Jenis Usaha yang Menjanjikan bagi Pengusaha UKM

2
2008
Ragam Peluang Bisnis
Ragam Peluang Bisnis

Membuka usaha atau bisnis sendiri cukup banyak digemari. Kreativitas inilah yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi. Banyak orang kini tidak semata berorientasi pada upaya menjadi pegawai negeri sipil (PNS) atau pegawai swasta, tetapi mengarah pada kreativitas menyusun bisnis sendiri. Semakin mudahnya akses informasi dengan kian luasnya penggunaan internet menginspirasi banyak orang. Ide-ide kreatif yang menjadi peluang investasi dengan mudah ditemukan di internet dan menjadi inspirasi terbukanya bisnis-bisnis baru. Keberadaan sosial media yang mendukung pemasaran, menjadi faktor lain yang memperkuat perkembangan bisnis berbasis industri kreatif.

Bisnis dan Ide

Memulai bisnis membutuhkan ketelitian tersendiri. Modal bukan faktor penentu utama yang menyebabkan keberhasilan atau kegagalan dalam memulai bisnis. Kreativitas danperencanaan bisnis menjadi faktor kunci keberhasilan sebuah bisnis, termasuk bisnis yang baru. Sering sekali ditemukan bisnis-bisnis besar yang bernama harus gulung tikar akibat minimnya inovasi dalam pengelolaan bisnis tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa ide menjadi modal besar dalam pengelolaan usaha di skala apa pun.

Inspirasi tentang jenis bisnis apa yang akan digeluti dalam dapat ditemukan di pelbagai tempat. Akses internet memudahkan anda menemukan jenis-jenis peluang. TIdak semata itu, beberapa jenis alat kerja online, seperti Google Planner memungkinkan anda melakukan riset sederhana untuk mematangkan rencana bisnis. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang masih berpeluang besar dalam bisnis di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha yang dapat dijadikan inspirasi dalam perencanaan bisnis. Bagi anda yang merencanakan untuk membuat usaha kecil menengah (UKM), beberapa hal berikut ini mugkin dapat menjadi inspirasi.

Bisnis Makanan atau usaha kuliner

Bisnis makanan akan selalu menjanjikan mengingat makan adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Usaha kuliner selalu menyisakan ruang bagi siapa pun untuk membangun usaha di pada jenis ini. Jika diperhatikan, usaha makanan menjadi salah satu usaha yang paling cepat berkembang dalam skala lokal maupun nasional. Usaha seperti restoran atau kedai makan menjadi kian marak. Di Yogyakarta, kafe-kafe yang menyediakan makanan berat hingga kudapan berkembang pesat. Menjamurnya usaha jenis ini karena menangkap besarnya peluang pelanggan dengan mempertimbangkan besaranya jumlah mahasiswa.

Tak kalah dengan restoran, usaha kuliner yang menyajikan makanan dalam kemasan pun menjadi cukup berkembang. Makanan ringan dan minuman menjadi sasaran utamanya. Pelbagai makanan tradisional semakin banyak yang dikemas dan dipasarkan secara luas. Minuman seperti sari Carica yang menjadi ciri khas Wonosobo kini telah diolah, dikemas dan dipasarkan secara luas.

Kreasi dalam bisnis ini pun tampak sangat beragam. Kripik buah adalah salah satu bentuk kerativitas yang cukup mengemuka. Bentuk-bentuk makanan seperti kripik sayur adalah bentuk lain yang menunjukkan bahwa kreativitas menyumbang pemasukan bagi pengusaha. Mak Icih adalah makanan yang tida semata terkait dengan produk kripik. Kreativitas yang melekat pada produk makanan inilah yang membuatnya populer. Strategi pemasaran yang membedakan tingkat kepedasan adalah kreativitas yang menunjukkan bahwa produk tersebut bukanlah semata makanan.

NEXT untuk Selanjutnya

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Memulai bisnis membutuhkan ketelitian tersendiri. Modal bukan faktor penentu utama yang menyebabkan keberhasilan atau kegagalan dalam memulai bisnis. Kreativitas danperencanaan bisnis menjadi faktor kunci keberhasilan sebuah bisnis, termasuk bisnis yang baru. Sering sekali ditemukan bisnis-bisnis besar yang bernama harus gulung tikar akibat minimnya inovasi dalam pengelolaan bisnis tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa ide menjadi modal besar dalam pengelolaan usaha di skala apa pun.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here