3 Elemen SEO [2]: Struktur Web yang SEO Friendly

6
1454
Struktur web seo friendly
Struktur web seo friendly
Inilah 3 Faktor Utama Keberhasilan SEO Website [1] Membahas Peran Kata Kunci sebagai Elemen SEO
3 Elemen SEO [2]: Struktur Web yang SEO Friendly Membahas Tentang Struktur Website yang SEO Friendly
3 Elemen SEO [3]: Membangun BackLinks Membahas Tentang Faktor eksternal yang harus diperhatikan dalam SEO

Panduan SEO banyak sekali dapat ditemukan di pelbagai media, baik cetak maupun online. Panduan tersebut banyak menguraikan teknik SEO yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke sebuah website dengan mengandakan optimalisasi peran pencari. Mesin pencari, bagaimana pun memiliki algoritma khusus yang secara operasional menentukan seberapa banyak konten sebuah website diindeks dan seberapa besar sebuah konten diprioritaskan untuk tampil di laman hasil pencarian.

Setelah membahas tentang elemen 1 SEO yang berisi terntang kata kunci, artikel ini akan terfokus pada pembahasan struktur web/blog yang friendly yang turut memengaruhi sejauh mana konten diindeks dan diasajikan oleh mesin pencari.

Bagaimanakah website yang SEO Friendly?

Pertanyaan ini kerap mengemuka. Website yang memenuhi kriteria SEO Friendly adalah website yang mudah ditelusuri oleh manusia dan robot mesin pencari. Kedua aktor ini sama pentingnya. Kemudahan manusia mencari bagian-bagian pada website akan meningkatkan kemungkinan kepercayaan pada satu website. Hal ini akan menambah kemungkinan pengunjung membagikan atau memberikan backlink karena menganggap bahwa website tersebut memberikan manfaat. Konten yang bermanfaat akan mengundang kesetiaan pengunjung. Pada konteks ini, kemudahan navigasi untuk menemukan seluk beluk dan konten yang tersedia menjadi faktor utama yang perlu diperhatikan.

Sementara, struktur web juga haru memfasilitasi mesin pencari untuk menemukan beragam konten di dalamnya. Secara mendalam, mesin pencari akan menelusuri sebuah website dari laman muka hingga link-link lain yang terhubung. Selain itu, beberapa hal lain yang memudahkan mesin pencari mengindeks kata kunci menjadi relevan untuk diperhatikan.

Penempatan kata kunci (keyword)

Penempatan kata kunci dalam sebuah laman atau konten menjadi salah satu penentu dalam keberhasilan SEO sebuah website. Agar mesin pencari mengerti apa yang terdapat dalam sebuah konten, maka kata kunci idealnya harus terpapar dalam konten. Namun, membuat konten yang hanya berisi kata kunci, seperti yang banyak digunakan oleh blogger, tidaklah tepat. Hal ini justeru akan mendatangkan hukuman berupa masuknya blog/website Anda ke dalam daftar hitam pengguna. Selain itu, algoritma Google kini telah mengenali website yang hanya berisi kata kunci.

Tidak semata kata kunci (keyword), beberapa elemen berikut ini menjadi penting untuk turut diperhatikan:

  • Judul halaman web
  • Meta Description Web
  • Kata kunci pada  paragraf awal  artikel
  • Semantic URLs
  • Sistem Navigasi
  • H1, H2, H3 tag (tag yang terstruktur dan memuat kata kunci)
  • Internal links atau link yang menghubungkan satu konten dengan konten lain yang relevan  dalam sebuah web.
  • File gambar (Alt)

Meningkatkan Kualitas Interaksi dengan Pengunjung Website

Tingkat pementalan dari sebuah website menjadi salah satu momok yang perlu diwaspadai oleh pengelola web atau blog. Satu (1) pengunjung bagaimana pun adalah berharga. Satu pengunjung dapat secara potensial mengunjungi beberapa konten atau laman dalam sebuah website. Hal ini tentu saja dapat mengurangi angka bounce rate (tingkat pementalan). Namun hal tersebut hanya dapat terjadi apabila website memiliki navigasi yang memudahkan pengunjung untuk mencari konten yang dicari.

Kecepatan Loading Website

Kecepatan loading sebuah website mempengaruhi sejauh mana mesin pencari mengindeks. Semakin cepat, maka semakin baik pula penelusuran oleh robot mesin pencari dapat dilakukan. Selain itu, lambatnya sebuah website dibuka oleh pengguna akan menambah tingkat pementalan. Pengguna yang tidak sabar dapat saja menutup sebelum website secara utuh terbuka. Hal ini akan berpengaruh pada meningkatnya   tingkat pementalan dan juga hasil pencarian di Google.

Menambah Outbond Links

Banyak orang yang mengatakan bahwa outbond links akan menimbulkan kebocoran SEO pada website. Hal ini tidak sepenuhnya benar mengingat outbond link justeru menjadi penanda bagi mesin pencari tentang fokus website Anda. Memang ada baiknya jumlah outbond dipertimbangkan. Selain itu, pemuatan outbond juga menunjukkan apresiasi atas upaya merujuk pada website lain. Kejujuran ini secara tidak langsung akan meningkatkan popularitas website Anda.

Konten yang Bermutu adalah Kunci SEO

Google kini semakin canggih untuk menilai kelaikan sebuah website dari sudut kualitas konten. Umumnya konten yang berkualitas akan diutamakan oleh Google untuk diindeks dan diletakkan pada laman pertama. Konten yang hanya berisi sederet kata kunci justeru semakin disingkirkan dari indeks mesin pencari. Jika anda adalah salah satu pengelola web atau blogger yang banyak membuat daftar kata kunci berlebihan di website, ada baiknya hal tersebut dikurangi.

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

  1. […] Panduan SEO banyak sekali dapat ditemukan di pelbagai media, baik cetak maupun online. Panduan tersebut banyak menguraikan teknik SEO yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke sebuah website dengan mengandakan optimalisasi peran pencari. Mesin pencari, bagaimana pun memiliki algoritma khusus yang secara operasional menentukan seberapa banyak konten sebuah website diindeks dan seberapa besar sebuah konten diprioritaskan untuk tampil di laman hasil pencarian.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here