3 Faktor Utama Keberhasilan SEO Website [1]: Kata Kunci

4
2559
Teknik SEO, meningkatkan SEO, memperbaiki SEO website
Teknik SEO
Inilah 3 Faktor Utama Keberhasilan SEO Website [1] Membahas Peran Kata Kunci sebagai Elemen SEO
3 Elemen SEO [2]: Struktur Web yang SEO Friendly Membahas Tentang Struktur Website yang SEO Friendly
3 Elemen SEO [3]: Membangun BackLinks Membahas Tentang Faktor eksternal yang harus diperhatikan dalam SEO

 

Memiliki konten yang banyak dan tidak terindeks baik oleh Google? Ada baiknya Anda memeriksa kembali ketepatan strategi Search Engine Optimization (SEO) website anda. Bagaimana pun, mesin pencari adalah sumber utama yang menghantarkan pengunjung kepada website anda. Google adalah mesin pencari utama yang berperingkat jauh dari mesin pencari lain dari segi kecerdasan robotik pengindeksan dan penyajian. Mengabaikan aspek-aspek SEO dapat mengakibatkan website yang bermutu justeru tertinggal jauh dibandingkan dengan website yang bermutu rendah.

Strategi SEO sangat populer di kalangan blogger. SEO bagaimana pun memainkan peran penting untuk memastikan sebuah website memiliki pengunjung yang terarah dengan mengandalkan mesin pencari. Tanpa strategi ini, konten website akan dinomorduakan oleh mesin pencari. Akibatnya, website yang kaya konten tak jarang memiliki pengunjung yang sedikit akibat tidak maksimalnya daftar konten terindeks pada Google.

Teknik SEO banyak ditemukan di Internet. Materi-materi yang beragam ini umumnya bersumber dari pihak Google sebagai penyedia layanan dan pengalaman penggunaan internet itu sendiri. Secara umum, kami mengklasifikan kunci SEO menjadi 3 unsur utama, yaitu (1) Faktor Kata Kunci (konten); (2) Faktor Internal Website; dan (3) Faktor Eskternal. Ketiga elemen ini kami jabarkan dalam 3 artikel terpisah yang perpapar dalam daftar isi pada pembuka artikel ini.

Kata Kunci Sebagai Penentu 

Pernahkah anda mencari bahan atau konten sesuatu di mesin pencari seperti Google? Coba memulai diskusi ini dengan mengamati perilaku Anda sendiri. Hampir dipastikan bahwa pengguna menggunakan mesin pencari untuk menemukan konten yang tepat. Pencarian tersebut biasanya menggunakan satu kata, dua kata, atau bahkan beberapa kata (frasa). Hal tersebut sangat tergantung pada kebiasaan masing-masing pengguna. Mesin pencari, secara otomatis akan memberikawa tawaran beberapa konten yang terindeks berdasarkan kata kunci yang dicari oleh pengguna. Pengguna yang mengetikkan rangkaian kata kunci akan mendapatkan rekomendasi daftar laman website yang memuat kata kunci tersebut.

Riset kata kunci (keyword) menjadi sangat penting bagi pemilik dan pengelola website. Tanpa bertujuan selalu mengejar kata kunci, riset ini lebih bertujuan untuk menjadi acuan bagi penulis dalam penggunaan kata tertentu dalam konten yang disajikan dalam website. Riset ini bertujuan untuk menemukan kata kunci paling relevan dengan konten yang akan dituliskan. Semakin baik riset ini dan implementasinya dalam konten, maka akan semakin baik pula kemungkinan terindeksnya website dalam logika  (Search Engine Result Page) mesin pencari.

[Baca Juga: Menentukan Kata Kunci untuk SEO Website]

Terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk menemukan kata kunci, seperti dengan memanfaatkan alat kerja Google Planner dan Google Trend. Google planner menyajikan data seberpa banyak sebuah kata dicari dan seberapa besar persaingan terkait dengan kata kunci tersebut. Google tren menyajikan ragam trend yang mungkin dapat bermanfaat bagi pengelola website menemukan tema-tema yang relevan. Tingkat persaingan kata kunci perlu dipertimbangkan oleh pengelola website. Meski tidak berarti penulis harus mundur ketika persaingan tinggi, hasil riset melalui Google Planner dapat memberikan gambaran mengenai strategi lain untuk masuk dalam kontestasi tersebut agar mampu bersaing dengan penyedia konten lainnya.

[Baca juga: Manfaatkan Google Trend untuk Perencanaan Bisnis Online]

Penentuan kata kunci melalui riset menjadi langkah awal dan dasar yang perlu dipertimbangkan oleh pengelola website atau blog. Diperkirakan 30% kesuksesan menarik pembaca bermula dari strategi ini.

Berbagi dan Diskusi

4 COMMENTS

  1. […] Teknik SEO banyak ditemukan di Internet. Materi-materi yang beragam ini umumnya bersumber dari pihak Google sebagai penyedia layanan dan pengalaman penggunaan internet itu sendiri. Secara umum, kami mengklasifikan kunci SEO menjadi 3 unsur utama, yaitu (1) Faktor Kata Kunci (konten); (2) Faktor Internal Website; dan (3) Faktor Eskternal. Berikut ini adalah penjelasan atas setiap faktor tersebut tersebut.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here