3 Elemen SEO [3]: Membangun Backlink yang Berkualitas

6
1363
meningkatkan SEO
Inilah 3 Faktor Utama Keberhasilan SEO Website [1] Membahas Peran Kata Kunci sebagai Elemen SEO
3 Elemen SEO [2]: Struktur Web yang SEO Friendly Membahas Tentang Struktur Website yang SEO Friendly
3 Elemen SEO [3]: Membangun BackLinks Membahas Tentang Faktor eksternal yang harus diperhatikan dalam SEO

Search Engine Optimization (SEO) membutuhkan ketelitian tersendiri. Blogger atau pengelola web yang berkeinginan mendapatkan pengunjung dalam jumlah baik perlu memperhatikan elemen-elemen SEO. Tidak semata agar sebuah website atau blog mendapatkan ranking baik pada mesin pendari, teknik SEO bertujuan untuk membangun interaksi dan kenyamanan pengguna. Dua (2) artikel sebelumnya yang terkait dengan membahas tentag aspek kata kunci dan struktur web sebagai bagian penting dari teknik SEO. Artikel ketiga ini akan terfokus pada pembahasan tentang Backlink.

Apakah yang dimaksud Backlink?

Back link juga dapat disebut dengan beberapa istilah lain, seperti incoming links dan inlinks.  Istilah ini menunjukkan tautan dari sebuah website ke website yang lain.  Backlink sebenarnya secara fungsional bertujuan untuk memberitahukan pengunjung untuk mengunjungi atau merujuk website yang lain sebagai sumber atau acuan pada konten atau tema tertentu. Secara teknis backlink turut memberi tanda kepada robot mesin pencari untuk melakukan penelusuran pada web-web yang dirujuk. Semakian baik dan semakin banyak backlink menuju ke sebuah web makan akan semakin baik pula peringkat search engine result page (SERP) website tersebut. Google memperhitungkan hal ini untuk meletakkan konten sebuah website pada laman-laman hasil penelusuran.

[Baca juga: Kata kunci, Nyawa SEO sebuah Website]

Bagaimana backlink yang berkualitas?

Backlink yang berkualitas secara prinsipil adalah backlink yang bersifat natural (tidak dibuat-buat). Semakin baik konten sebuah website maka akan semakin besar pula peluang website tersebut dirujuk atau direkomendasikan oleh website lainnya. Membangun backlink yang berkualitas harus dimulai dari argumen tentang konten yang berkualitas. Blogger tentu tidak akan sungkan –contohnya– untuk merekomendasikan sebuah website yang berkonten baik. Artinya, backlink yang baik bermula dari konten yang baik.

Bakclink dari Media Sosial (Medsos)

Pengumpulan backlink dari media sosial juga kini turut diperhatikan. Kian banyaknya pengguna media sosial, seperti twitter dan facebook membuka peluang memperbanyak backlink dari alat komunikasi ini.  Seperti halnya blogger yang mau menyarankan web dengan konten berkualitas, pengguna media sosial tentu tak sungkan membagikan konten yang dianggap bermanfaat.

Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna media sosial terbesar, terutama Facebook dan Twitter. Besarnya jumlah pengguna tersebut harus dimaknai sebagai peluang membangun kemungkinan angka pengunjung. Ada baiknya blogger mengaitkan blog dengan media-media sosial yang populer. Hal ini diyakini dapat mendongkrak angka pengunjung. Meskin link yang bersumber dari media sosial bersifat “nofollow” namun sharing berkala melalui media sosial dinilai tetap bermanfaat. Media sosial memiliki cara kerja dan logika sendiri untuk membantu amplifikasi konten yang dibagikan.

[Baca juga: Tips SEO untuk Pengguna WordPress]

Link dari Signature Forum

Apakah anda mengikuti forum seperti Forum detik atau kaskus? Beberapa forum memungkinkan penggunanya memberikan link dofollow. Hal ini dapat meningkatkan nilai bagi website yang dirujuk tersebut. Pada forum yang cukup ramai, pengunjung bahkan dapat secara langsung berkunjung dari jejak pada forum tersebut. Namun, jumlah link yang bersumber dari forum-forum perlu diwaspadai pula. Jika website anda masih seumur jagung, maka  baiknya secara bijak membangun jumlah link ini.

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

  1. […] Search Engine Optimization (SEO) membutuhkan ketelitian tersendiri. Blogger atau pengelola web yang berkeinginan mendapatkan pengunjung dalam jumlah baik perlu memperhatikan elemen-elemen SEO. Tidak semata agar sebuah website atau blog mendapatkan ranking baik pada mesin pendari, teknik SEO bertujuan untuk membangun interaksi dan kenyamanan pengguna. Dua (2) artikel sebelumnya yang terkait dengan membahas tentag aspek kata kunci dan struktur web sebagai bagian penting dari teknik SEO. Artikel ketiga ini akan terfokus pada pembahasan tentang Backlink.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here