebih dari itu, ternyata ada alur lain pula yang turut mempengaruhinya, yaitu berupa alur fisik.

Dapat dijelaskan pula bahwa musik adalah gelombang suara harmonis yang memiliki kemampuan mempengaruhi getaran benda lain selagi masih berada pada wilayah jangkauannya. Selanjutnya gelombang harmonis tersebut beresonansi terhadap gelombang intrinsik pada setiap benda, hingga memuncukan efek positif berupa terbentuknya vibrasi harmonis.

Disarankan Menikmati Musik Demi Kesehatan

Mengacu pada pemaparan para ahli dan peneliti, di antaranya adalah drg. Ria Puspitawati di atas, sepertinya sudah saatnya diterapkan sosialisasi serta usaha pengembangan pengetahuan yang membahas tentang manfaat musik sebagai terapi ataupun sarana penunjang demi mencapai kesehatan. Apalagi selain mudah dan menyenangkan, tak ada efek samping pula yang ditumbulkan darinya. [uth]

Sumber Rujukan:

[1] Musik Klasik Berefek Positif terhadap Pertumbuhan Gigi dan Tulang Rahang klikdokter.com Diakses pada 21 Desember 2014

[2] Gambar Ilustrasi pixabay.com  Diakses pada 21 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here