Cara Menjadwalkan Posting pada WordPress

3
1675
Menjadwalkan Posting Wordpress
Menjadwalkan Posting Wordpress

Momentum merupakan hal penting dalam pengelolaan website. Konten perlu secara cermat diterbitkan pada momentum tertentu. Hal ini terkait dengan “trending topic” di dunia maya. Penjadwalan posting dapat juga dilakukan dengan mempertimbangkan adanya kebutuhaan menunda waktu tayang. Saat Anda merasa telah menerbitkan cukup artikel (posting) dalam satu hari, mungkin saja Anda berminat untuk menerbitkan konten lain yang sudah siap pada waktu lain.

Penjadwalan posting juga perlu dilakukan untuk menunjukkan dinamika pengelolaan konten. Anda bisa saja menulis 5 artikel dalam satu hari. Begitupula anda bisa menjadwalkan penerbitan konten tersebut setelah konten diunggah ke dalam website. Lima konten tersebut dapat anda jadwalkan untuk terbit selama 5 hari berturut-turut. Dengan demikian, website atau blog anda akan memberikan kesan dikelola secara rutin.

WordPress sebagai salah satu content management System (CMS) terkemuka telah menyediakan fasilitas penjadwalan posting. Saat Anda menginstall Wordpres, fasilitas ini akan secara otomatis menjadi bagian dari dasbor website Anda. Fasilitas ini melekat pada laman pembuatan konten.

[Baca: Cara Membuat Sitemap pada Web Berbasis WordPress]

Bagaimana Menjadwalkan Penerbitan Konten di WordPress?

Penjadwalan sangatlah mudah dilakukan. Pada bagian kanan –umumnya– laman pembuatan konten (posting) baru, anda akan menemukan menu untuk mengelola waktu atau tanggal sebuah artikel. Anda dapat menentukan secara bebas waktu yang menandai terbitnya artikel tertentu. Lebih jauh, jika anda memasukkan tanggal setelah waktu penulisan, maka mesin wordpress akan secara otomatis memasukkannya sebagai konten terjadwal (scheduled). Konten akan diterbitkan oleh mesin secara otomatis mengikuti setelan waktu tersebut dan waktu server bekerja. Sebagai rincian, pehatikanlah gambar berikut ini.

 

Menjadwalkan penerbitan posting pada wordpres

Menu pada gambar di atas menggambarkan bagaimana teknis penjadwalan konten tersebut. Cukup mudah dengan memasukkan tanggal yang sesuai. Jika tanggal yang anda masukkan adalah “hari ini” atau hari sebelumnya, maka tombol yang tersedia adalah “Publish/terbitkan”. Sementara, jika tanggal terpilih adalah tanggal setelah “hari ini”, maka secara otomatis tombol akan berubah menjadi “Schedule”.

Penjadwalan posting wordpress
Penjadwalan posting wordpress

Selamat mencoba. Anda kini semakin bebas mengelola web/blog Anda terkait dengan waktu penerbitan posting.

 

Berbagi dan Diskusi

3 COMMENTS

  1. […] Penjadwalan posting juga perlu dilakukan untuk menunjukkan dinamika pengelolaan konten. Anda bisa saja menulis 5 artikel dalam satu hari. Begitupula anda bisa menjadwalkan penerbitan konten tersebut setelah konten diunggah ke dalam website. Lima konten tersebut dapat anda jadwalkan untuk terbit selama 5 hari berturut-turut. Dengan demikian, website atau blog anda akan memberikan kesan dikelola secara rutin.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here