Inilah Penyebab dan Gejala Penyakit Asam Urat

10
2527
gejala asam urat
gejala asam urat

Asam urat menjadi salah satu penyakit yang semakin banyak ditemui. Penyakit ini merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh residu dari konsumsi makanan tertentu yang berlebih. Gejala asam urat menjadi salah satu pertanyaan yang kerap mengemuka. Gaya hidup dan makanan kian menambah jumlah pengidap penyakit ini. Meski demikian, pengetahuan tentang gangguan pada tubuh satu ini masih belum diketahui secara luas oleh masyarakat. Pemahaman tentang asam urat yang masih rendah mengakibatkan kemungkinan konsumsi obat secara di tengah masyarakat. Dengan mudah terkadang dapat ditemui beberapa jenis obat yang dikemas ulang dan dibungkus sebagai obat asam urat, flu tulang dan sebagainya. Tanpa mengindahkan resep dokter, obat seperti ini yang dijual di warung-warung secara bebas dapat menjadi sumber malapetaka.

Apa itu Penyakit Asam Urat?

Penyakit asam urat adalah jenis penyakit yang timbul akibat dari ketersediaan zat purin terlalu tinggi pada tubuh manusia. Masuknya zat ini secara berlebihan menyebabkan beberapa gangguan metabolisme. Pada prinsipnya, zat purin diolah oleh tubuh menjadi asam urat. Ginjal sebagai organ yang berfungsi dan mengolah zat-zat yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh memiliki keterbatasan untuk mengeluarkan zat-zat pada jumlah tertentu, termasuk purin. Akibatnya, kadar asam urat yang berlebih menjadi kristal yang dapat menumpuk pada persendian. Penumpukan zat tersebut mengakibatkan peradangan pada bagian persendian [1]. 

Gejala Asam Urat
Gejala Asam Urat

Penyakit asam urat timbul dari sisa-sisa metabolisme tubuh –terutama zat purin yang berasal dari beberapa jenis makanan. Zat tersebut pada prinsipnya ada pada setiap sumber makanan yang bersumber dari mahluk hidup. Mahluk hidup umumnya mengandung zat ini sehingga mengkonsumsi makanan yang bersumber dari mahluk hidup berarti memindahkan kandungan zat purin ke dalam tubuh manusia. Tidak sebatas itu, zat ini juga ada pada beberapa jenis tumuhan dan buah [2].  Menumpuknya asam urat pada darah –dalam tubuh– menimbulkan persoalan yang disebut dengan gout arthritis. Gangguan gout-arthritis oleh kalangan umum disebut sebagai asam urat.

[Baca juga: Hal-hal yang baik dilakukan pengidap Asam Urat]

Penyebab Asam Urat 

Penyebab asam urat sekilas terpapar pada sub bab sebelumnya. Meski ditengarai disebabkan oleh banyaknya zat purin dalam tubuh manusia yang disebabkan oleh asupan makanan, penyebab lain dapat saja terjadi yang menimbulkan penyakit ini. Prinsip dasar yang menjadi penyebab penyakit ini adalah jumlah purin yang tinggi dan keterbatasan tubuh mengeluarkan zat ini dari dalam tubuh. Beberapa hal lain yang menjadi sebab, antara lain:

  • Kondisi tertentu terkait dengan diet dan berat badan. Kegemukan bisa saja menjadi penyebab yang mempersulit tubuh mengeluarkan zat purin. Konsumsi makanan tertentu yang mengandung purin tinggi, seperti makanan dari hewan-hean laut menjadi faktor yang cukup berpengaruh. Konsumsi alkohol berlebih ditengarai juga menjadi penyebabnya.
  • Konsumsi obat yang menyebakan penumpukan zat asam urat. Obat-obatan seperti aspirin dan niacin yang dikonsumsi dalam jangka panjang memengaruhi penumpukan zat ini. Selain itu, obat yang bertujuan untuk mengurangi jumlah garam dalam tubuh turut berpengaruh.
  • Beberapa jenis penyakit juga ditengarai menjadi penyebab penyakit satu ini. Kehilangan berat badan secara ekstrem dan darah tinggi menjadi salah satunya.
  • Bayi yang dilahirkan dengan kondisi tertentu yang menyebabkan tingginya kadar asam urat. Hal ini memang jarang terdengar meski ada [4].

Gejala Asam Urat 

Gejala asam urat terjadi berbeda-beda pada setiap orang. Artinya Setiap orang mungkin merasakan gejala dalam kadar yang beragam. Meski demikian, beberapa gejala atau simptom asam urat dapat digeneralisir satu dengan lainnya. Gejala-gejala dapat terjadi satu-persatu atau terjadi sebagai rentetan atau terjadi secara sekaligus. Kemunculan gejala yang beruang-ulang –meski beberapa kali– dapat menjadi penanda penting terjadinya penyakit ini.

Beberapa gejala asam urat yang umum terjadi, antara lain:

  •  Nyeri pada persendian yang terjadi secara berulang kali atau sering. Ketika gejala ini terjadi, mulailah dengan mengurangi makanan yang mengandung purin. Jika berkurang, sebagian kesimpulan nyeri sebagai gejala asam urat telah terpenuhi.
  • Rasa kesemutan pada daerah persendian. Simtom ini dapat terjadi secara berulang-ulang.
  • Pembengkakan pada persendian. Pada situasi yang lebih akut, persendian akan membengkak. Gejala lain berupa persendian yang berwarna kemerahan terkadang muncul sebagai penyerta.

Beberapa persedian yang kerap diserang oleh penyakit ini adalah tumit, sendi jari-jari, siku dan lutut. Meski demikian, penumpukan asam urat dapat juga terjadi pada jaringan tubuh yang lain [5].

 Sumber Rujukan

[1] What is Uric Acid, Livescience.com, diakses pada 23 Desember 2014

[2] Uric Acid, nlm.nih.gov, diakses pada 23 Desember 2014

[3] Gambar ilustrasi asam Urat, humanhealth.com, diakses pada 23 Desember 2014

[4] Gout Causes, webmd.com, diakses pada 23 Desember 2014

[5] Gout Symtoms, webmd.com, diakses pada 23 Desember 2014

Berbagi dan Diskusi

10 COMMENTS

  1. […] Gejala asam urat terjadi berbeda-beda pada setiap orang. Artinya Setiap orang mungkin merasakan gejala dalam kadar yang beragam. Meski demikian, beberapa gejala atau simptom asam urat dapat digeneralisir satu dengan lainnya. Gejala-gejala dapat terjadi satu-persatu atau terjadi sebagai rentetan atau terjadi secara sekaligus. Kemunculan gejala yang beruang-ulang –meski beberapa kali– dapat menjadi penanda penting terjadinya penyakit ini.  […]

  2. […] Sebagai obat asam urat, pada sore hari silakan ambil lima batang akar sidaguri, kemudian dicuci sampai bersih dan potong kecil-kecil. Silakan rebus potongan batang-akar sidaguri tersebut hingga mendidih dengan menggunakan air sebanyak dua gelas. Setelah dirasa cukup, tuangkan air rebusan beserta akarnya ke dalam wadah-gelas dan selanjutnya tutup rapat, serta tunggu semalaman. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here