Langkah-langkah Penting Meningkatkan SEO Website berbasis WordPress

6
11119
Cara Menutup Komentar di Wordpress
Cara Menutup Komentar di Wordpress

WordPress menjadi salah satu satu sistem pengelolaan konten (content management system/CMS) yang paling populer digunakan bagi para blogger dan pengelola web. Selain CMS ini, masih ada beberapa jenis CMS lain yang juga populer, seperti Joomla dan Drupal. WordPress dan setiap CMS memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. WordPress dinilai –saat ini– sebagai CMS yang paling mudah dikelola dengan dukungan plugin yang beragam. Hal inilah yang menyebabkan banyak blogger dan pemilik web mulai beralih pada penggunaan CMS ini.

[Baca: 3 Elemen Dasar SEO untuk Blog dan Website]

WordPress juga dikenal sebagai CMS yang support pada search engine optimization (SEO). Selain fitur bawaan seperti ringkasan (excerpt) dan tag (tanda) yang memudahkan mesin pencari menemukan kata kunci, beberapa fitur plugin juga mendukung optimalisasi SEO pada webasite berbasis wordpress.

[Baca juga: Teknik SEO dasar untuk Web Berbasis WordPress]

Teknik SEO untuk WordPress pada prinsipnya tidak berbeda dengan penggunaan CMS lainnya. Tetapi, wordpress secara default menyediakan beberapa fitur penting. Selain itu, penggunaan plugin juga dapat memaksimalkan SEO. Secara teknis, fasilitas ini perlu dikombinasikan dengan teknis-teknis pada penulisan. Artinya, fasilitas pada sebuah CMS baru akan berfungsi secara maksimal mendongkrak SEO apabila dapat dikombinasikan dengan teknik pengelolaan web, terutama pengelolaan konten. Mengacu pada pengalaman kami, berikut ini adalah beberapa hal prinsipil yang dapat digunakan untuk memaksimalkan SEO wordpress:

Maksimalkan Judul

Judul, seperti umumnya tulisan, perlu menggambarkan secara umum isi konten yang disajikan. Ada baiknya, judul telah memuat kata kunci yang memadai dan relevan dengan konten. Tidak perlu bombastis, tetapi judul memiliki relevansi dengan isi. Hal ini jauh lebih penting untuk SEO jangka panjang dibandingkan dengan mengejar dan menyajikan judul yang bombastis. Pertimbangkan dengan baik judul yang menarik dan memuat kata kunci secara tepat.

Tidak sepenuhnya kata kunci yang bombastis akan mendongkrak web atau blog. Hal ini perlu diperhatikan terutama bagi blogger yang mencoba membuat blog non-berita yang berumur panjang. Tidak perlu membuat judul aneh-aneh atau tidak relevan karena ingin memancing kunjungan. Biasanya, judul seperti ini hanya akan mengundang perhatian pengunjung untuk periode yang singkat.

Ubahsesuaikan Permalink

Apa itu permalink? Permalink adalah struktur URL pada website baik pada konten maupun page. Permalink menggambarkan struktur penamaan setiap konten setelah nama domain. WordPress telah menyediakan fasilitas permalink yang cukup baik untuk mendongkrak peringkat sebuah web. Namun, wordpress pada awal instalasi –secara dafault– menggunakan permalink yang tidak SEO friendly. Instalasi wordpress sebagai default akan menyediakan default permalink seperti contoh ini:

www.contoh.com/page3

Permalink dengan bentuk seperti itu sangat tidak memudahkan mesin pencari. WordPress sudah menyediakan setelan khusus sehingga anda dapat mengubahsesuaikan permalink. Permalink yang baik adalah permalink yang sudah memuat judul atau kata kunci sehingga lebih mudah untuk ditemukan. Masuk ke dalam menu “setting” dan temukan setelan untuk mengubah sesuaikan permalink. Terdapat beberapa pilihan permalink. Anda dapat memilihnya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan.

[Baca juga: Membangun Backlink yang berkualitas]

Maksimalkan mengisi “Post Description”

Seperti diutarakan di awal, wordpress memiliki fasilitas “excerpt” yang sudah melekat sebagai bawaan. Fasilitas ini menjadi menjadi bagian fasilitas bawaan yang dapat memudahkan pemilik blog atau web untuk membantu mesin pencari mengenali konten yang ada. Post Description adalah paragraf dasar yang dapat dirujuk oleh mesin pencari sehingga lebih mudah dapat diindeks.  Mesin pencari akan membaca deskripsi tersebut dan menjadikannya sebagai rujukan dasar dalam pengindeksan. Deskripsi ini pula yang akan muncul pada laman pencarian ketika mesin pencari menampilkan laman anda sebagai salah satu hasil pencarian.

Maksimalkan Foto

Foto menjadi salah satu elemen penting guna mendongkrak hasil penelusuran pada mesin pencari. Bagaimana pun, Google turut mengindeks foto sebagai bagian dari hasil temuan pada laman website. Foto pada website secara umum memiliki keterangan dan nama. Jangan malas untuk memberi nama foto dan memberikan keterangan relevan pada “alt description”. Informasi yang disajikan pada foto memudahkan mesin pencari untuk menemukan secara lebih dalam konten Anda.

Kesimpulan

WordPress, tanpa penambahan plugin telah menyediakan sekian banyak fasilitas yang memudahkan blogger dalam perbaikan SEO. Sebelum mengarah pada plugin, pastikan terlebih dahulu fasilitas dasar ini telah dimaksimalkan terkait dengan SEO. Bagaimana pun, penambahan plugin tertentu beresiko membuat load website menjadi semakin berat. Pilihlah plugin secara seksama. Jika merasa anda memiliki sumber daya bandwith yang kurang, maka ada baiknya mengenali dan menggunakan fasilitas dasar SEO yang melekat pada CMS anda, termasuk wordpress.

Berbagi dan Diskusi

6 COMMENTS

  1. […] Teknik SEO untuk WordPress pada prinsipnya tidak berbeda dengan penggunaan CMS lainnya. Tetapi, wordpress secara default menyediakan beberapa fitur penting. Selain itu, penggunaan plugin juga dapat memaksimalkan SEO. Secara teknis, fasilitas ini perlu dikombinasikan dengan teknis-teknis pada penulisan. Artinya, fasilitas pada sebuah CMS baru akan berfungsi secara maksimal mendongkrak SEO apabila dapat dikombinasikan dengan teknik pengelolaan web, terutama pengelolaan konten. Mengacu pada pengalaman kami, berikut ini adalah beberapa hal prinsipil yang dapat digunakan untuk memaksimalkan SEO wordpress:  […]

  2. Terimakasih Infonya Gan sangat menarik untuk dipelajari, pemilihan thema website yang tepat juga harus diperhatikan dan Seo juga memang harus di tingkatkan di web agar menjadi rating yang baguss di rumah om google. (y)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here