Panduan Cara Instalasi Theme atau Template WordPress

1
2435
Install Theme Wordpress
Install Theme Wordpress

WordPress dikenal sebagai salah satu content management system (CMS) yang mudah digunakan. Platform ini menjadi salah satu platform favorite. Kehadiran wordpress dalam dunia website telah mendongkrak kepemilikan website bagi individu maupun kelompok, baik sosial maupun bertujuan laba. Kelebihan wordpress terletak pada fitur bawaan maupun dukungan. WordPress, dengan frameworknya, memungkinkan keterlibatan banyak pihak untuk turut mengembangkan. Dikembangkan sebagai salah satu platform Open Source, platform ini memperoleh dukungan cukup luas dari komunitas.

WordPress tidak semata dikenal sebagai blog, sebagaimana umumnya lebih dikenal. WordPress juga menyediakan CMS sebagai salah satu mesin website dan pengelolaan konten. Kelebihan fitur WordPress tampak dari keleluasaan dalam pengelolaan tema (template atau theme) serta pengembangan plugin oleh pihak ketiga, perseorangan maupun kelompok. WordPress dengan segala fasilitasnya sudah mendukung kemudahan pengelolaan konten agar sesuai dengan Search engine optimization (SEO).

[Baca juga: Mengenal SEO untuk CMS WordPress]

Salah satu kemudahan yang ditawarkan oleh WordPress adalah keleluasaan pengembangan tema (theme). Kelebihan ini telah mendongkrak juga bisnis tampilan CMS ini. Ribuan tema untuk pelbagai kebutuhan muncul dengan beragam. Keberhasilan wordpress menghadirkan metode pengelolaan menu pada tahun 2011 memperkuat kehebatan dan kemudahan penggunaan CMS ini. Proses instalasi tema cukup mudah dilakukan di wordpress. Melalui dasbor, pengguna dapat mengunggah tema. Jika sudah lebih terbiasa dengan hosting, maka instalasi juga dapat dilakukan dengan menggunakan ftp atau file manager.

Cara Instalasi tema/theme/template wordpress secara umum dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu: (1) menggunakan layanan tema yang tersedia di wordpressm baik gratis maupun berbayar; 2. Mengunggah menggunakan fasilitas unggah tema yang tersedia pada menu instalasi tema; dan (3) instalasi melalui FTP atau file manager hosting.

[Baca Juga: Inilah Plugin WordPress untuk meningkatkan SEO]

Cara 1: Menggunakan Theme/Template yang sudah disediakan 

WordPress pada dasarnya sudah menyediakan template atau theme. Setiap kita selesai install CMS ini, secara langsung website akan terhubung dengan gudang (repository) template WordPress. Tidak semua layanan ini gratis, namun banyak di antara theme ini yang cukup bagus untuk digunakan.

Langkah 1: Masuklah ke menu Appearance dan pilih menu themes.

Langkah 2: Klik menu “add New”. Anda akan disambungkan dengan laman pilihan pencarian.

Langkah 3: Pilihlah theme sesuai dengan kata kunci atau warna. Jika sudah muncul, pilihlah tema yang sesuai dengan pilihan Anda. Jika sudah terpilih, maka klik install. Setelah itu, Anda telah perlu mengaktifkan themes yang sudah terinstall menggunakan cara ini.

Cara Install theme WordPress
Cara Install theme WordPress

Cara 2: Upload dari File

Cara instalasi theme wordpress yang lain adalah dengan menggunakan menu instalasi melalui fasilitas “upload” theme. Untuk menggunakan cara ini, anda perlu mengunduh (download) terlebih dahulu theme yang akan digunakan. File akan berekstensi .zip. Tidak perlu mengekstrak file dalam bentuk zip ini. CMS ini sudah akan mengenali theme meski dibungkus dalam bentuk ZIP. Perhatikan gambar berikut ini. cara install template wordpress terbaruSeusai proses pengunggahan (upload) selesai dilakukan, anda dapat melakukan aktivasi di menu apperance. Jika terdapat kesalahan pada file, makan CMS ini akan menolak melanjutnkan proses.

Cara 3: Menggunakan FTP

Cara ini memang tidak lebih banyak dikenal dibandingkan dengan 2 cara sebelumnya. Jika Ada ingin menginstall menggunakan FTP, anda perlu mengestrak (unzip) file. Unggah file2 yang telah di zip ke dalam folder Themes. Folder ini berada di bawah menu content. Jika sudah, maka Anda perlu juga melakukan aktivasi.  Berhasil mengunggah theme bukan berarti website sudah secara otomatis memilki theme yang baru. Tetapi, theme itu perlu diaktivasi. Jika ada kekurangan file/berkas, sistem akan menolah proses ini.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here