Jenis Usaha yang Menjanjikan bagi Pengusaha UKM

2
2779

Bisnis Konten Internet

Sejak Google menyediakan layanan Google Adsense, semakin marak pula pebisnis konten yang bergelut pada bidang ini. Pada periode awal, bermula dari menggunakan layanan Blogspot penulis atau blogger sudah bisa meraup keuntungan dari produksi konten. Blogger berjejalan di Indonesia. Tawaran keuntungan yang fantastis oleh Google dengan memanfaatkan kepiawaian menuliskan konten menjadi bujukan yang cukup menarik. Pada perkembangannya, bisnis ini tidak semata dilayani oleh Google. Terdapat beberapa alternatif Google adsense yang dapat digunakan oleh netizzen untuk meraup keuntungan dari dunia maya.

Salah satu tantangan dalam bisnis “tak terduga” ini adalah kualitas dan orisinalitas konten. Di balik tingginya keuntungan bisnis bermodal kecil ini, banyak juga kecurangan dilakukan oleh netizen. Istilah Copas (copy and paste) menjadi salah satu tantangan yang cukup luas. Sangat banyak netizen yang mencoba untuk meraup keuntungan dengan semata menyalin tulisan atau konten orang lain. Meski Google menetapkan standar yang ketat, namun masih sering terjadi kebocoran.

Tidak semata berbasis konten, layanan aplikasi online juga semakin menjanjikan. Kehadian android yang menyediakan kemungkinan baru berbisnis konten melalui aplikasi memperbesar peluang ini. Sejarah Android yang berkembang cukup pesat memberikan peluang besar pagi programmer atau orang yang memiliki ide aplikasi. Selain iklan, layanan aplikasi berbayar adalah ruang lain untuk meraup keuntungan dari pasar aplikasi google.

Berbagi dan Diskusi

2 COMMENTS

  1. […] Memulai bisnis membutuhkan ketelitian tersendiri. Modal bukan faktor penentu utama yang menyebabkan keberhasilan atau kegagalan dalam memulai bisnis. Kreativitas danperencanaan bisnis menjadi faktor kunci keberhasilan sebuah bisnis, termasuk bisnis yang baru. Sering sekali ditemukan bisnis-bisnis besar yang bernama harus gulung tikar akibat minimnya inovasi dalam pengelolaan bisnis tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa ide menjadi modal besar dalam pengelolaan usaha di skala apa pun.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here