Mengapa Web WordPress Tidak Terindeks Google?

1
2880
Mengapa wordpress tidak terindeks google
Mengapa wordpress tidak terindeks google

Sebuah website atau blog akan mendapatkan pengunjung secara maksimal jika konten terindeks dengan baik pada mesin pencari. Mesin pencari, seperti Google menjadi salah satu rujukan utama dalam pencarian konten. Pengguna internet secara umum cenderung mencari konten yang dibutuhkan dengan mengakses mensin pencari. Pencarian menggunakan kata kunci menjadi utama dibandingkan dengan berkunjung langsung dengan mengetikkan alamat domain sebuah website.

Mengacup pada diskusi di atas, search engine optimization (SEO) menjadi salah satu kunci utama dalam pengelolaan konten. Pengelola web atau blog perlu memahami dengan baik SEO sebagai salah satu kebutuhan untuk menjaring pengunjung lebih banyak. Strategi SEO pada wordpress dapat ditunjang dengan plugin. Namun, ada beberapa fitur yang secara bawaan sudah menunjang SEO.

[Baca juga: Daftar Istilah Penting WordPress]

Tidak terindeksnya website pada mesin pencari bisa menjadi bencana bagi pengelola web. Hal ini terjadi akibat pelbagai sebab. Salah satu sebab yang mungkin terjadi adalah faktor internal sebuah website. Jangan dulu curiga ada yang berbuat curang pada web Anda, tapi periksalah terlebih dahulu apakah ada kesalahan pada setelan web atau blog Anda.

[Baca juga: Daftar Plugin untuk Meningkatkan SEO WordPress]

Bagaimana melihat Indeks web di Google?

Google menyediakan cara bagi setiap oran untuk melihat seberapa banyak konten sebuah website diindeks oleh robotnya. Cara ini dapat dilakukan tanpa menginstall atau memasang aplikasi atau program tertentu. Cukup dengan menggunakan mesin pencari google. Anda perlu mengetikkan perintah ” site:namadomain.com” pada kolom pencarian. Google akan menyajikan seberapa banyak sebuah website terindeks dan daftar laman yang sudah masuk ke dalam indeks google.

Contoh : Site:ensiklo.com

Berikut ini adalah contoh daftar indeks pada Google:

Wordpress tidak terindeks Google
Contoh daftar konten ensiklo.com yag terindeks

Bagaimana agar wordpress terindeks Google?

WordPress menyediakan fitur bawaan yang dapat digunakan untuk mencegah mesin pencari mengindeks laman website Anda. Terkadan, setelan ini tidak sengaja diaktifkan -baik karena ketidaktahuan atau ketidaksengajaan. Meski tidak sengaja, secara teknis Google akan terhambat untuk mengakses sitemap pada web Anda. Hal ini menyebabkan web Anda tidak terindeks dengan baik.

[Baca juga: Membuat sitemap WordPress]

Periksalah menu Settings >> Reading >>Search Engine Visibility pada setelan wordpress Anda. Jika tercentang, maka hilangkanlah centang tersebut. Mencentang menu tersebut menyebabkan robots.txt mencekal robot mesin pencari untuk menelusuri konten atau keterangan tentang konten. Perhatikan gambar berikut ini:

Agar wordpress terindeks Google
Hilangkan Centang pada menu “Search Engine Visibility”

Jika cara ini sudah dilakukan dan wordpress belum terindeks denga baik, maka periksalah metadata web Anda. Selain itu pemeriksaan robots.txt menjadi relevan pula.

Berbagi dan Diskusi

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here