Cara Membuat Tabel di WordPress Tanpa Kode dan Plugin

11
8653
Cara Membuat Tabel di Wordpress
Cara Membuat Tabel di Wordpress

Cara Membuat tabel di WordPress tidaklah tunggal. Terdapat setidaknya 3 opsi untuk membuat tabel pada wordpres, yaitu (1) dengan menggunakan kode HTML melalui papan “text” pada proses pengetikan; (2) menggunakan plugin pembuat tabel untuk wordpress; dan (3) memanfaatkan fasilitas “paste from Word” yang sudah menjadi fitur bawaan dalam alat pengelola teks wordpress.

Pada prinsipnya, pembuatan tabel cara 1 dan 3 menggunakan fitur bawaan pada wordpress. Hanya saja, cara pertama membutuhkan keterampilan dan pemahaman tentang kode HTML. Tabel dibuat dengan menyusun serangkaian kode yang diterjemahkan menjadi tampilan tabel. Cara ketiga jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara pertama dan kedua. Cara pembuatan tabel dengan pendekatan kedua membutuhkan beberapa langkah tambahan, yaitu instalasi dan aktivasi plugin.

[Baca Juga: Cara Membuat Sitemap Pada WordPress]

Artikel ini akan mengulas bagaimana cara membuat tabel untuk wordpress tanpa menggunakan plugin atau HTML. Artikel ini dibuat untuk memudahkan pengelolaan konten bagi pengguna content management system (CMS) atau blog berbasis wordpress. Ikutilah langkah berikut ini:

Langkah 1: Pembuatan Tabel pada Aplikasi Office

Langkah ini dilakukan di luar penggunaan dasbor wordpress. Anda perlu terlebih dahulu membuat tabel menggunakan aplikasi word, baik libre office, microsoft office atau open office. Tabel yang dibuat menggunakan ketiga jenis office tersebut dapat diintegerasikan ke dalam konten wordpress.

Langkah 2: Membuat Posting baru

Buatlah posting baru pada wordpress Anda. Saat anda telah membuka laman pembuatan posting baru, klik menu “paste from word” yang sudah tersedia. Perhatikan gambar berikut ini untuk mempermudah anda memahami.

Cara membuat tabel pada wordpress
Pilihlah Menu “Paste from Word” yang ditandai dengan warna mera

Langkah 3: Menyalin Tabel dari Word

Setelah Anda klik menu tersebut, akan ada satu jendela menu yang terbuka. Anda perlu kembali ke tabel di Word. Salinlah (copy) tabel tersebut, dan tempelkan (paste) pada jendela yang terbuka pada wordpress. Setelah selesai, klik “insert” untuk memasukkan tabel ke dalam konten. Perhatikan gambar berikut ini.

Cara Buat Tabel WordPress
Paste Tabel ke Dalam Jendela yang terbuka saat anda klik “paste from Word”

Langkah 4: Sempurnakan dan terbitkan posting

Setelah selesai menyisipkan tabel, anda tinggal merapikan konten anda. Saat anda mempublikasi konten tersebut, tabel akan tersemat sebagai bagian dari konten. Di bawah ini adalah contoh tabel yang dibuat dengan pendekatan ini.

Sesudah

Sebelum

20% 30%
40% 50%
60% 70%
Berbagi dan Diskusi

11 COMMENTS

  1. […] Cara Membuat tabel di WordPress tidaklah tunggal. Terdapat setidaknya 3 opsi untuk membuat tabel pada wordpres, yaitu (1) dengan menggunakan kode HTML melalui papan "text" pada proses pengetikan; (2) menggunakan plugin pembuat tabel untuk wordpress; dan (3) memanfaatkan fasilitas "paste from Word" yang sudah menjadi fitur bawaan dalam alat pengelola teks wordpress.  […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here