Inilah Macam atau Jenis Penyakit Jantung

8
2434
Macam penyakit jantung
Macam penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu pembunuh terbanyak di dunia. Penyakit ini umumnya hanya dikaitkan dengan gejala gangguan kardiovaskular. Faktanya, masih ada beberapa jenis penyakit lain tang berada di sekitar jantung. Namun penyakit-penyakit tersebut seringkali tidak disebut sebagai bagian dari penyakit jantung.

Macam-macam penyakit Jantung
Struktur Jantung. Sumber: Wikipedia

Jenis atau macam penyakit jantung perlu dipahami secara seksama kesemua variannya. Penyakit jantung, secara diartikan sebagai  serangkaian atau beberapa situasi yang mempengaruhi kondisi jantung [1]. Tulisan ini mencoba memaparkan beberapa jenis penyakit yang termasuk dalam lingkup penyakit jantung.

Gagal Jantung 

Penyakit gagal jantung tidak bermakna jantung tidak berfungsi secara keseluruah. Gagal jantung adalah kondisi jantung yang tidak bisa memompakan darah ke jaringan tubuh seukuran dengan situasi normal dan kebutuhan tubuh manusia. Pada kondisi ini, perputaran darah dalam tubuh tidak lancar akibat minimnya kecilnya dorongan yang dilakukan oleh jantung sebagai pemompa [2].

Gagal jantung adalah situasi otot jantung tidak bisa lagi memompa darah sehingga tubuh kekurangan darah dan oksigen. Dalam kondisi ini, pembengkakan tubuh dapat terjadi akibat minimnya asupan, serta menumpuknya residu dalam organ tubuh manusia. Cara terbaik untuk mengurangi resiko gagal jantung adalah dengan mengurangi beberapa penyebab utama, seperti diabetes, tekanan darah tinggi dan gangguan arteri akibat menumpuknya kolesterol [3].

Kelainan Jantung Bawaan

Kelainan jantung tidak semata disebabkan oleh gangguan atau kerusakan. Beberapa kelainan dibawa sejak kelahiran bayi. Hal inilah yang cukup perlu disadai oleh orangtua. Masa kehamilan memiliki resiko cukup besar menghasilkan bayi tidak sehat secara bawaan. Penyakit jantung bawaan ditengarai disebabkan oleh banyak faktor, seperti obat-obatan, masuknya zat kiwia secara massif ke dalam tubuh ibu yang mempengaruhi pembentukan janin. Aktivitas merokok diduga menjadi salah satu penyumbang terbesar atas situasi kegagalan pembentukan jantung bayi dalam kandungan.

[Baca Juga: Inilah Jenis Pantangan bagi Ibu Hamil]

Aritmia

Jantung secara alamiah bekerja memompa dengan ritme dan ketukan yang stabil. Jantung berdetak 60-100 kali setiap menit. Pada saat sehabis melakukan banyak pergerakan, detak jantung akan meningkat drastis. Kondisi ini sangatlah normal. Pada situasi tertentu, jantung kehilangan stabilitas dalam pemompaan darah ke jaringan tubuh. Ritme pemompaan jantung dapat berlangsung lebih keras atau lebih pelan. Keduanya memiliki resiko yang membahayakan tubuh. Ritme detak jantung yang sangat cepat disebut dengan tachycardia, sebaliknya ritme detak yang sangat lambat disebut dengan  bradycardia [3].

[Baca Juga: Daftar Penyebab Penyakit Jantung]

Jantung Koroner

Penyakit Jantung koroner juga dapat disebut dengan penyakit arteri koroner [4]. Istilah tersebut menjelaskan tentang adanya penyumbatan pada arteri sebagai saluran darah ke dalam jantung. Jantung koroner inilah yang paling sering disebut sebagai penyakit jatung. Beberapa jenis makanan yang diasup oleh manusia berpotensi menimbulkan plak pada arteri. Hal ini menyebabkan penyumbatan. Kelancaran aliran darah ke jantung menjadi kunci. Semakin lama, penyumbatan tentu saja menyebabkan semakin sedikitnya darah dan oksigen yang masuk ke dalam jantung. Pada kondisi terjadi penyumbatan total, serangan jantung terjadi [5].

Daftar Rujukan 

[1] Heart Disease. Mayonclinic.org, diakses pada 30 Desember 2014

[2] About Heart Failure, Heart.org, diakses pada 30 Desember 2014

[3] What is an arrhythmia?, NHLBI, diakses pada 30 Desember 2014.

[4] Coronary heart disease, MedlinePlus, diakses pada 30 Desember 2014

[5] Coronary artery disease, Mayonclinic, diakses pada 30 Desember 2014.

Berbagi dan Diskusi

8 COMMENTS

  1. […] Jenis atau macam penyakit jantung perlu dipahami secara seksama kesemua variannya. Penyakit jantung, secara definitif siartikan sebagai serangkaian atau beberapa situasi yang memperngaruhi kondisi jantung . Tulisan ini mencoba memaparkan beberapa jenis penyakit yang termasuk dalam lingkup penyakit jantung.  […]

  2. […] Di antara protein dalam biji semangka, terdapat jenis asam amino bernama “arginin.”  Yaitu salah satu jenis asam amino yang mempunyai peranan penting demi menunjang kesehatan.       Bahwa asam amino arginin memiliki kemampuan dalam membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.   Bukan saja arginin, di dalam biji semangka terdapat pula asam amino lain bernama  “triptofan,” yaitu jenis asam amino yang memiliki manfaat lebih terhadap kesehatan jantung. […]

  3. […] Kandungan serta dalam jambu biji juga tinggi, terutama pectin sebagai sebuah serta yang bisa larut dalam air. Serat pectin ini memiliki kemmapuan mengikat kelebihan garam, lemak serta endapan racun dalam saluran pencernaan. Dari serat apabila kita konsumsi maka kesehatan saluran pencernaan akan menjadi semakin terjaga, penyakit kanker akan tercegah kedatangannya, mengobati sembelit, dan tentu saja sebagai sarana untuk mengeluarkan zat berbahaya dari dalam tubuh.    Bahkan menurut pemaparan pada penelitian yang dilakukan Heart Research Laboratory – Medical Research and Research Center India, dituturkan bahwa konsumsi jambu biji secara teratur mampu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah serta menurunkan tekanan darah, yang itu artinya secara tidak langsung juga merupakan langkah untuk menurunkan risiko serangan penyakit jantung. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here